Jurusan Manajemen dan Bisnis

Permanent URI for this communityhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1745

Browse

Search Results

Now showing 1 - 6 of 6
  • Item
    Judul berkas
    (2024-10-30) Makhfiroh, Silvi; Hasanah, Afriyanti
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Electronic Word of Mouth (Ewom) dan harga terhadap minat pembelian di platfrom Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah survei dengan cara mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada seluruh mahasiswa/i Politeknik Negeri Batam. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear berganda untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel ewom, harga, dan minat pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ewom memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap minat pembelian. Temuan ini menegaskan pentingnya ewom sebagai faktor pendorong keputusan pembelian konsumen di platfrom Shopee.
  • Item
    Judul Berkas
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-10-30) Makhfiroh, Silvi; Hasanah, Afriyanti
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Electronic Word of Mouth (Ewom) dan harga terhadap minat pembelian di platfrom Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah survei dengan cara mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada seluruh mahasiswa/i Politeknik Negeri Batam. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear berganda untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel ewom, harga, dan minat pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ewom memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap minat pembelian. Temuan ini menegaskan pentingnya ewom sebagai faktor pendorong keputusan pembelian konsumen di platfrom Shopee.
  • Item
    Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth (Ewom) dan Harga Terhadap Minat Pembelian Platform Shopee
    (2024-10-30) Makhfiroh, Silvi; Hasanah, Afriyanti
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Electronic Word of Mouth (Ewom) dan harga terhadap minat pembelian di platfrom Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah survei dengan cara mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada seluruh mahasiswa/i Politeknik Negeri Batam. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear berganda untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel ewom, harga, dan minat pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ewom memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap minat pembelian. Temuan ini menegaskan pentingnya ewom sebagai faktor pendorong keputusan pembelian konsumen di platfrom Shopee.
  • Item
    PENGARUH CELEBRITY ENDOSMENT DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MS GLOW DI E-COMMERCE SHOPEE PADA MASYARAKAT KOTA BATAM
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-07-18) Mestika, Khadijah Dwi; Syafrina, Mia
    A strategy for strengthening a product's standing is brand promotion. Along with the advancement of technology and a plethora of rivals, the used approach needs to be innovative and engaging. Ms Glow is one local beauty product brand that has been verified by BPOM. Promotions are typically conducted both offline and online; Shopee is one of the sites where Ms Glow items are sold. The goal of this study is to determine how electronic word-of- mouth and celebrity endorsement affect Batam residents’s decisions to buy Ms Glow items from Shopee, an online retailer. This was a study with one hundred participants, based on predefined samples and criteria. The data was analyzed using IBM SPSS Statistics 26 in conjunction with linear regression. The research confirms that both Celebrity Endorsement (X1) and Electronic Word of Mouth (X2) significantly influence the purchase decision for MS GLOW products.
  • Item
    ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN PADA PENGGUNAAN JASA LAYANAN PERUSAHAAN FREIGHT FORWARDING MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS
    (2024-07-23) Rahmdanis,Novreza; Mulyaningtyas,Dian
    PT ABC adalah sebuah perusahaan multinasional yang fokus pada penyediaan layanan pengelolaan pengiriman barang, khususnya dalam bidang freight forwarding pada transportasi udara dan laut. Freight forwarding memiliki peran sentral dalam menjaga aliran barang yang lancar di pasar global. Bertujuan untuk mendapatkan wawasan mendalam tentang analisis tingkat kepuasan pelanggan pada layanan perusahaan freight forwarding dengan menggunakan metode Importance-Performance Analysis (IPA).Hasil analisis mengungkapkan bahwa beberapa atribut kinerja di bawah harapan pelanggan, termasuk kemampuan perusahaan dalam memberikan informasi secara konsisten, pemahaman karyawan terhadap proses pengiriman, keramahan karyawan, dan kualitas komunikasi. Rekomendasi perbaikan yang diusulkan bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja perusahaan dalam memenuhi harapan pelanggan, sehingga dapat memberikan kepuasan maksimal. Dengan penerapan langkah-langkah perbaikan ini, diharapkan PT ABC dapat meningkatkan kualitas layanan dan mempertahankan loyalitas pelanggan. Penelitian ini mengevaluasi tingkat kepuasan pelanggan PT ABC menggunakan pendekatan SERVQUAL dan Importance-Performance Analysis (IPA). Metode SERVQUAL untuk mengidentifikasi 22 atribut dalam lima dimensi utama: bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Hasil menunjukkan kinerja atribut-atribut ini belum memuaskan pelanggan, dengan rata-rata nilai kesenjangan negatif. Melalui IPA menemukan hasil bahwa kinerja rata-rata lebih tinggi daripada kepentingan, namun korelasi antar variabel tidak signifikan. Diagram kartesius mengidentifikasi atribut prioritas yang perlu diperbaiki, seperti konsistensi informasi, pemahaman proses pengiriman, keramahan, dan kualitas komunikasi karyawan, untuk meningkatkan kepuasan pelanggan PT ABC.
  • Item
    PENGUKURAN DAN PEMETAAN TINGKAT KEBISINGAN (NOISE MAPPING) PADA AREA PRODUKSI TIANG PANCANG BULAT JALUR 1 DI PT. XYZ
    (2024-08-11) SM, Ilham;
    Dalam kegiatan operasional PT. XYZ yang bergerak dibidang manufactur pembuatan tiang pancang beton memiliki potensi menyebabkan kebisingan yang akibat mesin yang beroperasi. Kebisingan dapat membahayakan pendengaran pekerja dan menimbulkan gangguan pendengaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebisingan yang terjadi selama berada di area kerja dengan mengukur dan pembuatan peta kebisingan (noise mapping) serta upaya pengendalian kebisingan. Metode pengukuran mengacu pada metode noise mapping dengan alat sound level meter, dengan pendekatan deskriptif cross sectional. Data yang dihasilkan kemudian diolah menjadi peta kontur dengan variasi warna ungu,biru,hijau,orange dan merah. Hasil penelitian menunjukkan tingkat intensitas kebisingan tertinggi sebesar 95 dB dan terendah sebesar 65 dB. Berdasarkan data penelitian dari 91 titik pengukuran ditemukan 18 titik dengan kebisingan yang melebihi NAB 85 dB/8 jam kerja untuk industri. Upaya pengendalian yang dilakukan seperti pengendalian administatif, pengendalian sumber, dan penerima melalui penggunaan alat pelindung diri.