Jurusan Manajemen dan Bisnis
Permanent URI for this communityhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1745
Browse
593 results
Search Results
Item Analysis of Satisfaction of Oil and Gaz Safety Supervisor Training Participants Using SERVQUAL and IPA(Politeknik Negeri Batam, 2025-09-24) heryoga bernardus besta; Wirawan, AdhitomoPenelitian ini bertujuan untuk menjadi bagian dari upaya meningkatkan kualitas pelayanan pada peserta pelatihan pengawas K3 Migas pada PT Tx dengan mengukur tingkat kepuasan, Adapun pendekatan penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei untuk mengetahui dimensi kepuasan peserta pelatihan Jumlah peserta pelatihan ditentukan sebanyak 100 peserta yang sekaligus menjadi responden dalam penelitian ini. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Pada era global ini perusahaan harus didukung pegawai yang kompeten dan handal, mengingat sumber daya manusia memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung pencapaian keunggulan dan keberhasilan perusahaan. Salah satu strategi pengelolaan SDM yang baik yaitu melalui perhatian perusahaan terhadap produktivitas, pendidikan dan pelatihan perkembangan pegawai guna meningkatkan kompetensi, agar para pegawai memiliki keahlian sekaligus menggali potensi yang ada pada dirinya.Item Analisis Kualitas Pelayanan Go-Ride Pada Kepuasan Pengguna Gojek Di Kota Batam Berdasarkan Model SERVQUAL(POLITEKNIK NEGERI BATAM, 2025-10-02) Deswindah Sinaga, Naomi; Deswindah Sinaga, Naomi; Ratna Sari, Desi; Ratna Sari, DesiPenelitian ini menganalisis kualitas pelayanan Go-Ride pada kepuasan pengguna Gojek di Kota Batam menggunakan Model SERVQUAL sebagai pengukur kualitas layanan untuk mengukur gap antara persepsi dan harapan pada kepuasan pengguna. Hasil pengujian menunjukkan bahwa seluruh indikator variabel Kualitas Pelayanan (Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy) dan Kepuasan Pengguna valid, reliabel, berdistribusi normal, bebas multikolinearitas, serta tidak mengalami heteroskedastisitas, sehingga model regresi layak digunakan. Persamaan regresi menunjukkan bahwa semua dimensi kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengguna. Dimensi kualitas layanan Go-Ride Kota Batam menunjukkan gap negatif, artinya persepsi pengguna belum sepenuhnya memenuhi harapan. Dimensi Tangibles memiliki gap terbesar (-0,504), diikuti Reliability (-0,458) dan Responsiveness (-0,388) masih jauh dalam memenuhi harapan pengguna. Di sisi lain, Assurance (-0,348) dan Empathy (-0,224) sudah lebih mendekati harapan. Oleh karena itu, peningkatan pada semua dimensi tetap diperlukan untuk meningkatkan kepuasan pengguna secara keseluruhan agar tercipta loyalitas pelanggan.Item ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN TRANSPORTASI ONLINE (GOJEK) MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) PADA PT. GoTo Gojek Tokopedia Tbk. BATAM(JAEMB, 2025-09-26) Manurung, Samuel Rilandson; Andayani, Nur RahmahPenelititan ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan transportasi online (Gojek) kota Batam berdasarkan indikator sebagai berikut: Bukti Fisik (Tangible), Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance) dan Kepedulian (Empathy). Metode Penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data penelitian. Metode Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Importance Performance Analysis (IPA). Penelitian ini memiliki 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kepuasan pelanggan yaitu sebesar 98% yang berada pada kategori Sangat Puas. Terdapat 2 atribut yang perlu diperbaiki yaitu: 1) Driver menggunakan atribut lengkap dan sesuai standart. 2) Driver memiliki sikap peduli terhadap pelanggan.Item Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan(JAEMB, 2025-09-23) Khairunnisa, Sheila; Zelmiyanti, RiriPenelitian ini mengkaji pengaruh profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI selama 2021-2024. Data sekunder diambil dari laporan tahunan sebanyak 103 observasi. Analisis dilakukan dengan regresi linier berganda setelah melewati uji asumsi klasik seperti normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas. Profitabilitas diukur lewat ROA, ukuran perusahaan menggunakan log total aset, dan nilai perusahaan dengan PBV. Hasilnya menunjukkan profitabilitas berpengaruh positif signifikan, sementara ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan.Item Green Accounting, Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Nilai Perusahaan dan Mediasi Profitabilitas Pada Industri Tekstil dan Garmen Periode 2019-2023(JAEMB, 2025-09-23) Silitonga, Jessica Sabat Hapsari; Halim, Muhammad IrsyadTujuan penelitian ini adalah menganalisis keterkaitan Green Accounting dan pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan, dengan mempertimbangkan peran profitabilitas sebagai mediator, pada industri tekstil dan garmen yang terdaftar di BEI periode 2019–2023. Sebanyak 37 observasi digunakan dalam penelitian dengan metode purposive sampling, dan data dianalisis melalui path analysis serta Sobel test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Green Accounting tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan maupun Profitabilitas. CSR tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan, namun berpengaruh positif terhadap Profitabilitas, sedangkan Profitabilitas berpengaruh negatif terhadap Nilai Perusahaan. Lebih lanjut, Profitabilitas tidak memediasi hubungan Green Accounting dengan Nilai Perusahaan, tetapi terbukti memediasi hubungan CSR terhadap Nilai Perusahaan. Temuan ini menegaskan bahwa CSR berkontribusi dalam meningkatkan Nilai Perusahaan melalui peningkatan Profitabilitas, sedangkan Green Accounting belum memberikan dampak yang signifikan.Item Laporan Keuangan Pendidikan(Politeknik Negeri Batam, 2025-09-29) Husnah, Rahmatul; Mayasari, MegaItem Prosedur Pengelolaan Arsip(politeknik negeri batam, 2025-09-29) Panggabean. Lidya Depega Laurentiana Panggabean; ArniatiItem Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Sekretariat DPRD Kota Batam(Politeknik Negeri Batam, 2025-09-29) Devan Maharani, Lafferine; ArniatiItem Pengaruh Literasi Keuangan, Pengetahuan Investasi dan Motivasi Terhadap Keputusan Investasi Di Pasar Modal(Politeknik Negeri Batam, 2025-09-23) Kamsia Tiar; Zelmiyanti, RiriPerkembangan teknologi digital yang semkain pesat telah mempermudah individu dalam mengakses berbagai informasi, termasuk informasi terkait pasar modal. Analisi ini dilakukan untuk mengkaji dampak literasi keuangan, pengetahuan investasi, dan motivasi terhadap keputusan investasi. Partisipan terdiri dari mahasiswa Jurusan Manajemen dan Bisnis Politeknik Negeri Batam, dengan ukuran sampel 278 responden yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel non-probabilitas dengan strategi purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yang menggabungkan uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda. Pengumpulan data dilakukan pada platform Google Form dengan responden yang telah dipilih sebelumnya. Prosedur analisis data lengkap dilakukan dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan, pengetahuan investasi, dan motivasi berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan investasi mahasiswa.Item BUSINESS DEVELOPMENT ANALYSIS OF ROBUSTA GROUND COFFEE PRODUCTS TO ENCHANCE FLAVOR VARIANTS (CASE STUDY OF AIBA COFFEE BRAND)(Politeknik Negeri Batam, 2025-08-13) Fadila Meilani Fadila Meilani; Septiana, MaryaniThe trend of coffee consumption in indonesia has experienced rapid growth, particulary among the younger generation who are increasingly interested in contemporary coffee with diverse flavor variants. This study aims to analyze the development of flavor variants in robusta ground coffee using market survey, SWOT analysis, and the Business Model Canvas (BMC). The research involved 97 respondents through a market survey and 3 key informants selected using a non-probability sampling technique with purposive sampling. The result indicate that customers prefer coffee with a creamy and sweet taste. Base on the SWOT analysis, Aiba Coffee is positioned in Quadrant I of the IFAS and EFAS matrix, suggesting that the company is market opportunities.