Jurusan Manajemen dan Bisnis

Permanent URI for this communityhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1745

Browse

Search Results

Now showing 1 - 10 of 52
  • Item
    Factors Affecting the Use of the Educational Version of Tax E-Filing
    (2024-05-21) Manurung, Putri Dame; Kurniawan, Dedi
    With the advancement of technology, the Directorate General of Taxes (DGT) developed an e-filing application that facilitates the tax reporting process. One of the shortcomings of the Directorate General of Taxes (DGT) e-filing application is the absence of a trial version. Batam State Polytechnic has developed the e-filing application into a learning version using a project-based learning (PBL) approach. This PBL approach allows taxpayers to try the trial version before using it for actual reporting. The factors of perceived usefulness, perceived ease of use, perceived trust and subjective norms are the determinants of the use of the educational version of tax e-filing, which is analyzed using quantitative methods based on TAM. The data from this study went through several stages of testing, including respondent characteristics, descriptive statistics, validity test, reliability test, data normality test, multicollinearity test, heteroscedasticity test, multiple regression test, t test, and determination coefficient test using IBM SPSS software version 26. Research showed that perceived usefulness (X1) do not significantly affects the use of the educational version of tax e-filing (Y), but perceived ease of use (X2), perceived trust (X3) and subjective norms (X4) showed a significantly affects the use of the educational version of tax e-filing (Y).
  • Item
    Antisipasi Resesi: Balanced Scorecard Sebagai Alat Peningkatan Efektivitas Kinerja Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Soto Padang Indah di Batam
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-06-27) Safma, Maharani; Putri, Wika Arsanti
    UMKM merupakan salah satu solusi untuk menghadapi resesi dunia, sehingga perlu dilakukannya upaya untuk mempertahankan atau memperkuat UMKM di Indonesia. Penelitian ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan efektivitas kinerja UMKM Soto Padang Indah menggunakan metode balanced scorecard. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan analisis deskriptif, serta pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dan observasi. Adapun tahap pertama diawali dengan analisis SWOT untuk membandingkan faktor eksternal dan faktor internal serta mengetahui posisi UMKM saat ini. Dari hasil analisis SWOT dapat ditentukan alternatif-alternatif strategi yang dapat dipilih oleh UMKM Soto Padang Indah. Selanjutnya identifikasi sasaran dengan membuatkan peta strategi untuk mempermudah memecahkan masalah berdasarkan perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perspektif keuangan dan perspektif pelanggan sudah berjalan dengan baik. Namun, pada perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan perlu dilakukan perbaikan dalam hal peningkatan promosi dan manajemen organisasi perusahaan untuk mencapai kinerja perusahaan yang efektif.
  • Item
    STRATEGI MARKETING MIX 4P PADA PRODUK JOVA RESTO PT PUNDI MAS BERJAYA DENGAN ANALISIS SWOT
    (2024-07-10) Marpaung,Indra; Anggraini,Ria
    Aplikasi Point of Sale (POS) adalah solusi teknologi yang digunakan oleh industri ritel dan layanan untuk mengelola transaksi penjualan dan operasi sehari-hari. Aplikasi Jova Resto yang merupakan aplikasi Point Of Sale yang diproduksi oleh PT Pundi Mas Berjaya menjadi objek dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang strategi pemasaran aplikasi ini dengan konsep marketing mix 4P dengan analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan skor IFAS sebesar 0,77 dan skor EFAS 1,86. Matriks SWOT menunjukkan bahwa strategi pemasaran aplikasi ini mendukung strategi agresif, yang berfokus pada strengths dan weakness (SO). Adapun saran yang direkomendasikan dari penelitian ini meliputi meningkatkan brand awareness, pengembangan aplikasi iOS, berkolaborasi dengan influencer lokal, meningkatkan pemasaran digital, dan melakukan program loyalitas dan diskon khusus.
  • Item
    Perkembangan Kecerdasan Buatan (AI) Dan Kesiapan Mahasiswa Akuntansi Di Politeknik Negeri Batam
    (2024-06-28) Kusuma, Andy Wijaya; Slamet, Muhammad Ramadhan
    Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh kurikulum kecerdasan buatan (AI) terhadap kompetensi yang dimiliki mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Penelitian ini juga mengkaji bagaimana kompetensi mahasiswa memengaruhi kesiapan mahasiswa untuk bekerja dengan AI. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner ke mahasiswa Politeknik Negeri Batam jurusan Akuntansi Manajerial semester 8 dan jurusan Akuntansi semester 6. Penarikan sampel penelitian menggunakan metode purposive judgement sampling, dan sampel yang digunakan sebanyak 78 responden. Kriteria yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2020 dan 2021 yang telah menempuh mata kuliah wajib prodi. Instrumen penbelitian ini dianalisis dengan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh kurikulum kecerdasan buatan (AI) terhadap kompetensi yang dimiliki mahasiswa dan adanya pengaruh kesiapan mahasiswa untuk bekerja dengan AI.
  • Item
    The Effect of Service Quality and Perceived Ease of Use on Customer Loyalty (Study on Generation X Customers at BRILink Agent Giyanto Sungai Harapan)
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-07-15) Pebriyanto, Ganang Riski; Khusniah, Riza
    The dynamics of the changing banking world have prompted Bank BRI to create a new transaction service pattern called BRILink Agent. This service is designed to address the challenges faced by customers requiring extended service hours, those needing access to banking facilities, and those looking to avoid long queues. The research aims to understand how service quality and perceived ease of use affect customer loyalty among Generation X customers at BRILink Agent Giyanto Sungai Harapan. The quantitative study inland involves Generation X customers aged 43 to 53 who use the services at BRILink Agent Giyanto Sungai Harapan. Non-probability sampling with purposive sampling was used to collect data through hybrid questionnaires distributed offline using paper and online via Google Forms. The collected data was analyzed using IBM SPSS Version 20. The research findings indicate that service quality (X1) and perceived ease of use (X2) significantly and positively influence customer loyalty (Y).
  • Item
    Penerapan Sistem Kehadiran Pada PT Hunindo Jaya Sejati
    (2024-08-07) Masyitah, Tia Mitra; Utama, Doni Putra
    Kurangnya komitmen dari kepala divisi terhadap aturan dan kebijakan sistem kehadiran perusahaan merupakan masalah serius yang berdampak negatif pada produktivitas, kepercayaan karyawan, dan keberhasilan perusahaan secara keseluruhan. Masalah ini menunjukkan perlunya peningkatan dalam pengawasan dan pengendalian kehadiran karyawan serta pentingnya kepemimpinan yang aktif dalam mendukung dan menerapkan kebijakan perusahaan. Untuk mengatasi masalah ini, diperkenalkan teknologi mesin absen ceklok yang dirancang untuk memberikan pengawasan otomatis dan akurat terhadap kehadiran dan waktu kerja karyawan. Diharapkan bahwa dengan penerapan mesin absen ceklok dapat meningkatkan komitmen kepala divisi dan karyawan lainnya dalam mengikuti aturan dan kebijakan sistem kehadiran, sekaligus membantu perusahaan mencapai target produktivitas dan keberhasilan bisnis yang lebih baik.
  • Item
    EVALUASI STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PEMBAYARAN UTANG USAHA PADA PT CESCO OFFSHORE AND ENGINEERING
    (2024-08-12) Wardania, Nabila; Anjelina
    Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi prosedur operasional standar (SOP) terkait pembayaran utang usaha di Departemen Accounting, dengan fokus pada pembuatan pedoman alur kerja yang jelas. Meskipun Departemen Accounting sudah memiliki pedoman dalam bentuk flowchart, masih terdapat kekurangan dalam penjelasan alur kerja secara tertulis serta dokumen-dokumen yang diperlukan dalam proses penerimaan invoice. Penelitian ini hanya mencakup evaluasi SOP dan tidak melibatkan pengimplementasian SOP. Melalui kegiatan penelitian, penulis menyusun pedoman yang diharapkan dapat menjadi panduan bagi karyawan Departemen Accounting dalam menjalankan proses tersebut dengan lebih efektif.
  • Item
    Supply Chain Digitalization Strategy For Coconut Shell Charcoal To Reduce The Risk Of Loss In International Trade
    (Journal of Applied Business Administration, 2024-03-26) Rahardjo, Stephanie Audrey; Harahap, Nafisah Rahmadani; Olifia, Jessica; Olifia, Jessica
    International business involves trade activities conducted between countries. To ensure the production of the best products, a company must have effective supply chain management. Digitalization is being widely adopted as a solution to address the challenges in international trade, keeping pace with technological advancements. This research aims to analyze the financial risks arising from the effectiveness of supply chain management in a company that produces coconut shell charcoal, utilizing digitalization. The research methodology includes a literature review, drawing data from various expert sources and readings. The findings of this research identify the challenges faced by coconut shell charcoal companies in their international supply chains and propose digitalization strategies to minimize financial risks. The results demonstrate that leveraging digital technology can enhance operational efficiency, reduce logistical barriers, and improve responsiveness to market demands. Implementing digitalization strategies offers significant benefits by enhancing overall company performance and customer satisfaction levels.
  • Item
    Evaluasi Standard Operating Procedure (SOP) Proses Penerimaan Barang di Industri Perhotelan Artotel Batam
    (2024-07-26) Asyura, Putri; Kholisa ,Vina
    Sektor pariwisata terus berkembang pesat di era globalisasi dan kemajuan teknologi, dengan hotel butik seperti Artotel Batam yang semakin diminati karena menawarkan pengalaman menginap yang unik. Untuk menjaga kualitas layanan yang konsisten, setiap hotel, termasuk Artotel Batam menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP). Penelitian menunjukkan bahwa penerapan SOP memiliki peran penting dalam menjalankan operasional perusahaan secara efektif, membantu mempertahankan konsistensi, dan meningkatkan kualitas kerja. Namun, di Artotel Batam terdapat tantangan dalam proses penerimaan barang, di mana ketidaksesuaian antara Purchase Order (PO) dan barang yang diterima sering terjadi, yang berdampak negatif pada operasional hotel. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi SOP proses penerimaan barang di Artotel Batam dengan harapan dapat meningkatkan efisiensi operasional dan kualitas layanan yang diberikan, serta memastikan kepatuhan terhadap standar operasional yang telah ditetapkan.
  • Item
    PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING, HARGA DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI PRODUK ERIGO DI KOTA BATAM
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-07-19) Baihaqi, Ryan Rinaldy; Hendrawan, Bambang
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing, harga dan brand image terhadap minat beli produk erigo di Kota Batam. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah masyarakat Kota Batam dengan kriteria memiliki sosial media serta yang pernah membeli produk erigo atau yang mengetahui produk erigo dan jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 385 responden. Teknik yang digunakan adalah accidental sampling melalui penyebaran kuesioner yang diukur menggunakan skala likert. Analisis data dilakukan secara kuantitatif serta analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel social media marketing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli, Sama hal nya dengan variabel harga dan brand image juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli. Selanjutnya, secara simultan variabel social media marketing, harga dan brand image berpengaruh secara bersama-sama terhadap minat beli. Adapun hasil analisis regresi linear berganda atas pengaruh social media marketing, harga dan brand image terhadap minat beli secara simultan adalah 68,5% sedangkan sisanya 31,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.