Studi Kasus Penyebab Indikator Flap split pada Boeing 737-800/900 ER
No Thumbnail Available
Date
2024-07-19
Authors
Sihombing, Ridwan Nikolas
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Politeknik Negeri Batam
Abstract
Flap adalah penampang bagian belakang pada sayap pesawat yang fungsinya menaikkan gaya angkat pesawat saat lepas landas. Flaps Position Indikator berfungsi untuk mengetahui posisi flap kiri dan kanan. Indikator posisi flap berada di panel instrumen tengah P2. Sehingga penerbang dapat melihat posisi flaps melalui indikator yang berada di cockpit. Indikator flap sangat berpengaruh besar di pesawat, jika terjadi kerusakan pada indicator flap maka pesawat tidak layak diterbangkan. Permasalahan yang terjadi pada indicator flap mengakibatkan flap kiri dan kanan tidak singkron dan menyebabkan pesawat jatuh dikarenakan terjadi stall. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan indicator flap split dan cara bagaimana menyelesaikannya agar indikator flap kembali dengan normal, Metode penelitian yang digunakan dalam merancang tugas akhir ini adalah metode kualitatif yaitu observasi langsung, wawancara dengan engineer terkait, dan Traicing Aircraft Manual. Dengan menyesuaikan ATA chapter, mengikuti arahan dari FIM, the possible cause is a cable problem, FSEU (flap slat electronic unit), right flap position transimitter, didapat letak permasalahannya pada saat troubleshooting adalah di right flap position transmitter dan harus diganti.
Description
Keywords
TECHNOLOGY::Engineering mechanics::Other engineering mechanics
Citation
APA