D4 Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan
Permanent URI for this collectionhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1775
Browse
Item Analisa Kekedapan Pengelasan pada Tangki Kapal Tugboat 23 Meter dengan Metode Air Pressure Test(Politeknik Negeri Batam, 2025-08-07) Lani, Rahim; Cahyagi,Danang; Fadilah, NurulGalangan kapal memiliki peran krusial dalam mengembangkan transportasi laut. Salah satu aspek penting yang harus diperhatikan adalah kualitas pengelasan pada tangki kapal merupakan faktor penting yang menentukan tingkat keamanan dan keandalan kapal selama beroperasi. Penelitian ini bertujuan menganalisis kekedapan sambungan pengelasan pada tangki kapal tugboat 23 meter dengan menggunakan metode Air Pressure Test (uji tekanan udara). Uji dilakukan pada tangki air bersih dan tangki bahan bakar di kapal Tugboat Jonny 02 yang dibangun di PT Baloi Shipyard, Batam. Proses pengujian meliputi pemberian tekanan udara sebesar 0,15—0,2 bar ke dalam tangki, kemudian deteksi kebocoran dilakukan dengan larutan sabun yang dioleskan pada sambungan las. Hasil uji menunjukkan sebagian besar tangki memenuhi standar kekedapan, namun terdapat beberapa titik kebocoran yang memerlukan perbaikan pada sambungan las. Analisa penyebab kebocoran menggunakan diagram fishbone menunjukkan faktor utama adalah kurangnya pengalaman operator, ketidakpatuhan prosedur kerja, kualitas material yang tidak sesuai, mesin pengelasan yang tidak optimal, dan kondisi lingkungan kerja yang kurang mendukung. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan untuk operator, penyempurnaan SOP, serta perawatan alat untuk meminimalkan cacat las yang berpotensi menimbulkan kebocoran.Item Pengaruh Variasi Suhu Preheating dan Normalizing Terhadap Kualitas Sambungan Las FCAW Pada Instalasi V-Bracket Baja S355K2 dan Cast Iron(Politeknik Negeri Batam, 2025-08-06) Pratama, Rahmat Nanda; Perkasa, Nanda Veryawan; Fadilah, NurulPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh variasi suhu preheating dan perlakuan normalizing terhadap kualitas sambungan las FCAW pada instalasi V-Bracket berbahan baja S355K2 dan Cast Iron. Pengelasan dilakukan dengan tiga variasi suhu preheating: 90°C, 150°C, dan 190°C, diikuti dengan perlakuan normalizing untuk menurunkan tegangan sisa serta memperbaiki mikrostruktur. Kualitas sambungan diuji menggunakan metode Non-Destructive Testing (NDT) yang mencakup Ultrasonic Testing (UT) untuk mendeteksi cacat internal dan Magnetic Particle Testing (MPT) untuk mengidentifikasi cacat permukaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suhu preheating 90°C dan 150°C masih menimbulkan cacat berupa retak sepanjang 2–5 mm dan porositas. Sebaliknya, pada suhu 190°C tidak ditemukan cacat baik melalui UT maupun MPT, sehingga suhu ini dinyatakan optimal. Perlakuan normalizing juga efektif meningkatkan kualitas sambungan.