D4 Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan
Permanent URI for this collectionhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1775
Browse
1 results
Search Results
Item Analisa Uji Kekedapan Fresh Water Tank Pada Kapal Tugboat 26 M Dengan Membandingkan Metode Air Pressure Test Dan Penetrant Test(2024-07-11) Alfajri, Muhammad Rizqy; Pamungkas, Nurman; Purba, Syahputra AdiPada pengerjaan terhadap bangunan baru atau perbaikan pada kapal itu berkaitan dengan proses perencanaan, fabrikasi, perakitan dan juga peluncuran. Metode air pressure test yang digunakan oleh Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) adalah bagian dari prosedur inspeksi dan sertifikasi untuk memastikan integritas dan keamanan struktur kapal. Pada penelitian ini akan lebih dalam membahas suatu dari proses fabrikasi yaitu pengelasan, yang dimana dari proses pengelasan ini juga termasuk dalam hal penting pada proses pembangunan kapal. Oleh karena itu untuk mencegah dari hal yang tidak diinginkan yaitu perhatian terhadap kekuatan pada struktural kapal dan keselamatan dari tidak adanya kebocoran pada tangki maupun badan kapal dari air maupun bahan berbahaya. Salah satu aspekkrusial dalam desain dan konstruksi kapal adalah kekedapan watertight floor.Pengujian kekedapan Fresh Water Tank pada kapal tugboat berukuran 26 meter yaitu dengan 2 metode pengujian yaitu (air pressure test dan penetrant test). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yaitu dengan melakukan eksperimen langsung dilapangan, mulai dari awal persiapan alat dan bahan dan juga tenaga. Kemudian menuju lokasi pengecekan dan pengujian kekedapan terhadap sambungan pengelasan di dalam tangki kapal tugboat. Dan dilanjutkan dengan pengambilan data dan memberi tanda agar diperbaiki jika terdapat kebocoran pada sambungan las.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode kekedapan pengelasan yang dapat memberikan hasil pembacaan titik kebocoran yang paling akurat dan mengetahui waktu proses pengujian di setiap metodenya.