D4 Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan
Permanent URI for this collectionhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1775
Browse
1 results
Search Results
Item Pengujian Kebocoran Internal dan Eksternal Pada Barge 330 ft dengan Metode Air Test Pressure(2024-07-08) Febriansyah; Perkasa, Veryawan Nanda; Kamsyah, DomiKapal tongkang atau yang biasanya disebut dengan Barge merupakan jenis kapal dengan ciri khas lambung datar atau juga disebut kotak besar yang mengapung. Kapal tongkang biasanya difungsikan sebagai alat angkut muatan dan sebagai dermaga apung. Untuk memastikan kualitas dari produk yang dihasilkan oleh galangan kapal harus memperhatikan permasalahan kebocoran dari lambung atau tanki kapal, maka dari itu untuk memastikan agar kapal beroperasi dengan baik dilakukan yaitu pengujian kebocoran. Pengujian kekedapan pada kapal untuk mencegah terjadinya musibah/kecelakaan yang terjadi akibat kebocoran pada lambung ataupun tanki kapal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeteksi titik kebocoran yang terjadi pada bagian Lambung dan Tanki kapal 330 ft menggunakan metode Air Test Pressure.Metode pengujian ini menggunakan udara bertekanan tinggi. Pengujian ini menggunakan tekanan sebesar 0,2 bar, dan menggunakan air sabun sebagai media mendeteksi kebocoran. Jika air sabun disemprotkan pada lasan dan mengeluarkan gelembung maka lasan tersebut terindikasi kebocoran. Pada penelitian ini area yang diuji adalah internal/tanki dengan jumlah 10 tanki dan eksternal/lambung kapal. Dan dari pengujian tersebut titik kebocoran terbanyak pada Internal adalah tanki 6 portside dengan jumlah titik kebocoran 5, sedangkan pada eksternal/lambung adalah chine dengan jumlah titik kebocoran 7, setelah dilakukan pengujian maka harus melakukan repair pada titik kebocoran yang sudah ditandai.