D4 Akuntansi Manajerial
Permanent URI for this collectionhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1754
Browse
12 results
Search Results
Item Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Sikap Mahasiswa terhadap Niat Menggunakan ChatGPT dalam Menunjang Proses Pembelajaran: Teori TAM (Studi Kasus Mahasiswa Politeknik Negeri Batam)(Politeknik Negeri Batam, 2024-07-09) Nuraeni, Ika; Slamet, Muhammad RamadhanPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-fakor yang mempengaruhi sikap mahasiswa terhadap niat menggunakan ChatGPT untuk menunjang proses pembelajaran pada studi kasus mahasiswa Politeknik Negeri Batam berdasarkan teori TAM. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 126 responden yang merupakan mahasiswa prodi Akuntansi Manajerial angkatan 2020 yang masih aktif pada tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Analisis data dilakukan menggunakan PLS-SEM dengan bantuan program akuntansi SmartPLS Versi 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua faktor yang dihipotesiskan berpengaruh signifikan terhadap sikap dan niat mahasiswa menggunakan ChatGPT dalam menunjang proses pembelajaran. Dari keenam hipotesis yang diajukan, terdapat 3 (tiga) hipotesis yang diterima yaitu H2, H5, dan H6, serta 3 (tiga) hipotesis yang ditolak yaitu H1, H3, dan H4. Meskipun demikian, kemudahan dan motivasi hedonis memiliki pengaruh positif yang dominan. Hal ini konsisten dengan teori TAM yang menekankan pentingnya kemudahan dan motivasi dalam adopsi teknologi.Item Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Sikap Mahasiswa terhadap Niat Menggunakan ChatGPT dalam Menunjang Proses Pembelajaran: Teori TAM (Studi Kasus Mahasiswa Politeknik Negeri Batam)(Politeknik Negeri Batam, 2024-07-09) Nuraeni, Ika; Slamet, Muhammad RamadhanPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-fakor yang mempengaruhi sikap mahasiswa terhadap niat menggunakan ChatGPT untuk menunjang proses pembelajaran pada studi kasus mahasiswa Politeknik Negeri Batam berdasarkan teori TAM. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 126 responden yang merupakan mahasiswa prodi Akuntansi Manajerial angkatan 2020 yang masih aktif pada tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Analisis data dilakukan menggunakan PLS-SEM dengan bantuan program akuntansi SmartPLS Versi 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua faktor yang dihipotesiskan berpengaruh signifikan terhadap sikap dan niat mahasiswa menggunakan ChatGPT dalam menunjang proses pembelajaran. Dari keenam hipotesis yang diajukan, terdapat 3 (tiga) hipotesis yang diterima yaitu H2, H5, dan H6, serta 3 (tiga) hipotesis yang ditolak yaitu H1, H3, dan H4. Meskipun demikian, kemudahan dan motivasi hedonis memiliki pengaruh positif yang dominan. Hal ini konsisten dengan teori TAM yang menekankan pentingnya kemudahan dan motivasi dalam adopsi teknologi.Item Pengaruh Keamanan, Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Nasabah.(2024-07-30) Muhammad, Zaidi; Sabrina, NovaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Keamanan, Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Nasabah. Untuk mendapatkan sampel yang mewakili penelitian ini dilakukan dengan metode convenience sampling dengan jumlah responden sebanyak 15 orang yang merupakan para pegawai serta nasabah Bank Syariah Indonesia itu sendiri. Pengumpulan data primer diperoleh melalui proses observasi dan wawancara dengan mengajukan beberapa pertanyaan secara langsung terhadap informan. Data dianalisis dengan dibagi menjadi pemilihan dan peneyederhanaan, Triangulasi, analisis, dan penarikan kesimpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasannya kepuasan nasabah terhadap keamanan, kualitas produk dan kualitas pelayanan sangat berpengaruh terhadapa loyalitas nasabah pada Bank Syariah Indonesia.Item ANALISIS PERBANDINGAN KUALITAS APLIKASI MOBILE SHOPEE DAN TOKOPEDIA(Politeknik Negeri Batam, 2024-08-15) Yuliana, Putri; Mayasari, MegaPenelitian ini bertujuan untuk membandingkan kualitas aplikasi mobile Shopee dan Tokopedia. Kualitas yang dibandingkan adalah cargo and delivery performance, customer support and campaign performance, ease of payment and return, interface quality, dan security-privacy. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan mengevaluasi data survei kuesioner dan review pengguna aplikasi Shopee dan Tokopedia di Playstore. Dengan menggunakan sampel 243 mahasiswa akuntansi dan akuntansi manajemen kelas karyawan salah satu perguruan tinggi negeri vokasi di Indonesia. Sampel review pengguna berasal dari review positif dan negatif pengguna di Playstore. Analisis deskriptif digunakan untuk survei kuesioner dan tematik analisis untuk analisis review pengguna. Penelitian ini menggunakan teori Technology Acceptance Model (TAM). Hasilnya menunjukkan bahwa Shopee unggul dalam kemudahan akses dan kualitas antarmuka, tetapi sering loading lambat. Tokopedia lebih baik dalam sistem pengiriman dan keamanan, meskipun mendapat kritik pada kualitas pelacakan pengiriman. Temuan ini mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan masing-masing aplikasi yang dapat digunakan untuk perbaikan di masa depan.Item Pengaruh Tingkat Suku Bunga Deposito Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Nasabah(Politeknik Negeri Batam, 2024-09-17) Samuel, Kelvin; Nova, SabrinaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat suku bunga deposito dan kualitas pelayanan terhadap kepuasaan nasabah di PT BPR Dana Nusantara Kepulauan Riau. Penelitian ini menggunakan data primer dengan pengumpulan datanya menggunakan kuesioner. Populasi yang digunakan adalah nasabah BPR Dana Nusantara yang berjumlah 80 nasabah. Hasil dari ujit t dan uji f menunjukkan bahwa tingkat suku bunga deposito dan kualitas pelayanan berpengaruh secara signifkan terhadap kepuasaan nasabah.Item Pembelajaran Inklusi Pajak Berbasis PBL: Proyek Pengembangan E-Filing Pajak Penghasilan Versi Edukasi(Journal of Applied Accounting and Taxation, 2023-10-31) Afifah, Jasmine; ArniatiThis research aims to determine whether a tax inclusion program through Project Based Learning (PBL) in developing an educational version of e-filing tax application can educate students about taxation and how to report taxes. The research also aims to understand the implications of tax inclusion through PBL in developing the educational version of e-filing tax application on students' tax awareness. The sampling was done using purposive sampling technique, with the criteria of fourth, sixth, and eighth semester students from the Department of Computer Engineering and the Department of Business Management at Batam State Polytechnic who were directly involved in the process of developing the educational version of e-filing tax application project. This research is a qualitative descriptive study. The results of this research show that the implementation of tax inclusion through PBL has successfully educated students about taxation. This includes understanding of PPh, NPWP, EFIN and the differences in SPT, which include SPT 1770SS, 1770S, and 1770 for individual taxpayers, and SPT 1771 for corporate taxpayers. The implications of the tax inclusion program through PBL have led to an increase in students' tax awareness, as evidenced by their understanding of tax benefits and their awareness and willingness to report and pay taxes.Item PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR, KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN AUDITING(2024-07-02) IRIANTO, DANAR; IRSUTAMI; PUTRI, FRESHTY NOZA ANGRAINI; Irianto, DanarTujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model Project Based Learning guna meningkatkan kreativitas, motivasi belajar, serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran Auditing. Subyek penelitian terdiri dari 66 mahasiswa Program Studi Akuntansi dan Akuntansi Manajerial. Metode penelitian eksperimen menggunakan desain nonequivalent control group digunakan untuk eksperimen ini. Data dikumpulkan melalui post-test, pre-test, dan kuesioner. Hasil penelitian menjelaskan: (1) Adanya perbedaan kreativitas siswa antara kelompok kontrol serta kelompok eksperimen menurut analisis Mann-Whitney U; (2) Adanya perbedaan motivasi belajar siswa antara kelompok kontrol serta kelompok eksperimen menurut analisis Mann-Whitney U; (3) Efektifitas model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan analisis Paired Sample T-Test; (4) Model pembelajaran Project Based Learning terbukti lebih efektif untuk meningkatkan kreativitas, motivasi belajar, serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran Auditing berdasarkan analisis Independent Sample T-Test.Item Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Properti dan Real Estate(2024-07-02) Sari, Dewi Atika; Irianto, DanarPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh dari perputaran kas, perputaran piutang dan perputaran persediaan terhadap profitabilitas pada perusahaan properti dan real estate periode 2015-2019. Variabel pada penelitian ini meliputi variabel independen yaitu perputaran kas, perputaran piutang, perputaran persediaan dan variabel dependennya seperti profitabilitas (return on asset). Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif serta kajian literatur. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 39 perusahaan selama periode 5 tahun makanya dihasilkan sampel sebanyak 195.Item Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shop Tokopedia(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-27) Simanjuntak, Ramos Ernesto; Sabrina, NovaTujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi serta menganalisa Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shop Tokopedia dengan menggunakan analisis regresi berganda, Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kepercayaan, keamanan, dan kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan dan semua variabel independen memberikan dampak positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian untuk membeli di Tokopedia.Item EVALUASI APLIKASI PENCATATAN DAN PEMBUKUAN PADA UMKM MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE(Journal of Applied Business Administration, 2024-03-28) Dewi, Citra; Anggraini, Ria; Darmawan, ArifUsability is an important factor in an application. Currently, Business Management Department of Batam State Polytechnic has developed Bizpos application as a solution to meet the technological needs of recording and bookkeeping of MSMEs through Project Based Learning (PBL) program. This research aims to evaluate the usability level of the Bizpos application using the System Usability Scale technique to assess the feasibility of using the application. The research method used is descriptive qualitative. The research data was collected through a survey to active users of the Bizpos application who came from MSMEs. Data analysis was carried out using descriptive analysis. The evaluation results show that most respondents are able to utilize the application well, as seen from the average value of each statement which is more than 3. In addition, the Bizpos application is also considered acceptable with the "acceptable" category based on the grade scale "B" and reaches an "excellent" rating with a final value of 82.3.