D3 Akuntansi

Permanent URI for this collectionhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1753

Browse

Search Results

Now showing 1 - 10 of 152
  • Item
    Buku Panduan Aplikasi SRIKANDI
    (2024-06-03) putri fatika windy;
  • Item
    Panduan Penginputan atas Bukti Transaksi pada Laporan Keuangan Menggunakan Aplikasi GF
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-03-25) Enjelia, Stefany; Lawita, Nadia Fathurrahmi
    Suatu perusahaan harus memiliki laporan keuangan yang baik dan benar untuk pengambilan keputusan usaha atau sebagai bahan evaluasi kinerja. Perusahaan dapat menggunakan aplikasi akuntansi, contohnya seperti GF Akuntansi yang dapat memudahkan perusahaan dalam membuat laporan keuangan. Hadirnya aplikasi GF Akuntansi yang bergerak dibidang software dan jasa yang dapat membantu dalam hal penjurnalan, pembukuan dan kegiatan transaksi lainnya. Aplikasi Gf Akuntansi dapat digunakan oleh divisi keuangan yang bertugas mengerjakan penginputan bukti transaksi. Penginputan bukti transaksi membutuhkan pengetahuan tentang penggunaan aplikasi GF Akuntansi agar tidak terjadi kesalahan penginputan bukti transaksi tersebut.
  • Item
    Standar Operasional Prosedur (SOP) khusus Penyimpanan Arsip di Kantor Pertanahan Kota Batam
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-06-13) Prasetia, Aguilera Agnes; ANJELINA
    Pengelolaan arsip di Kantor Pertanahan Kota Batam diatur dalam SOP khusus. Dalam hal penyimpanan arsip, arsip dikelompokkan berdasarkan jenisnya, kemudian disimpan di rak atau lemari arsip yang telah ditata dengan rapi dan teratur. Untuk pemeliharaan arsip, arsip dibersihkan secara berkala, suhu dan kelembaban ruang penyimpanan dijaga pada kondisi optimal, serta arsip dilindungi dari paparan sinar matahari, air, dan serangga. Penemuan kembali arsip dilakukan dengan menyusun arsip sesuai sistem klasifikasi, menyediakan indeks atau inventaris arsip, dan mencatat informasi peminjaman. Keamanan arsip dijaga dengan membatasi akses penyimpanan hanya untuk petugas berwenang, menyimpan arsip di ruang yang terjaga keamanannya. Penerapan SOP ini bertujuan untuk menjaga keutuhan, keamanan, dan ketersediaan arsip sebagai bukti pertanggungjawaban kegiatan di Kantor Pertanahan Kota Batam.
  • Item
    Proses Penerimaan Baranag pada Asialink Hotel Batam
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-06-04) Damayanti, Yolanda Ruth; Lestari, Nanik
    Asialink Hotel Batam adalah suatu bangunan yang menyediakan akomodasi dan berbagai fasilitas untuk umum, terutama bagi mereka yang sedang dalam perjalanan. Untuk menunjang keberhasilan sebuah hotel maka departemen saling bekerja sama untuk kelancaran kebutuhan operasional dan menjaga kualitas pelayanan hotel. Departemen yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melakukan pengelolaan keuangan hotel dengan baik dan pengadaan barang pada bahan bahan makanan adalah accounting department. Accounting departemen terdiri atas beberapa bagian yang saling terkait salah satunya adalah bagian receiving atau penerimaan barang di Asialink hotel. Penerimaan barang harus memiliki sebuah prosedur agar proses nya berjalan dengan baik. Dalam hal ini Penulis membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) Penerimaan Barang yang bertujuan untuk meminimalisir kesalahan yang terjadi.
  • Item
    Mendokumentasikan Standar Operasional Prosedur Pengadaan Barang
    (2024-04-25) Pradiva, Sabina Putri; Sumarna, Alfonsa Dian
    Standar Operasional Prosedur merupakan pedoman tertulis yang digunakan sebagai petunjuk dalam menyelesaikan suatu pekerjaan agar memperoleh hasil yang maksimal. Namun terdapat masalah yang ditemukan ialah prosedur pengadaan barang belum didokumentasikan secara tertulis sehingga menimbulkan masalah yaitu terjadinya kesalahan atau terlewatkannya suatu tahap dalam melakukan kegiatan pengadaan barang. Dengan tidak adanya prosedur secara tertulis dapat menyebabkan terjadinya kesalahan yang terus berulang yang dapat menghambat jalannya suatu pekerjaan, solusi untuk mengatasi masalah yang terjadi adalah dengan mendokumentasikan standar operasional prosedur pengadaan barang yang telah berjalan secara tertulis. Dengan adanya prosedur pengadaan barang secara tertulis dapat digunakan sebagai pedoman, hal ini diharapkan dapat meminimalisir terjadinya kesalahan dan memberikan efisiensi waktu karena adanya proses kerja yang terstruktur dalam sebuah dokumen tertulis sehingga kegiatan pengadaan barang dapat berjalan secara sistematis. Adapun metode yang digunakan dalam melakukan pengumpulan data yaitu metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi.
  • Item
    Alur Proses Transaksi Penjualan dan Pembelian Melalui SofiCloud
    (2024-06-05) Hulaila, Hurrin; Lestari, Nanik
    Inforsys didirikan pada tahun 1998 dan merupakan perusahaan yang menyediakan solusi perangkat lunak, dengan fokus pada sumber daya manusia dan laporan keuangan. Perusahaan ini menghasilkan dua produk perangkat lunak, yaitu SofiCloud dan PisiCloud, yang bertujuan untuk memudahkan administrasi perusahaan. SofiCloud adalah sebuah ERP (Enterprise Resource Planning) yang sederhana, yang membantu perusahaan dalam mencatat dan membuat laporan keuangan dengan lebih mudah dan efisien. PisiCloud, di sisi lain, adalah perangkat lunak yang memudahkan pengelolaan administrasi sumber daya manusia dalam perusahaan. Perangkat lunak SofiCloud menjadi dasar dari penelitian yang didokumentasikan dalam Manual Book of SofiCloud.
  • Item
    Merancang SOP Penjualan Kredit Barang Guna Meningkatkan Pengendalian Internal Pada PT Harapan Sri Jaya
    (2024-06-20) Rohma, Octavia Nabila; Slamet, Muhammad Ramadhan
    Penjualan dalam usaha dagang merupakan hal yang paling utama dalam menjalankan bisnis. Perusahaan yang tidak memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) hanya berpedoman pada perintah atasan dan pengetahuan yang dimiliki oleh karyawan. Hal tersebut dapat berdampak pada permasalahan yang terjadi yaitu terdapat langkah yang terlewat bagian penjualan tidak mematuhi perintah dari atasan bahwa pelanggan harus memberikan PO terlebih dahulu sebelum input penjualan dalam sistem GF akuntansi, bagian penjualan melakukan kesalahan dalam menginput harga penjualan karena menerima PO dari pelanggan yang direvisi berulang. Masalah tersebut memberikan pengaruh bagi perusahaan invoice statement yang dibuat oleh staf invoicing menjadi terhambat karena PO yang tidak segera diminta oleh staf penjualan kepada pelanggan, sehingga perlu adanya SOP untuk mengatasi kedala dalam penjualan kredit untuk menigkatkan pengendalian internal.Penelitian dilakukan guna memperluas pengetahuan dan pengalaman dalam penjualan kredit pada perusahaan dagang, menambah wawasan mengenai SOP, serta memahami pembuatan SOP yang dapat digunakan oleh perusahaan dalam mengelola penjualan kredit secara efektif. Batasan dalam penelitian ini hanya mengenai penjualan kredit barang di PT Harapan Sri Jaya. Dokumen yang terkait meliputi PO, invoice, surat jalan dan invoice statement. Pihak yang terkait meliputi staf penjualan, staf invoicing, staf gudang, staf akunting dan manager.