D3 Akuntansi
Permanent URI for this collectionhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1753
Browse
155 results
Search Results
Item Buku Panduan Pendaftaran Pengajuan Pinjaman KUR Syariah Pada Website Prime Pegadaian(Amanda Lucky Pamela, 2024-06-11) Pamela, Amanda Lucky; Ikhlash, MuhammadBerdasarkan pengamatan penulis, sering terjadi kesalahan dalam pengisian data aplikasi pinjaman KUR syariah karena tidak adanya buku panduan bagi karyawan. Selama ini, karyawan hanya menerima pelatihan awal dan pembaruan sistem melalui Zoom Meetings tanpa diberi buku panduan. Untuk mengatasi masalah ini, penulis mengusulkan pembuatan panduan pengisian data aplikasi pinjaman KUR syariah menggunakan situs resmi "PRIME" dari PT Pegadaian.Item Rancangan Sistem Sederhana Kartu Inventori untuk PT Panca Mitra Niaga(2025-02-11) MARYANI MARYANI; Riadi, SugengAset terbesar dalam perusahaan dagang adalah persediaan Barang Dagang. Untuk memaksimalkan keuntungan atau laba perusahaan maka diperlukan pengelolaan atau manajemen gudang yang baik dan tepat. Sehingga dalam implementasi di lapangan diperlukan alat atau sistem sederhana yang berfungsi sebagai alat kontrol internal pihak gudang dan sebagai alat untuk mendapatkan laporan yang valid secara sistematis dan terukur yang mana akan disajikan oleh pihak gudang kepada eksekutif perusahaan. Selain pengelolaan yang baik diperlukan juga pengawasan internal atas pergerakan barang baik barang masuk maupun keluar. Oleh karena itu penulis mencoba menyajikan desain sistem berupa excel sederhana yang terintegrasi guna memudahkan pihak gudang melakukan kontrol dan manajemen terhadap persediaan barang dagang yang ada di perusahaan.Item Membuat kartu stok gudang menggunakan Miscrosoft Excel(2024-04-30) Azzari,Octavina Ullayyoha;Item Buku Panduan Aplikasi SRIKANDI(2024-06-03) putri fatika windy;Item PERBAIKAN SECARA PARSIAL TERHADAP PROGRAM AUDIT KHUSUS UNTUK AUDIT PERJALANAN DINAS(2024-05-20) Priyanto Bagoes, Ferdian; IrsutamiItem Panduan Penginputan atas Bukti Transaksi pada Laporan Keuangan Menggunakan Aplikasi GF(Politeknik Negeri Batam, 2024-03-25) Enjelia, Stefany; Lawita, Nadia FathurrahmiSuatu perusahaan harus memiliki laporan keuangan yang baik dan benar untuk pengambilan keputusan usaha atau sebagai bahan evaluasi kinerja. Perusahaan dapat menggunakan aplikasi akuntansi, contohnya seperti GF Akuntansi yang dapat memudahkan perusahaan dalam membuat laporan keuangan. Hadirnya aplikasi GF Akuntansi yang bergerak dibidang software dan jasa yang dapat membantu dalam hal penjurnalan, pembukuan dan kegiatan transaksi lainnya. Aplikasi Gf Akuntansi dapat digunakan oleh divisi keuangan yang bertugas mengerjakan penginputan bukti transaksi. Penginputan bukti transaksi membutuhkan pengetahuan tentang penggunaan aplikasi GF Akuntansi agar tidak terjadi kesalahan penginputan bukti transaksi tersebut.Item Standar Operasional Prosedur (SOP) khusus Penyimpanan Arsip di Kantor Pertanahan Kota Batam(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-13) Prasetia, Aguilera Agnes; ANJELINAPengelolaan arsip di Kantor Pertanahan Kota Batam diatur dalam SOP khusus. Dalam hal penyimpanan arsip, arsip dikelompokkan berdasarkan jenisnya, kemudian disimpan di rak atau lemari arsip yang telah ditata dengan rapi dan teratur. Untuk pemeliharaan arsip, arsip dibersihkan secara berkala, suhu dan kelembaban ruang penyimpanan dijaga pada kondisi optimal, serta arsip dilindungi dari paparan sinar matahari, air, dan serangga. Penemuan kembali arsip dilakukan dengan menyusun arsip sesuai sistem klasifikasi, menyediakan indeks atau inventaris arsip, dan mencatat informasi peminjaman. Keamanan arsip dijaga dengan membatasi akses penyimpanan hanya untuk petugas berwenang, menyimpan arsip di ruang yang terjaga keamanannya. Penerapan SOP ini bertujuan untuk menjaga keutuhan, keamanan, dan ketersediaan arsip sebagai bukti pertanggungjawaban kegiatan di Kantor Pertanahan Kota Batam.Item Proses Penerimaan Baranag pada Asialink Hotel Batam(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-04) Damayanti, Yolanda Ruth; Lestari, NanikAsialink Hotel Batam adalah suatu bangunan yang menyediakan akomodasi dan berbagai fasilitas untuk umum, terutama bagi mereka yang sedang dalam perjalanan. Untuk menunjang keberhasilan sebuah hotel maka departemen saling bekerja sama untuk kelancaran kebutuhan operasional dan menjaga kualitas pelayanan hotel. Departemen yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melakukan pengelolaan keuangan hotel dengan baik dan pengadaan barang pada bahan bahan makanan adalah accounting department. Accounting departemen terdiri atas beberapa bagian yang saling terkait salah satunya adalah bagian receiving atau penerimaan barang di Asialink hotel. Penerimaan barang harus memiliki sebuah prosedur agar proses nya berjalan dengan baik. Dalam hal ini Penulis membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) Penerimaan Barang yang bertujuan untuk meminimalisir kesalahan yang terjadi.Item Panduan penggunaan software accurate dalam penyusunan laporan keuangan di perusahaan PT. Olala Indonesia Ecommerce(2024-05-29) Siregar, Chintya Afrina Syafitri;Item Mendokumentasikan Standar Operasional Prosedur Pengadaan Barang(2024-04-25) Pradiva, Sabina Putri; Sumarna, Alfonsa DianStandar Operasional Prosedur merupakan pedoman tertulis yang digunakan sebagai petunjuk dalam menyelesaikan suatu pekerjaan agar memperoleh hasil yang maksimal. Namun terdapat masalah yang ditemukan ialah prosedur pengadaan barang belum didokumentasikan secara tertulis sehingga menimbulkan masalah yaitu terjadinya kesalahan atau terlewatkannya suatu tahap dalam melakukan kegiatan pengadaan barang. Dengan tidak adanya prosedur secara tertulis dapat menyebabkan terjadinya kesalahan yang terus berulang yang dapat menghambat jalannya suatu pekerjaan, solusi untuk mengatasi masalah yang terjadi adalah dengan mendokumentasikan standar operasional prosedur pengadaan barang yang telah berjalan secara tertulis. Dengan adanya prosedur pengadaan barang secara tertulis dapat digunakan sebagai pedoman, hal ini diharapkan dapat meminimalisir terjadinya kesalahan dan memberikan efisiensi waktu karena adanya proses kerja yang terstruktur dalam sebuah dokumen tertulis sehingga kegiatan pengadaan barang dapat berjalan secara sistematis. Adapun metode yang digunakan dalam melakukan pengumpulan data yaitu metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi.