D3 Akuntansi
Permanent URI for this collectionhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1753
Browse
8 results
Search Results
Item Alur Proses Transaksi Penjualan dan Pembelian Melalui SofiCloud(2024-06-05) Hulaila, Hurrin; Lestari, NanikInforsys didirikan pada tahun 1998 dan merupakan perusahaan yang menyediakan solusi perangkat lunak, dengan fokus pada sumber daya manusia dan laporan keuangan. Perusahaan ini menghasilkan dua produk perangkat lunak, yaitu SofiCloud dan PisiCloud, yang bertujuan untuk memudahkan administrasi perusahaan. SofiCloud adalah sebuah ERP (Enterprise Resource Planning) yang sederhana, yang membantu perusahaan dalam mencatat dan membuat laporan keuangan dengan lebih mudah dan efisien. PisiCloud, di sisi lain, adalah perangkat lunak yang memudahkan pengelolaan administrasi sumber daya manusia dalam perusahaan. Perangkat lunak SofiCloud menjadi dasar dari penelitian yang didokumentasikan dalam Manual Book of SofiCloud.Item Merancang SOP Penjualan Kredit Barang Guna Meningkatkan Pengendalian Internal Pada PT Harapan Sri Jaya(2024-06-20) Rohma, Octavia Nabila; Slamet, Muhammad RamadhanPenjualan dalam usaha dagang merupakan hal yang paling utama dalam menjalankan bisnis. Perusahaan yang tidak memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) hanya berpedoman pada perintah atasan dan pengetahuan yang dimiliki oleh karyawan. Hal tersebut dapat berdampak pada permasalahan yang terjadi yaitu terdapat langkah yang terlewat bagian penjualan tidak mematuhi perintah dari atasan bahwa pelanggan harus memberikan PO terlebih dahulu sebelum input penjualan dalam sistem GF akuntansi, bagian penjualan melakukan kesalahan dalam menginput harga penjualan karena menerima PO dari pelanggan yang direvisi berulang. Masalah tersebut memberikan pengaruh bagi perusahaan invoice statement yang dibuat oleh staf invoicing menjadi terhambat karena PO yang tidak segera diminta oleh staf penjualan kepada pelanggan, sehingga perlu adanya SOP untuk mengatasi kedala dalam penjualan kredit untuk menigkatkan pengendalian internal.Penelitian dilakukan guna memperluas pengetahuan dan pengalaman dalam penjualan kredit pada perusahaan dagang, menambah wawasan mengenai SOP, serta memahami pembuatan SOP yang dapat digunakan oleh perusahaan dalam mengelola penjualan kredit secara efektif. Batasan dalam penelitian ini hanya mengenai penjualan kredit barang di PT Harapan Sri Jaya. Dokumen yang terkait meliputi PO, invoice, surat jalan dan invoice statement. Pihak yang terkait meliputi staf penjualan, staf invoicing, staf gudang, staf akunting dan manager.Item Proses Maintenance dalam Penggantian Spare Part Mesin di Produksi Capacitor(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-03) Rachmawati, Nanda Ayu Nur; Lestari, NanikPanasonic Industrial Devices Batam (PIDSG-BT), bagian dari Panasonic yang didirikan pada tahun 1995 sebagai SINCOM-BT, berfokus pada produksi komponen elektronik berkualitas tinggi. Dalam proses produksinya, manajemen pengelolaan spare part menjadi aspek krusial untuk menjaga operasional yang optimal serta menghindari gangguan produksi. Dalam penelitian ini, sebagai bagian dari upaya memastikan operasional yang optimal dan menghindari gangguan produksi, Penulis mengembangkan dan menyempurnakan Standard Operating Procedure (SOP) untuk menyelaraskan setiap langkah dalam proses pergantian spare part dengan aktual terkini, sedangkan OI memberikan panduan rinci tentang pencatatan inventaris spare part. Hasilnya diharapkan dapat meningkatkan efisiensi, akurasi, dan konsisten dalam mendukung operasional perusahaan yang lancar dan efektif.Item Panduan Post Payment Bank Reconcile pada Sistem VHP (Visual Hotel Program)(Politeknik Negeri Batam, 2024-03-28) Ningtiyas, Andhum Ayu; Sumarna, Alfonsa DianIndustri Pariwisata di Indonesia menarik perhatian wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Sektor Pariwisata memiliki peran penting bagi perekonomian Indonesia, dimana sektor ini memberikan devisa bagi negara, serta menjadi pendorong utama dalam menciptakan lapangan pekerjaan. Selain itu, sektor Pariwisata berkaitan dengan berbagai bidang, salah satunya perhotelan yang menjadi elemen penting dalam menyokong pengalaman wisatawan. Perhotelan memiliki sistem untuk mengolah data di hotel salah satunya Sistem Visual Hotel Program (VHP). VHP merupakan salah satu Software yang memiliki berbagai macam modul untuk seluruh departemen sehingga dapat memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk terhubung satu sama lain. Salah satunya menu Account Receivable untuk menginput pembayaran Piutang atau Post Payment.Item Penyusunan Standar Operasianal Prosedur (SOP) Pajak Penghasilan (PPh) 23 pada PT H-Tech Oilfield Equipment, NOV XL SYSTEMS(3112111086, 2024-06-30) Astuti, Ajeng Tri; Darmawan, ArifPajak Penghasilan (PPh) Pasal 23 adalah pajak atas penghasilan dari modal, jasa, atau kegiatan tertentu yang diterima oleh wajib pajak dalam negeri. UU Nomor 36 Tahun 2008 mereformasi perpajakan untuk meningkatkan kepatuhan dan efisiensi. PT H-Tech Oilfield Equipment, Nov Xl Systems, yang bergerak di industri pipa dan peralatan pertambangan, sering mengalami kesalahan dalam mengidentifikasi objek pajak terkait PPh Pasal 23, terutama pada transaksi pembelian suku cadang. Kesalahan ini disebabkan oleh ketiadaan SOP yang jelas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menyusun SOP PPh 23 bagi perusahaan tersebut.Item Analisis Fishbone atas Produk Cacat untuk Material Cover Model FAST5681/CHAPTER(2024-05-26) Sitanggang , Yulinar; IrsutamiBerdasarkan analisis pada line produksi menggunakan analisis fishbone ditemukan bahwa terdapat 4 faktor yang menyebabkan banyaknya cacat pada cover berupa goresan atau”scratch”. Akar permasalahan yang menjadi penyebab utama munculnya goresan yaitu : 1. Faktor manusia, dimana karyawan melakukan kesalahan dalam proses material handling pada saat pengambilan cover dan kurang teliti dalam memeriksa cover sebelum pendistribusian sehingga banyak menyebabkan cacat pada cover. 2. Faktor metode, dimana Kesalahan dalam metode peletakan cover ke conveyor yang mengakibatkan terjadinya benturan keras antara cover dan conveyor sehingga mengakibatkan goresan pada cover. 3. Faktor material, dimana cover dengan laminasi glossy atau licin mengakibatkan cover lebih rentan mengalami goresan. 4. Faktor lingkungan, terlihat dari tekanan atasan yang tinggi untuk mencapai target produksi dapat memaksa karyawan untuk bekerja lebih cepat, yang dapat meningkatkan risikoItem PENGURANGAN WAKTU PEMBUATAN PAKET KERJA (SHOP PACKET) MENGGUNAKAN PRINSIP-PRINSIP LEAN MANUFACTURING DI SLB BATAM TECHNOLOGY CENTER / CAMERON SYSTEM(2024-07-30) Situmorang, Rafael; Soebagiyo, SlametPerkembangan teknologi dan globalisasi telah mendorong inovasi cepat dalam sektor manufaktur minyak dan gas. Untuk tetap kompetitif, perusahaan manufaktur harus meningkatkan produktivitas dan efisiensi, salah satunya melalui pengurangan lead time. Lean manufacturing yang berfokus pada pembuatan macro untuk mengurangi lead time dalam pembuatan shop packet terbukti efektif dalam mencapai tujuan ini dengan meminimalkan pemborosan dan memperpendek waktu pra-produksi. Studi ini bertujuan untuk memahami lebih dalam bagaimana penggunaan macro dalam konteks lean manufacturing mengurangi lead time serta mengidentifikasi tantangan yang mungkin timbul. Fokus utamanya adalah pada optimalisasi proses produksi dengan meminimalisir pemborosan, seperti produksi berlebih dan pergerakan pekerja yang tidak efisien. Penggunaan shop packet yang terstruktur dan didukung oleh macro juga menjadi kunci dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas, membantu pekerja menyelesaikan tugas dengan lebih cepat dan akurat, yang pada akhirnya meningkatkan kualitas produk.Item PANDUAN MEMBUAT DOKUMEN PPBJ UNTUK JASA KENA PAJAK(POLITEKNIK NEGERI BATAM, 2024-06-07) Sitanggang, Asi, Maruli, Dippan; Irianto, DanarPPBJ adalah singkatan dari Penyelenggaraan Pengadaan Barang/Jasa. PPBJ dirancang untuk memastikan bahwa proses pengadaan barang dan jasa dilakukan secara transparan dan akuntabel. Dokumen PPBJ menjadi sangat penting bagi pelaku usaha yang melakukan transaksi di kawasan bebas PPN (Pajak Pertambahan Nilai). Dikawasan bebas PPN, barang dan jasa yang diperoleh melalui PPBJ dapat dikecualikan dari PPN. Maksudnya adalah apabila pelaku usaha melakukan transaksi barang dan jasa di daerah bebas PPN, maka pelaku usaha tidak wajib untuk menyetor PPN, yang pada umumnya akan dikenakan di luar kawasan babas PPN. Pembebasan PPN ini diharapkan nantinya dapat meningkatkan daya saing bagi pelaku usaha di kawasan bebas PPN, sehingga dapat menarik banyak investor yang berminat untuk melakukan kegiatan usaha dikawasan ini dikarenakan menghemat biaya pajak dalam melakukan transaksi sehingga biaya tersebut nantinya dapat dialihkan ke kepentingan bisnis lainnya. Seiring banyaknya investor yang berminat, maka akan membuat ekonomi daerah bebas PPN bertumbuh karena akan membuka lapangan kerja yang baru bagi masyarakat sehingga dapat meningkatkan daya beli dan kegiatan ekonomi di daerah tersebut. PPBJ adalah dokumen yang harus dimiliki oleh pelaku usaha yang berada di kawasan perdagangan dan pelabuhan bebas yang ingin mendapat kebijakan PPN tidak dipungut. Perusahaan Lim Konsultan Indonesia juga menawarkan jasa ini untuk membantu perusahaan membuat dokumen PPBJ. Karyawan yang memegang klien yang melakukan transaksi bebas PPN, akan membantu klien untuk membuat dokumennya.