Jurusan Teknik Informatika
Permanent URI for this communityhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1744
Browse
3 results
Search Results
Item PERANCANGAN GAME “FIND THE LOST BOROBUDUR” MENGGUNAKAN APLIKASI UNITY 3D UNTUK MENGENAL SEJARAH CANDI BOROBUDUR(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-21) Fernando, Dwiky; Riyadi, AgungIndonesia memiliki banyak peninggalan bersejarah dan memiliki budaya yang beragam. Salah satu yang diakui sebagai warisan budaya dunia adalah candi Borobudur. Namun saat ini masih ada masyarakat Indonesia yang kurang tertarik untuk belajar atau sekedar mengenal tentang candi Borobudur. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan serta melestarikan sejarah candi Borobudur dengan membuat aplikasi game bertema sejarah candi Borobudur menggunakan Unity 3D. Pada proses pembuatan game, peneliti menerapkan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) versi Luther-Sutopo yang mempunyai 6 tahapan yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Peneliti menerapkan blackbox testing guna melakukan pengujian dan mengidentifikasi fungsionalitas pada game agar sesuai dengan yang diinginkan perancang. Hasil pengujian menggunakan blackbox testing adalah semua sistem berhasil dijalankan dengan baik. Dari perancangan game ini, peneliti berhasil membuat game bergenre adventure menggunakan aplikasi game engine Unity 3D yang dapat memberikan informasi seputar sejarah candi Borobudur kepada pengguna. Dengan game ini diharapkan pengguna dapat mengetahui informasi tentang sejarah candi Borobudur dengan pengalaman bermain game yang menyenangkan.Item PERANCANGAN GAME “ FIND THE LOST BOROBUDUR ” MENGGUNAKAN APLIKASI UNITY 3D UNTUK MENGENAL SEJARAH CANDI BOROBUDUR(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-21) Fernando, Dwiky; Riyadi, AgungIndonesia memiliki banyak peninggalan bersejarah dan memiliki budaya yang beragam. Salah satu yang diakui sebagai warisan budaya dunia adalah candi Borobudur. Namun saat ini masih ada masyarakat Indonesia yang kurang tertarik untuk belajar atau sekedar mengenal tentang candi Borobudur. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan serta melestarikan sejarah candi Borobudur dengan membuat aplikasi game bertema sejarah candi Borobudur menggunakan Unity 3D. Pada proses pembuatan game, peneliti menerapkan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) versi Luther-Sutopo yang mempunyai 6 tahapan yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Peneliti menerapkan blackbox testing guna melakukan pengujian dan mengidentifikasi fungsionalitas pada game agar sesuai dengan yang diinginkan perancang. Hasil pengujian menggunakan blackbox testing adalah semua sistem berhasil dijalankan dengan baik. Dari perancangan game ini, peneliti berhasil membuat game bergenre adventure menggunakan aplikasi game engine Unity 3D yang dapat memberikan informasi seputar sejarah candi Borobudur kepada pengguna. Dengan game ini diharapkan pengguna dapat mengetahui informasi tentang sejarah candi Borobudur dengan pengalaman bermain game yang menyenangkan.Item Aplikasi Pengelolaan Sparepart Mesin Produksi Di PT Alcotraindo Batam Berbasis Web(2024-05-13) Andila Roki; Sibagariang SwonoDalam proses pengelolaan sparepart, admin mengalami kesulitan dalam mencari sparepart, sehingga memerlukan waktu yang lama karena sistem pengelolaan yang mereka gunakan masih manual. Mereka masih menggunakan Microsoft Office sebagai aplikasi untuk mengelola sparepart yang mereka input, karena sistem yang mereka gunakan masih manual, sehingga data yang dihasilkan sering tidak akurat, perselisihan saat inventory antara sistem dan aktual. Dalam hal ini, diperlukan aplikasi yang dapat mengelola sparepart yang diterima oleh admin dan mempermudah proses pemesanan sparepart pada pembelian yang akan disetujui oleh atasan, sekaligus dapat mempermudah dalam pencarian sparepart. Aplikasi ini akan dibuat berbasis web agar memudahkan admin dalam menginput dan mencari sparepart yang akan digunakan. Selain itu, aplikasi ini akan mencakup pengelolaan pemesanan sparepart, persetujuan pembelian sparepart oleh atasan, serta penginputan sparepart dengan kode lokasi dan id part sehingga sparepart dapat lebih mudah ditemukan. Peneliti mengembangkan sistem dengan metode waterfall yang hasilnya dapat memberi akses kepada karyawan mengenai informasi data sparepart, pengorderan dan proses pembelian dan pengambilan sparepart.