Artikel Ilmiah
Permanent URI for this communityhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1742
Browse
1336 results
Search Results
Item The Effect Of User Satisfaction Of The Custom Excise Information System & Automation (CEISA) System On User Trust At KPPBC Marunda North Jakarta(2025-02-07) MAHARANI MAHARANI; Zuliarni, SriCEISA can facilitate services and supervision by Customs officers in terms of customs and excise, but there are still DGCE offices that develop applications independently, which means they are not integrated with CEISA. The aim of this study is to apply the EUCS technique at KPPBC TMP A Marunda, North Jakarta, to analyse the degree of user trust in the CEISA system. This study uses the End User Satisfaction (EUCS) technique to gauge user trust in the CEISA system. By distributing surveys, this research employs quantitative approaches to 100 respondents, namely KPPBC TMP A Marunda North Jakarta office employees who use the CEISA system. The SPSS software was used to analyse the data using multiple linear regression. The findings demonstrated that Content, Format, Ease of use and Timeliness in the CEISA system have a significant influence on user trust. While Accuracy in the CEISA system does not have a significant influence on user trust.Item Implementasi Metode Technology Acceptance Model (TAM) Pada Aplikasi Web Material Control Management di PT Tropical Electronic(2025-02-03) Zulwaqar Basil; Idris, MuhammadPenelitian ini bertujuan dalam merancang sebuah aplikasi berbasis web management material yang dibuat untuk PT Tropical Electronic pada proses pengerjaan masih menggunakan cara manual antara department production dan store sehingga menimbulkan kesalahan,rendahnya efisiensi dan kekeliruan data, seperti data riwayat dan data purchase order. Aplikasi web management material dirancang menggunakan pengembanganan sistem metode waterfall dengan framework Laravel dan database menggunakan MySQL, proses pengerjaan sistem ini akan melibatkan 3 user rule seperti Admin, Leader, dan Operator, sistem ini mengintegrasikan fitur incoming dan outgoing proses, sehingga data akan berkurang dan bertambah secara otomatis. Evaluasi sistem yang digunakan untuk pengujian sistem ini menggunakan metode Technoogy Acceptance Model (TAM) dengan hasil presentase persepsi Ease Of Use sebesar 80.13% dan persepsi Usefullnes sebesar 81.53% yang didapatkan melalui perhitungan Analisa deskriptif yakni skor kriterium dan skor hasil dari 50 responden, dari hasil presentase yang didapatkan menujuk skala Likert bahwa aplikasi termasuk dalam kategori setuju dari segi kemudahan dan segi kebermanfaatan dan aplikasi ini diharapkan dapat menjadi solusi efektif dalam meningkatkan kinerja karyawan di PT Tropical Electronic.Item Monitoring Data Penggunaan Energi Listrik Rumahan Berbasis IoT(Politeknik Negeri Batam, 2025-03-14) Siswanto; Purba, Jhon HericsonPenggunaan energi listrik rumah tangga ataupun industri diukur dengan perangkat KWH meter milik Perusahaan Listrik Negara. Perangkat ini hanya melakukan pengukuran pemakaian energi aktif dan hasil pengukuran yang hanya dapat dibaca pada layar KWH meter. Melihat kondisi ini, pengguna tidak dapat mengetahui seberapa besar pemakaian dan pengeluaran energi listrik sehari-hari, padahal efisiensi energi listrik dibutuhkan melalui kesadaran pengetahuan pengguna. Oleh sebab itu dirancang sebuah system yang mampu memonitoring penggunaan energi Listrik, Mengumpulkan data konsumsi energi rumahan secara real-time dan akurat menggunakan sensor PZEM-004t yang akurat. Alat monitoring ini juga akan mampu diakses dari jauh dengan menggunakan teknologi IoT. Sensor PZEM-004t sebagai pembaca tegangan, arus, daya, biaya pemakaian yang kemudian diproses oleh Mikrokontroller ESP 8266 yang akan tampil pada layar monitor atau aplikasi telegram si pengguna dan data di simpan di google sheet. Dengan inputan data pemakaian energi listrik yang dapat dimonitoring secara realtime dan notifikasi arus yang berlebihan, maka hasil akhir dari alat ini yaitu Alat berfungsi dengan baik untuk memonitoring arus beban. Hasil pengujian di lakukan denagan dua pengujian yaitu sebelum menggunakan alat dan sesudah dan hasil nya pada saat menggunakan alat dan dengan adanya muncul notifikasi beban yang berlebih si pengguna lebih meningkatkan kesadaranya dan dengan adanya setiap muncul notifikasi tersebut si pengguna wajib mengurangi arus beban yang berlebihan. Dan hasil keberhasialn pengujian alat yaitu menurunya notifikasi beban yang berlebih sehingga biaya yang di keluarkan selama 7 hari berkurang.Item Identifikasi dan Tindakan Preventif Terhadap Cacat Produk Maincarrier Pada Proses Umbug Fabrikasi Interior Mobil(Politeknik Negeri Batam, 2025-03-13) CANOVER, MUHAMMAD RENOELDI; Aryswan, AdeProses umbug merupakan salah satu proses akhir sebelum dilanjutkan ke mesin assemble. Proses umbug adalah pengecekan lem dan merapikan kulit yang berlebih setelah dilakukan tekanan dari mesin laminating. Pada proses umbug biasanya sering terjadi cacat komponen yang dikarenakan oleh operator umbug. Cacat komponen yang dihasilkan berupa pemotongan kulit yang berlebih dan kulit yang terbakar. Setelah melakukan identifikasi cacat komponen, ternyata lebih banyak cacat komponen karena kulit terbakar. Kulit terbakar karena penggunaan heatgun yang terlalu panas dan jarak antara heatgun dan kulit terlalu dekat. Penelitian ini dibuat dengan metode pengecekan visual dengan melihat hasil produksi dan kualitas produksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencegah adanya cacat komponen berupa kulit yang terbakar akibat penggunaan heatgun yang terlalu panas. Setelah melakukan pengumpulan data pengunaan heatgun dengan settingan heatgun yaitu dengan settingan 7, settingan 8 dan settingan 9. Settingan 8 merupakan hasil yang bagus dengan temperatur 350° C - 400° C karena lem akan meleleh pada temperatur tersebut namun juga masih dapat di tolelir oleh kulit sehinnga tidak terdapat cacat komponen berupa kulit yang terbakar dan mendapatkan 8 pcs komponen dalam satu jam.Item Pengaruh Tekanan Gas Oksigen dan LPG pada Proses Pemotongan Cutting Torch Pipa Carbon Steel 4 Inchi(hairi deswanto, 2025-03-05) Deswanto,hairi; Stefani Windy; hakim rahmanPenggunaan gas LPG dan oksigen sangat umum dalam proses pemotongan pipa dan plat menggunakan cutting torch. Kesalahan dimensi hasil akhir dalam proses pemotongan sering terjadi, dikarenakan tekanan gas yang tidak sesuai dengan dimensi benda yang dipotong. Untuk mengurangi kesalahan pemotongan menggunakan cutting torch dapat dilakukan dengan pengaturan tekanan gas potongaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan hasil terbaik tekanan gas oksigen dan LPG pada proses pemotongan cutting torch pipa carbon steel dengan diameter 4 inchi yang dilakukan sebanyak tiga kali dengan variasi 50 lb/in2 gas oksigen dan 50 lb/in2 LPG, 30 lb/in2 gas oksigen dan 70 lb/in2 LPG, 50 lb/in2 gas oksigen dan 30 lb/in2 LPG. Berdasarkan hasil pengujian tiga variasi tersebut, pemotongan mengggunakan variasi gas oksigen 30 lb/in2 dan gas LPG 50 lb/in2 lebih efektif, dikarenakan pemotongan dengan menggunakan variasi tersebut memiliki nilai rata rata pemotongan sebesar 49,71 mm dan penyusutan 2,29 mm. Sedangkan dibandingkan dengan pemotongan dengan gas oksigen 50 lb/in2 LPG 50 lb/in2 memiliki rata-rata pemotongan 47,08 mm dan penyusutan 4.92 mm, sedangkan tekanan gas oksigen 30 lb/in2, LPG 70 lb/in2 dengan rata-rata 45,07 mm 6,93 mm. Oleh karena itu tekanan gas yang efektif untuk melakukan pemotongan pipa carbon steel ukuran 4 inchi ketebalan 6.02 mm yaitu menggunakan tekanan gas oksigen 30 lb/in2 dan gas LPG 50 lb/in2.Item STUDI KASUS FAN BLADE VIBRATION PADA ENGINE CFM56-5B4 PESAWAT AIRBUS A320-214(Politeknik Negeri Batam, 2025-01-28) Saputra, Bayu Dwi; Saputra, Ihsan; Arifin, Nurul LailiAbstrak Pada pesawat Airbus A320-214 terdapat komponen utama salah satunya Engine. Engine pesawat adalah salah satu komponen kunci yang membuat pesawat mampu terbang. Fungsi utama dari Engine pesawat adalah menghasilkan daya dorongan yang cukup untuk mengatasi hambatan aerodinamis dan gravitasi, sehingga pesawat dapat mengangkat badan pesawat dan terbang. Engine selalu digunakan oleh pesawat untuk itu beban kerja engine sangat besar sehingga dapat menimbulkan masalah salah satunya engine fan blade vibration atau bisa disebut juga N1 vibration. Bagian fan blade perlu mendapat perhatian lebih ketika melakukan perawatan,salah satunya Engine fan blade relubrication, Engine fan blade relubrication adalah proses perawatan pada komponen fan blade yang dilakukan tiap 3000 flight cycle yang telah ditentukan aircraft maintenance manual/AMM.[1].Tujuan dari penelitian ini yaitu membahas langkah-langkah serta cara penanggulangan engine vibration N1/ Engine Fan rotor blade yang terdiri dari beberapa metode yaitu pelepasan fan blade,inspection, relubrication, pemasangan dan pengetesan. Hasil pengerjaan ini adalah mendapatkan nilai N1 vibration yang lebih kecil dari 1,6 – 2,6 units menjadi 0,6 units sehingga engine dapat berkerja lebih optimal dan sesuai dengan ketentuan dari Aircraft maintenance manual sehingga pesawat dapat terbang dengan kondisi lebih aman. Abstract On the Airbus A320-214 aircraft, there are main components, one of which is the Engine. The aircraft engine is one of the key components that makes the aircraft able to fly. The main function of the aircraft Engine is to produce sufficient thrust to overcome aerodynamic and gravitational resistance, so that the aircraft can lift the fuselage and fly. The engine is always used by the aircraft for that the engine workload is very large so that it can cause problems, one of which is engine fan blade vibration or can also be called N1 vibration. The fan blade section needs more attention when carrying out maintenance, one of which is Engine fan blade relubrication, Engine fan blade relubrication is a maintenance process on the fan blade component which is carried out every 3000 flight cycles that have been determined by the plane maintenance manual / AMM. [1]. The purpose of this study is to discuss the steps and means of overcoming engine vibration N1/ Engine fan rotor blade which consist of saveral methods, namely removing the fan blade,inspection,relubrication,installation and testing. The result of this research is to obtain a smaller N1 vibration value from 1.6-2.6 units to 0.6 units so that the engine can work more optimally and in accordance with the previsions of the Aircraft maintenance manual so that the aircraft can fly in safer conditions. Keyword: Studi Kasus Fan Blade Vibration Pada Engine CFM56-5B4 Pesawat Airbus A320-214Item Rotary Cutting Welding Menngunakan Motor Servo(Politeknik Negeri Batam, 2025-03-10) Sriyanto, Sriyanto; Diono, DionoPengelasan merupakan proses krusial dalam bidang teknik yang digunakan untuk menyambungkan dua benda kerja dengan material baja. Salah satu jenis pengelasan yang umum digunakan adalah pengelasan bevel pipa, yang memerlukan pemotongan dengan sudut tertentu untuk memudahkan pengerjaan. Namun, di Laboratorium Teknik Mesin Politeknik Negeri Batam, proses pemotongan bevel pipa masih dilakukan secara manual dan kurang memenuhi standar yang ada. Oleh karena itu, pengembangan alat rotary cutting welding menjadi suatu kebutuhan yang mendesak. Rotary cutting welding adalah alat yang dirancang untuk mempermudah dan mempercepat proses pemotongan bevel pipa dengan sudut spesifik, seperti 30° - 35°. Alat ini akan ditenagai oleh motor listrik jenis servo dengan kapasitas 15 Watt dan kecepatan 250 RPM. Pengembangan alat ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam proses pengelasan, tetapi juga untuk menghasilkan hasil pengelasan yang sesuai dengan standar yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan alat rotary cutting welding yang efektif, efisien, dan terjangkau. Desain alat akan mempertimbangkan kebutuhan untuk menyangga holder welding agar dapat memastikan stabilitas dan keakuratan pemotongan. Selain itu, analisis hasil pengelasan juga akan dilakukan untuk mengevaluasi kualitas dan ukuran hasil pengelasan yang dihasilkan oleh alat ini. Dengan demikian, pengembangan alat rotary cutting welding ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan akurasi dalam proses pengelasan bevel pipa di Laboratorium Teknik Mesin Politeknik Negeri Batam, serta menjadi solusi yang terjangkau untuk kebutuhan industri pengelasan pada umumnya.Item Motion Graphic Sebagai Media Promosi Tim Marketing Batam TV(2025-02-20) Febrianto, Eric; Siahaan, Arta UlyBatam televisi merupakan stasiun televisi lokal pertama di Kepulauan Riau dan satu satunya stasiun televisi digital pertama di Batam dan Kepulauan Riau. Motion graphic company profile dan rate card Batam TV bertujuan untuk menyediakan informasi dengan media yang menarik kepada client tim marketing Batam TV mengenai informasi tarif pemasangan iklan dan program secara spesifik mulai dari waktu dan hari. Motion graphic sebagai media promosi ini dibuat menggunakan metode pengembangan dan validasi suatu produk yaitu luther sutopo. Sesudah produk siap diproduksi. Selanjutnya adalah menganalisa keefektifitasan motion graphic sebagai media promosi menggunakan EPIC model yang terdiri dari dimensi empaty, dimensi persuation, dimensi impact dan dimensi communication. Hasil analisis dan akumulasi data menggunakan EPIC model dengan persentase EPIC RATE didapatkan hasil nilai 4,45 Pada rentan skala epic model, 4.45 terletak di rentang nilai sangat efektif menandakan bahwa motion graphic company profile dan ratecard batam televisi efektif digunakan sebagai media promosi tim marketing Batam TVItem Analisis Pengaruh Bentuk Lambung Terhadap Hambatan dan Stabilitas Pada Inland Passenger Vessel di Sungai Danube, Hungaria(Politeknik Negeri Batam, 2025-01-20) Rifai, Muslim Syaifullah; Cahyagi,Danang; Fyona, AnnisaSungai Danube merupakan jalur perairan vital di Eropa yang mendukung transportasi dan pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pengaruh bentuk lambung kapal penumpang inland waterways, yaitu monohull dan catamaran, terhadap nilai hambatan dan stabilitas kapal di Sungai Danube. Data menunjukkan bahwa selama sembilan bulan di tahun 2021, terjadi pengangkutan kargo signifikan di wilayah ini, dengan Budapest sebagai salah satu pusat pariwisata utama. Metodologi yang digunakan meliputi analisis hambatan menggunakan perangkat lunak Maxsurf Resistance dan perhitungan manual dengan metode Holtrop. Hasil menunjukkan bahwa lambung catamaran memiliki nilai hambatan dan daya lebih tinggi dibandingkan monohull, meskipun keduanya dirancang dengan spesifikasi yang sama. Analisis stabilitas dilakukan menggunakan Maxsurf Stability Enterprise, menunjukkan bahwa stabilitas lambung monohull tidak memenuhi kriteria IMO pada beberapa kondisi pembebanan, sementara catamaran memenuhi semua kriteria yang ditetapkan. Dalam hal efisiensi bahan bakar, kapal monohull lebih unggul, mampu melakukan sembilan trip per pengisian bahan bakar, sedangkan catamaran hanya delapan trip. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa meskipun lambung monohull lebih efisien dalam hal hambatan dan konsumsi bahan bakar, lambung catamaran memiliki keunggulan dalam stabilitas. Temuan ini dapat menjadi acuan dalam pengembangan desain kapal penumpang yang lebih baik dan sesuai dengan karakteristik Sungai Danube.Item EKSPLORASI GERAK ANIMASI MENGGUNAKAN LIMBER DI ADOBE AFTER EFFECTS(Politeknik Negeri Batam, 2025-01-24) Arabian, Yourrdhan; Rahmi, AnisPenelitian ini mengeksplorasi penggunaan plugin Limber dalam Adobe After Effects untuk mendukung penerapan 12 prinsip animasi, dengan fokus pada peningkatan efisiensi dan kualitas animasi 2D. Metode penelitian artistik (art-based research) digunakan untuk mengevaluasi efektivitas, efisiensi, dan kualitas animasi melalui praktik implementasi teknik rigging. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Limber secara signifikan menyederhanakan proses rigging, meningkatkan produktivitas, dan memungkinkan alur kerja yang lebih efisien dibandingkan metode tradisional. Limber mendukung penerapan prinsip-prinsip animasi seperti squash and stretch, anticipation, staging, hingga timing, dengan hasil animasi yang lebih halus dan realistis. Berdasarkan wawancara dengan dua narasumber ahli, beberapa area seperti pengaturan center of gravity, variasi sudut kamera, serta pengelolaan timing dan spacing dapat lebih dioptimalkan. Studi ini menegaskan bahwa integrasi teknologi modern seperti Limber dengan prinsip animasi klasik dapat memenuhi tuntutan industri animasi yang terus berkembang.