Kajian Metode Inspeksi Fluorescent Penetrant pada Engine Mount Bolt: Post-Emulsifiable dan Water Washable
Repository Politeknik Negeri Batam
Date
2025-08-11
Authors
Pamungkas, Budi
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Politeknik Negeri Batam
Abstract
Abstrak
Inspeksi rutin terhadap struktur dan komponen pesawat sangat penting untuk menjamin keselamatan
penerbangan. Salah satu komponen yang rentan mengalami cacat akibat kelelahan material adalah engine
mount bolt, yaitu bolt pengikat mesin pada struktur pesawat. Penelitian ini membandingkan dua metode
Fluorescent Penetrant Inspection (FPI), yaitu Water Washable dan post-Emulsifiable dalam mendeteksi
cacat permukaan pada komponen tersebut. Pengujian dilakukan secara eksperimental menggunakan satu
spesimen engine mount bolt bekas dari pesawat Boeing 737-800/900 dengan tipe mesin CFM56-7,
mengikuti standar ASTM E1417/E1417M dan prosedur dalam Aircraft Maintenance Manual (AMM).
Parameter yang diamati meliputi jumlah indikasi cacat, kejelasan visual, ukuran indikasi, dan efisiensi
proses aplikasi. Hasil menunjukkan bahwa kedua metode mendeteksi satu cacat berupa deep scratch,
namun metode post-Emulsifiable menghasilkan indikasi dengan panjang 5 mm dan visual yang lebih tajam
dibandingkan Water Washable yang menunjukkan panjang 4 mm. Meskipun metode Water Washable lebih
cepat (75 menit dibandingkan 80 menit), metode post-Emulsifiable terbukti lebih andal dalam
menghasilkan indikasi dengan kontras tinggi, sehingga lebih sesuai untuk inspeksi komponen kritikal
seperti engine mount bolt.
Abstract
Routine inspection of aircraft structures and components is essential for ensuring flight safety. One of the
components suspected to fatigue-related defect is the engine mount bolt, which secures the engine to the
aircraft's structure. This study compares two Fluorescent Penetrant Inspection (FPI) methods, Water
Washable and post-Emulsifiable for detecting surface defects on this component. The test was conducted
using a used engine mount bolt from a Boeing 737-800/900 aircraft with CFM56-7 engine. Inspection
followed ASTM E1417/E1417M standards and the Aircraft Maintenance Manual (AMM). Observed
parameters include defect indication count, visual clarity, indication size, and process efficiency. The
results show that both methods detected the same deep scratch defect, but the post-Emulsifiable method
provided clearer and more defined indications with a defect length of 5 mm compared to 4 mm for the Water
Washable method. Although the Water Washable method was quicker between 75 minutes vs. 80 minutes,
the post-Emulsifiable method proved more reliable in producing high-contrast results, making it more
suitable for critical components like engine mount bolts.
Description
Full Page Article
Keywords
Fluorescent Penetrant Inspection, Water Washable, post-Emulsifiable, Engine Mount Bolt, NDT
Citation
IEEE