ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN TRANSPORTASI ONLINE (GOJEK) MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) PADA PT. GoTo Gojek Tokopedia Tbk. BATAM
Repository Politeknik Negeri Batam
Date
2025-09-26
Authors
Manurung, Samuel Rilandson
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
JAEMB
Abstract
Penelititan ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan
transportasi online (Gojek) kota Batam berdasarkan indikator sebagai berikut: Bukti Fisik (Tangible), Kehandalan
(Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance) dan Kepedulian (Empathy). Metode Penelitian
yang digunakan adalah Kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data penelitian. Metode
Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Importance Performance Analysis (IPA). Penelitian ini memiliki
100 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kepuasan pelanggan yaitu sebesar 98% yang berada
pada kategori Sangat Puas. Terdapat 2 atribut yang perlu diperbaiki yaitu: 1) Driver menggunakan atribut lengkap dan
sesuai standart. 2) Driver memiliki sikap peduli terhadap pelanggan.
Description
Keywords
Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Importance Performance Analysis
Citation
APA