D4 Administrasi Bisnis Terapan I

Permanent URI for this collectionhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1755

Browse

Search Results

Now showing 1 - 10 of 156
  • Item
    Analysis of Satisfaction of Oil and Gaz Safety Supervisor Training Participants Using SERVQUAL and IPA
    (Politeknik Negeri Batam, 2025-09-24) heryoga bernardus besta; Wirawan, Adhitomo
    Penelitian ini bertujuan untuk menjadi bagian dari upaya meningkatkan kualitas pelayanan pada peserta pelatihan pengawas K3 Migas pada PT Tx dengan mengukur tingkat kepuasan, Adapun pendekatan penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei untuk mengetahui dimensi kepuasan peserta pelatihan Jumlah peserta pelatihan ditentukan sebanyak 100 peserta yang sekaligus menjadi responden dalam penelitian ini. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Pada era global ini perusahaan harus didukung pegawai yang kompeten dan handal, mengingat sumber daya manusia memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung pencapaian keunggulan dan keberhasilan perusahaan. Salah satu strategi pengelolaan SDM yang baik yaitu melalui perhatian perusahaan terhadap produktivitas, pendidikan dan pelatihan perkembangan pegawai guna meningkatkan kompetensi, agar para pegawai memiliki keahlian sekaligus menggali potensi yang ada pada dirinya.
  • Item
    Analisis Kualitas Pelayanan Go-Ride Pada Kepuasan Pengguna Gojek Di Kota Batam Berdasarkan Model SERVQUAL
    (POLITEKNIK NEGERI BATAM, 2025-10-02) Deswindah Sinaga, Naomi; Deswindah Sinaga, Naomi; Ratna Sari, Desi; Ratna Sari, Desi
    Penelitian ini menganalisis kualitas pelayanan Go-Ride pada kepuasan pengguna Gojek di Kota Batam menggunakan Model SERVQUAL sebagai pengukur kualitas layanan untuk mengukur gap antara persepsi dan harapan pada kepuasan pengguna. Hasil pengujian menunjukkan bahwa seluruh indikator variabel Kualitas Pelayanan (Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy) dan Kepuasan Pengguna valid, reliabel, berdistribusi normal, bebas multikolinearitas, serta tidak mengalami heteroskedastisitas, sehingga model regresi layak digunakan. Persamaan regresi menunjukkan bahwa semua dimensi kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengguna. Dimensi kualitas layanan Go-Ride Kota Batam menunjukkan gap negatif, artinya persepsi pengguna belum sepenuhnya memenuhi harapan. Dimensi Tangibles memiliki gap terbesar (-0,504), diikuti Reliability (-0,458) dan Responsiveness (-0,388) masih jauh dalam memenuhi harapan pengguna. Di sisi lain, Assurance (-0,348) dan Empathy (-0,224) sudah lebih mendekati harapan. Oleh karena itu, peningkatan pada semua dimensi tetap diperlukan untuk meningkatkan kepuasan pengguna secara keseluruhan agar tercipta loyalitas pelanggan.
  • Item
    ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN TRANSPORTASI ONLINE (GOJEK) MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) PADA PT. GoTo Gojek Tokopedia Tbk. BATAM
    (JAEMB, 2025-09-26) Manurung, Samuel Rilandson; Andayani, Nur Rahmah
    Penelititan ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan transportasi online (Gojek) kota Batam berdasarkan indikator sebagai berikut: Bukti Fisik (Tangible), Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance) dan Kepedulian (Empathy). Metode Penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data penelitian. Metode Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Importance Performance Analysis (IPA). Penelitian ini memiliki 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kepuasan pelanggan yaitu sebesar 98% yang berada pada kategori Sangat Puas. Terdapat 2 atribut yang perlu diperbaiki yaitu: 1) Driver menggunakan atribut lengkap dan sesuai standart. 2) Driver memiliki sikap peduli terhadap pelanggan.
  • Item
    BUSINESS DEVELOPMENT ANALYSIS OF ROBUSTA GROUND COFFEE PRODUCTS TO ENCHANCE FLAVOR VARIANTS (CASE STUDY OF AIBA COFFEE BRAND)
    (Politeknik Negeri Batam, 2025-08-13) Fadila Meilani Fadila Meilani; Septiana, Maryani
    The trend of coffee consumption in indonesia has experienced rapid growth, particulary among the younger generation who are increasingly interested in contemporary coffee with diverse flavor variants. This study aims to analyze the development of flavor variants in robusta ground coffee using market survey, SWOT analysis, and the Business Model Canvas (BMC). The research involved 97 respondents through a market survey and 3 key informants selected using a non-probability sampling technique with purposive sampling. The result indicate that customers prefer coffee with a creamy and sweet taste. Base on the SWOT analysis, Aiba Coffee is positioned in Quadrant I of the IFAS and EFAS matrix, suggesting that the company is market opportunities.
  • Item
    The Role of Entrepreneurial Passion in Strengthening Entrepreneurial Intention through Self-Efficacy and Leadership: Evidence from Batam City
    (Politeknik Negeri Batam, 2025-09-19) Erika Priyanti Nainggolan Erika Priyanti Nainggolan; Hati, Shinta Wahyu
    This research examines the role of entrepreneurial passion in shaping entrepreneurial intention, with self-efficacy and leadership considered as mediating factors among micro, small, and medium enterprise (MSME) owners in Batam City. Using a quantitative survey approach, data were collected from 306 respondents and analyzed with Partial Least Squares–Structural Equation Modeling (PLS-SEM) through SmartPLS 4. The results demonstrate that entrepreneurial passion exerts a significant positive influence on self- efficacy, leadership, and entrepreneurial intention. In addition, both self-efficacy and leadership contribute meaningfully to strengthening entrepreneurial intention. These findings underline the importance of psychological aspects in stimulating entrepreneurial behavior and supporting business growth. The study enriches the entrepreneurship literature by presenting an integrated model of entrepreneurial passion, self-efficacy, leadership, and entrepreneurial intention, while also offering practical insights for policymakers to design MSME development strategies aimed at enhancing entrepreneurial capacity and ensuring long-term sustainability.
  • Item
    The Influence of Celebrity Endorsements, Brand Image, and Social Media Marketing on Purchasing Decisions for Skintific Products on the TikTok App
    (Politeknik Negeri Batam, 2025-09-10) Christiana, Fransiska Elsa; Kartikasari, Dwi
    This study aims to understand the influence of celebrity endorsements on purchasing decisions for Skintific products on TikTok, brand image on purchasing decisions for Skintific products on TikTok, and social media marketing on purchasing decisions for Skintific products on TikTok. The research method used is quantitative. The sample was obtained using a non-probability methodology with a purposive sampling method, consisting of 114 respondents. The data used in this study came from a questionnaire. Data analysis was performed using SPSS 31. The data analysis used included respondent characteristics analysis, validity testing, reliability testing, classical assumption testing, multiple linear regression analysis, and hypothesis testing. The results showed that celebrity endorsement had a positive and significant effect on purchasing decisions. Brand image did not have a significant effect on purchasing decisions. Social media marketing had a positive and significant effect and was the most dominant factor in influencing purchasing decisions. Celebrity endorsement, brand image, and social media marketing simultaneously had a significant effect on purchasing decisions.
  • Item
    Efisiensi Proses Inspeksi Barang di Departemen Quality pada Perusahaan X menggunakan Pendekatan Business Process Improvement
    (2025-09-11) Dayanti, Fina; Syafrina, Mia
    The inspection process plays an important role in ensuring the quality of oil and gas equipment manufacturing products. However, observations show that the inspection process is still carried out manually and has not been integrated. As a result, lead time often exceeds the standard time of two days. This study aims to analyze the causes of inspection delays and design process improvements using the Business Process Improvement (BPI) approach. The methods used include process mapping ( flowchart ), waste identification based on the 8Waste concept , and root cause analysis with RCA, 5- Why Analysis , and Fishbone Diagram . The results of the analysis indicate that waiting , motion , and extra processing activities are the main causes of delays. Process improvements are designed through inspection digitalization, a priority-based queuing system, recording results directly to the system, and an automated mechanism for re-inspection . Implementation of this design has the potential to reduce lead time to ≤ 2 days, reduce non-value added activities , and increase the efficiency and effectiveness of the QC team. The study recommends the implementation of an integrated digital system, improvement of the WIP layout, and the principle of continuous improvement on an ongoing basis.
  • Item
    ANALYSIS OF PRICE, PROMOTION, AND SERVICE QUALITY ON CUSTOMER SATISFACTION AT FLY REMI TRAVEL BATAM
    (2025-09-11) Hafshah Zhafirah Hafshah Zhafirah; Slamet Soebagiyo S.Sos, M.M.
    This study aims to analyze the influence of price, promotion, and service quality on customer satisfaction at Fly Remi Travel Batam. The competitive travel industry demands companies to offer not only competitive prices but also effective promotional strategies and superior service quality. Data were collected through questionnaires from 153 Fly Remi Travel customer respondents who used travel packages to Singapore. Multiple linear regression analysis shows that price, promotion, and service quality partially and simultaneously have a positive and significant effect on customer satisfaction. These results indicate that the suitability of price to facilities, clarity and attractiveness of promotions, and friendliness and professionalism of staff are key factors in shaping customer satisfaction. The practical implication of this study is the need for Fly Remi Travel to continue to manage these three aspects in an integrated manner to increase customer loyalty and recommendations.
  • Item
    Pengaruh Brand Image dan Strategi Bundling terhadap Keputusan Pembelian dengan Affiliate Marketing sebagai Variabel Intervening (Studi Pembelian Kosmetik Wardah melalui Shop Tokopedia)
    (2025-09-18) Marini, Faradila Dwi; Mulyaningtyas, Dian
    Perkembangan teknologi digital dan integrasi antara media sosial dengan e-commerce telah menciptakan peluang baru dalam strategi pemasaran, salah satunya melalui program affiliate marketing. Shop Tokopedia, hasil akuisisi Tiktok terhadap Tokopedia, memanfaatkan strategi ini untuk meningkatkan penjualan, termasuk produk kosmetik. Di sisi lain, meningkatnya kesadaran masyarakat akan kecantikan turut mendorong pertumbuhan pasar kosmetik, sehingga menjadi peluang sekaligus tantangan bagi merek lokal seperti Wardah untuk mempertahankan pangsa pasarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image dan strategi bundling terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah di Shop Tokopedia dengan affiliate marketing sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner kepada 100 responden yang pernah membeli produk bundling Wardah di Shop Tokopedia. Analisis data dilakukan dengan teknik Path Analysis menggunakan software SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap affiliate marketing, H1 diterima. Strategi bundling berpengaruh positif dan signifikan terhadap affiliate marketing, H2 diterima. Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, H3 diterima. Strategi bundling berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, H4 diterima. Namun, affiliate marketing tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, maka H5 ditolak dan tidak mampu menjadi variabel mediasi dalam hubungan antara brand image maupun strategi bundling terhadap keputusan pembelian. Temuan ini mengindikasikan bahwa brand image dan strategi bundling lebih dominan memengaruhi keputusan pembelian secara langsung dibandingkan melalui affiliate marketing
  • Item
    Pengaruh Penggunaan QRIS pada Mobile banking terhadap Perilaku Hedonisme Generasi Z : Analisis Theory Of Planned Behavior
    (Politeknik Negeri Batam, 2025-09-09) Dita R Angelina Dita R Angelina; Hidayat, Rahmat
    Dengan semakin berkembangnya teknologi pembayaran digital, terutama Quick Response Code Standard (QRIS) telah mengubah masyarakat, termasuk generasi Z dalam berbelanja. Penelitian ini menggunakan teknik pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB), yang mencakup Attitude Toward Behavior (AT), Subjective Norm (SN), Perceived Behavioral Control (PBC), Behavioral Intention (INT), dan Behavior (BI) untuk menganalisis dampak penggunaan QRIS dalam mobile banking terhadap perilaku hedonisme generasi Z di Kota Batam. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan purposive sampling berjumlah 100 responden, dengan metode Structural Equation Modeling berbasis Partial Least Squares (SEM PLS). Berdasarkan hasil penelitian Attitude Toward Behavior (AT), Subjective Norm (SN), Perceived Behavioral Control (PBC), secara signifikan mempengaruhi Behavioral Intention (INT), yang pada akhirnya mempengaruhi Behavior (BI) dan memicu perilaku hedonistik.