D3 Teknik Perawatan Pesawat Udara
Permanent URI for this collectionhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1774
Browse
Item ANALISIS PENYEBAB KEGAGALAN PARKING BRAKE SYSTEM PADA PESAWAT A320(Politeknik Negeri Batam, 2024-07-11) Samudra, Muhammad Gilang; Nova, Muhammad AndiSebuah sistem yang sangat penting untuk menjaga keselamatan dan keamanan pesawat terbang adalah sistem hidrolik, khususnya pada brake system. Pada landing gear system terdapat brake system yang harus beroperasi dengan baik dan dapat diandalkan ketika pesawat beroperasi di darat (landing). Terdapat indikasi trouble pada Electronic Centralized Aircraft Monitoring (ECAM) yang menunjukkan bahwa parking brake tidak bisa beroperasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui masalah yang menyebabkan kegagalan pada parking brake system dan untuk mengetahui jumlah pesawat yang sering mengalami kegagalan pada parking brake system selama 4 tahun terakhir serta menganalisis penyebab kegagalan yang paling banyak terjadi pada parking brake system pesawat A320. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode FTA (Fault Tree Analysis). Data-data penelitian didapatkan berdasarkan observasi dilapangan, data-data dokumentasi, wawancara, dan jurnal-jurnal. Analisis masalah dalam penelitian ini menggunakan referensi dari Troubleshooting Manual (TSM) dan Aircraft Maintenance Manual (AMM). Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah pesawat yang sering mengalami kegagalan pada parking brake system selama 4 tahun terakhir adalah 10 pesawat dan faktor penyebab terjadinya kegagalan parking brake system pada pesawat A320 yang paling banyak terjadi yaitu karena adanya kerusakan komponen control switch parking brake sehingga terdapat indikasi trouble pada Electrical Centralized Aircraft Monitoring (ECAM). Untuk penanggulangannya yaitu dengan cara melakukan perawatan pesawat secara rutin dan terjadwal untuk mengurangi resiko kerusakan pada peralatan dan sistem pada pesawat serta dapat menjaga kondisi peralatan pesawat selalu dalam keadaan aman dan dapat berfungsi dengan baik.Item Loss of the Brake Accumulator Pressure pada Pesawat Airbus A330-300(Politeknik Negeri Batam, 2024-07-11) Siagian, Randy; Fadilah, Nurul; MoeltjantoThis research aims to identify the causes and solutions for cases of loss brake accumulator pressure on the Airbus A330-300 aircraft. The brake accumulator is a component of the brake system, serving as a source of hydraulic power for emergency operations, absorbing pressure spikes, providing temporary power supply during pump failures, and maintaining pressure in the hydraulic system during certain periods or when the pump is not functioning. This is crucial for the brake system in the event of hydraulic system failures. The occurrence of one error, namely loss brake accumulator pressure, was identified when indications in the cockpit showed that the loss brake accumulator pressure. Subsequently, troubleshooting was conducted referring to the aircraft maintenance manual. The causes loss of pressure were identified as damage to the accumulator. The solution to the case loss of brake accumulator pressure can be achieved by replacing the accumulator due to exceeding its designated service life.Item Studi Kasus Kegagalan Engine Fire Extinguisher Saat Extinguisher Test Pada Pesawat Boeing 737-800/900(Politeknik Negeri Batam, 2024-07-11) Setiawan, Jevri; Nova, Andi MuhammadKebakaran merupakan salah satu ancaman paling berbahaya terhadap pesawat terbang, peraturan mengenai desain dan spesifikasi area yang berpotensi bahaya api sangat ketat. Senyawa halon digunakan sebagai bahan pemadam kebakaran pada pesawat modern saat ini karena memiliki tingkat toksisitas yang rendah serta efektif digunakan di berbagai sistem pada pesawat. Fire extinguisher system terdapat di auxiliary power unit (APU), lavatory, cargo compartment, portable fire extinguishers, dan engine. Ketika engine fire extinguisher system mengalami masalah saat digunakan, akibatnya akan menimbulkan situasi yang lebih fatal. Oleh sebab itu, pesawat dipasang engine fire extinguisher test system untuk memastikan bahwa sistem berjalan dengan baik tanpa merilis halon ketika sistem tes tersebut dioperasikan. Masalah yang umumnya terjadi khususnya pada ruang lingkup perusahaan Batam Aero Technic yaitu engine fire extinguisher test light not illuminate pada pesawat Boeing 737-800/900. Penelitian ini bertujuan untuk membahas studi kasus dari masalah tersebut serta bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut dengan teknik analisa menggunakan diagram fishbone atau yang sering juga disebut cause effect. Data data yang didapatkan berdasarkan hasil dari studi literatur, diskusi, dan juga referensi dari jurnal. Hasil penelitian yang didapatkan adalah bahwasannya dalam kurun waktu 2022 hingga 2024 terdapat 11 kasus kegagalan fire extinguisher yang terjadi saat extinguisher test yaitu karena adanya kerusakan pada fire control panel sehingga extinguisher test light not illuminate. Maintenance action yang perlu dilakukan sesuai dengan referensi maintenance manual pesawat yang terkait adalah dengan replacement engine and APU fire control panel.Item Studi Kasus Kerusakan Pada Bonding Lead Wing Tank Pesawat Airbus A320 PK-SJD(2024-07-10) Syarif, Muhammad; Fadilah, Nurul; SutartoAbstrak Pesawat Airbus A320 PK-SJD mengalami kerusakan Bonding Lead pada L/H Wing Tank . Bonding Lead berfungsi menyamakan beda potensial, meminimalkan risiko percikan diakibatkan oleh Listrik Statis. Bonding Lead juga bisa meminimalisir Radio Frequency Interference (RFI). Menurut Maintenance Defect & Rectification Report (MDRR), tercatat sebanyak 13 dari 151 Bonding Lead pada L/H Wing Tank mengalami kerusakan. Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah menentukan sebab akibat kerusakan pada Bonding Lead serta hasil observasi dan langkah yang tepat dalam penyelesaian masalah kerusakan pada Bonding Lead di L/H wing tank pesawat Airbus A320 PK-SJD. Penelitian ini menggunakan metode troubleshooting sesuai dengan Aircraft Maintenance Manual Airbus A320 PK SJD dengan melakukan pergantian Bonding Lead. Komponen tersebut mengalami pengurangan daya tahan dikarenakan letak komponen tersebut pada Wing Tank. Sehingga, mengalami kerusakan dengan sendirinya. Efek jangka panjang jika tidak diselesaikan, memungkinkan insiden yang buruk terjadi. Penyebab yang dapat menyebabkan terjadi nya kerusakan pada Bonding Lead terindikasi terjadinya korosi pada komponen tersebut kemungkinan pertama disebabkan adanya air atau uap air di dalam wing tank sehingga terjadinya oksidasi. Yang kedua, kemungkinan terjadi nya perbedaan material diantara end fitting dengan kabel sehingga terjadi nya galvanic corrosion. Permasalahan tersebut mendapat langkah yang tepat sesuai dengan AMM yaitu melakukan pergantian komponen yang serviceable. Setelah melakukan pemasangan, komponen Bonding Lead diperlukan pengujian sesuai dengan AMM dengan jumlah maksimal 10 milliohm. diketahui hasil pengukuran yang didapati dengan jumlah rata rata 8 milliohm. maka dapat disimpulkan komponen Bonding Lead serviceable atau layak di pakai pada pesawat.Item STUDI KASUS PENYEBAB RIGHT ENGINE TAILPIPE FIRE ON GROUND PADA PESAWAT BOEING 737-900ER(Politeknik Negeri Batam, 2024-07-09) Fauzan, Rahmat; Putra, Lalu Giat JuangsaTailpipe fire merupakan kejadian apapun yang menyebabkan asap atau api yang terlihat di bagian exhaust engine yang terjadi pada saat engine pesawat sedang beroperasi. Permasalahan pada pesawat Boeing 737-900ER saat engine kanan melakukan start. Untuk metode yang digunakan pada tugas akhir ini menggunakan metode kualitatif yaitu mengidentifikasi masalah dengan motode studi literatur, wawancara, dan troubleshooting. Tujuan mengambil kasus penyebab tailpipe fire adalah untuk mengetahui penyebab dengan cara mengidentifikasi masalah serta mencari tahu permasalahan apa yang sering menjadi penyebab masalash tersebut. Hasil dari penelitian tentang permasalah tailpipe fire pada pesawat adalah terdapat permasalahan pada empat komponen fuel nozzle yang berada dekat dengan ignition. Dari permasalahan tersebut maka dilakukan proses penanganan permasalahan yang mengacu pada FIM untuk mengetahui possible cause apa saja yang dapat menyebabkan kasus tersebut bisa terjadi, melakukan fuel manifold & fuel nozzle leak check, removal & installation fuel nozzle, terakhir melakukan Idle-Power Leak Check sebagai acuan apakah fuel nozzle sudah bekerja secara baik dan fungsional.Item Studi Kasus Terjadinya Lightning Strike Pada Horizontal Stabilizer Pesawat Boeing 737-900 ER PK LSR(Politeknik Negeri Batam, 2024-07-17) Wijaya, Ilyas; Fadilah, Nurul; Siregar, JamesPesawat boeing 737-900 ER dengan no. registrasi PK-LSR umumnya terbang di ketinggian 31.000 feet-36.000 feet pada saat normal. Tetapi, jika pesawat dibutuhkan untuk terbang rendah dibawah ketinggian 30.000 feet. Dimana wilayah operasi terbang tersebut, berpotensi Terkena sambaran petir yang dapat menyebabkan Damage biasa disebut lightning Strike.. Saat melakukan general visual inspection, engineer telah menemukan adanya damage pada horizontal stabilizer di pesawat boeing 737-900 ER. Setelah ditemukan damage yang dinyatakan lebih dari toleransi yang dianjurkan pada Horizontal stabilizer kemudian diperoleh kesimpulan yang dapat diambil berdasarkan analisis yang telah dilakukan sebelumnya berkaitan tentang penyebab masalah yang ada pada pesawat boeing 737-800/900 ER yaitu fuel consumption bertambah yang normalnya 4875 L menjadi 4916 L sehingga menyebabkan Fuel cost per hour $4.431 berkurangnya 605.480 ribu. Ketika pesawat dilakukan perbaikan dengan cara di doubler mengacu pada SRM (Structure Repair Manual). Setelah semuanya selesai lalu dilakukannya pre-flight dari batam menuju Jakarta dan landing pilot menyatakan fuel consumption sudah kembali normal dilihat dari fuel capacity di indikator cockpit. Pada akhirnya engineer menyatakan pesawat airworthy atau layak terbang.Item Studi Kasus Vibration Fanblade pada Engine CFM56-7B Pesawat B737-800NG PK-BGO(Politeknik Negeri Batam, 2024-07-11) Syaefudin, Daril; Dzulfiqar, Alif Mohamad; MoeljantoGas turbine engine CFM56-7B memiliki rotasi fan-blade yang sangat tinggi, sehingga mampu menghasilkan thrust yang besar pada pesawat. Namun, semakin tinggi putaran yang dihasilkan, risiko vibrasi juga semakin besar. Vibrasi pada engine pesawat adalah hal yang wajar, tetapi tetap ada batas toleransi vibrasi yang ditetapkan, yaitu sebesar 1,5 mils. [3] Vibrasi yang terjadi tidak dapat dihindari namun dapat ditangani sesuai prosedur yang ada di manual saat pesawat sedang cruising atau mengudara. Vibrasi berlebih pada mesin ini terdeteksi oleh Engine Indicating and Crew Alerting System (EICAS) yang terhubung dengan airborne vibration monitoring (AVM). Data yang terkumpul digunakan untuk menentukan apakah perlu dilakukan perawatan atau tidak. Hasil AVM menunjukkan batas vibrasi sebesar 3,5 sehingga menyebabkan vibrasi sangat tinggi. Untuk mengembalikan kondisi engine ke keadaan normal, dilakukan penanganan dengan fan lubrication.[3] Saat fan lubrication dilakukan, ditemukan beberapa platform yang mengalami kerusakan akibat vibrasi berlebih, sehingga komponen mesin rusak dan perlu diganti. Penggantian platform pada bagian fan major module engine dilakukan sesuai prosedur yang tercantum pada task card dan Aircraft Maintenance Manual (AMM).[1]Item Study kasus kegagalan pada system lampu navigasi pada pesawat Airbus A320(2024-07-15) AL Fandi, Deni, Erlangga; Dzufiqar, Alif, Mohamad; Batubara, Hardina, Nindalampu navigasi merupakan salah satu sistem yang penting pada saat pesawat berada di udara, komponen ini berfungsi memberikan indikasi visual eksternal untuk mengetahui posisi pesawat dan arah penerbangan pesawat. Lampu navigasi terpasang di ujung wing tip sebelah kanan pesawat dengan kode warna hijau, untuk kode warna merah di pasang di ujung wing tip sebelah kiri pesawat dan ada juga lampu navigasi di pasang pada Tail pesawat. Pada pesawat Batik Air tipe Airbus A320 PK-LUW pertama kali masuk ke hangar maka dilakukanlah visual inspection pada keseluruhan pesawat termasuk navigation light, pada saat observasi walk around ditemukan bahwa lampu navigasi mengalami kegagalan sehingga tidak dapat menyala, tentunya masalah tersebut dapat mengakibatkan kesulitan untuk mengetahui posisi pesawat pada saat di udara. untuk itu perlu dilakukan troubleshooting terhadap kasus yang ditemukan dan dilakukan penanganan untuk mengatasi masalah tersebut. Metode yang digunakan secara kualitatif yang bersumber dari Aircraft Maintenance Manual (AMM) yang dibentuk dalam teks naratif tanpa melibatkan perhitungan. Metode pengumpulan data dengan tahapan awal yaitu observasi dengan membaca dan memahami alur dari Troubleshooting Fault Navigation Lights pada pesawat Airbus A320 dan melakukan pergantian. Setelah melakukan troubleshooting pada kegagalan yang di alami oleh lampu navigasi di lakukanlah pergantian pada circuit breaker dikarenakan penyebab kegagalannya adalah kontaktor pada circuit breker kotor dan berjamur, dan tidak lupa juga pergantian komponen tersebut mengacu pada AMM yang telah ditentukan untuk keselamatan pengerjaan dan juga keselamatan ketika nantinya pesawat sudah beroperasi. Kesimpulan dari pengamatan tadi adalah, dimana kegagalan diakibatkan oleh kontaktor pada circuit breaker kotor atau berjamur sehingga dilakukan pergantian pada circuit breaker agar sistem lampu navigasi bekerja dengan normal.Item Troubleshooting Of Weather Radar System pada Pesawat Boeing 737-900 ER(Politeknik Negeri Batam, 2024-07-11) Caucin, Maria; Fadilah, Nurul; Giat, LaluSystem Weather Radar (WXR) menyediakan indikasi visual weather condition, windshear events, land contours. WXR beroperasi dengan prinsip yang sama seperti echo. System WXR mentransmisikan radio frequency (RF) pulses dalam area 120 derajat atau 180 derajat ke depan pesawat, tergantung pada mode yang dipilih dan ditampilkan pada navigation display (ND). Objek memantulkan pulses kembali ke penerima. Penerima memproses sinyal yang dikembalikan untuk menunjukkan cuaca , ground mapping ,windshear events. Tujuan dari penelitian ini antara lain mengetahui fungsi yang terdapat pada system WXR dan langkah-langkah troubleshooting pada system tersebut. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif, observasi langsung, wawancara dengan engineer terkait, dan Tracing Aircraft Manual, Aircraft Maintenance Manual (AMM), Fault Isolation Manual (FIM) dan Illustrated Part Catalog (IPC). Trouble dicatat di buku AFML lalu ditransfer ke DMI No 009951 oleh engineer pada pesawat PK-LFO. Cara mengatasi troubleshooting dalam system WXR dimulai dengan melakukan self-test. Jika self-test menemukan kegagalan, langkah selanjutnya adalah melakukan Built-in test equipment (BITE). Menurut FIM ada beberapa hal yang menjadi penyebab masalah WXR fail adalah R/T dan waveguide assembly. Pada saat inspect waveguide assembly tidak ditemukan kerusakan. Oleh karena itu, R/T problem dan diperbaiki dengan mengganti R/T. Setelah penggantian, lakukan self-test kembali. Jika tampilan menunjukkan "TEST COMPLETE", itu berarti system sudah berfungsi kembali dan siap digunakan.