D3 Teknik Perawatan Pesawat Udara

Permanent URI for this collectionhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1774

Browse

Search Results

Now showing 1 - 2 of 2
  • Item
    STUDY KASUS PENYEBAB ENGINE BLEED TRIP OFF LIGHT ILLUMINATE PADA BOEING 737-800/900ER
    (2024-07-09) AJI, MUHAMMAD; GIAT, LALU
    Pesawat Boeing 737-800/900ER adalah salah satu Pesawat komersil yang banyak digunakan oleh maskapai di dunia dengan berbagai sistem dan teknologi untuk memastikan keamanan dan kenyamanan penerbangan. Salah satu sistem penting dari Pesawat ini adalah Engine Bleed System yang berfungsi untuk memasok udara bertekanan ke user systems seperti Engine Start Systems, Air Conditioning And Pressurization Systems, Engine Inlet cowl Anti-ice Systems, Water Tank Pressurization System, Inlet Gas System, dan Hydraulic Reservoir Pressurization System. Latar belakang penelitian ini dikarenakan adanya kegagalan sistem dalam Engine Bleed yang menyebabkan Engine Bleed Trip Off Light Illuminate sehingga membuat tidak adanya udara bertekanan yang masuk ke pneumatic manifold untuk user systems yang dapat mengakibatkan pesawat kembali ke bandara asal sebelum ke bandara tujuan (Return to Base) saat terbang dan tujuan tugas akhir ini untuk menganalisis kegagalan pada sistem Engine Bleed pada pesawat Boeing 737-800/900ER yang mengakibatkan Engine Bleed Trip Off Light Illuminate. Data dianalisis dengan menggunakan diagram fishbone untuk menunjukkan faktor-faktor penyebab Engine Bleed Trip Off Light Illuminate. Pengumpulan data didapatkan dari server maintenance record (e-mro) PT. Batam Aero Technic dan metode observasi langsung dengan terlibat secara langsung dalam proses trouble shooting, diskusi di lapangan dan pergantian komponen. Tindakan pencegahan dilakukan dengan menjalankan pengerjaan Work Order sesuai dengan Maintenance Program sebagai usaha mendeteksi awal tanda-tanda kerusakan pada sistem.
  • Item
    Studi Kasus Lampu FAULT Engine Fire Loop 2A lluminate pada Pesawat ATR 72-500 PK-WFQ
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-07-05) Nathanael, Kevin; Fadilah, Nurul; Dzulfiqar, M. Alif
    Engine Fire Protection System pada pesawat udara dirancang untuk mendeteksi dan mengatasi fire di bagian engine, yang merupakan ancaman serius. Loops merupakan komponen pada Fire Detection System yang berfungsi untuk mendeteksi fire berdasarkan perubahan resistance dan capacitance yang dipengaruhi oleh suhu dari sensing element. Studi kasus dilakukan pada pesawat ATR 72-500 PK-WFQ milik PT. Batam Aero Technic yang menunjukkan lampu FAULT indicator menyala saat replacement engine, mengindikasikan ada kerusakan pada engine fire detection system. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur maintenance yang perlu dilakukan, serta mencari tahu dampak dari engine fire loops yang chafing dan juga mengetahui latar belakang urgensi terkait Engine Fire Protection System. Metode penelitian yang digunakan melibatkan analisis dokumen, wawancara dengan engineer terkait, dan pengamatan langsung terhadap sistem keamanan pesawat. Data yang diperoleh akan dianalisis secara eksperimental untuk memahami faktor penyebab lampu FAULT Engine Fire Loop 2A illuminate serta langkah-langkah perbaikan yang dapat diimplementasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab menyalanya lampu FAULT disebabkan oleh kerusakan pada fire sensing element akibat dari chafing, prosedur perbaikan melibatkan penggantian fire sensing element yang rusak dan pengujian operasional untuk memastikan sistem berfungsi dengan baik. Selain itu penelitian ini juga menekankan pentingnya pemeliharaan berkala untuk mencegah terjadinya false warnings, seperti yang terjadi pada pesawat ATR72-600 milik PNG air dengan registrasi P2-ATB rute dari bandara Kiunga Airport menuju ke bandara Mount Hagen-Kagamuga Airport, yang dapat menyebabkan tindakan darurat yang tidak perlu dan menjaga keamanan penerbangan.