D4 Teknologi Rekayasa Multimedia

Permanent URI for this collectionhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1770

Browse

Search Results

Now showing 1 - 10 of 36
  • Item
    PENERAPAN MOTION GRAPHIC SEBAGAI INOVASI METODE DAKWAH ISLAM DI HANG MEDIA BATAM
    (2025-01-24) Herlambang, Dimas; Harlyan, Gendhy Dwi
    Hang Media merupakan salah satu lembaga dakwah islam yang berada di kota batam. Berdasarkan wawancara peneliti bersama salah-satu pihak hang media menunjukkan bahwa konsep dakwah yang digunakan saat ini masih kurang menarik dan kurang efektif dan membutuhkan transformasi penyampaian dakwah yang lebih kreatif yaitu dengan menerapkan motion graphic. Penelitian ini menggunakan MDLC sebagai metode perancangan motion graphic dan EPIC model untuk analisis tingkat efektifitas produk. Setelah dilakukan alpha testing dan adanya revisi untuk penambahan scene oleh pihak Hang Media maka selanjutnya dilakukan pengujian beta testing dan hasil analisis yang didapatkan dari EPIC rate adalah 4,70 dengan kategori sangat efektif. Distribusi dilakukan dengan menyebarkan produk yang sudah lulus tahap pengujian melalui media sosial Hang Media Batam seperti Youtube dan Instagram.
  • Item
    PERANCANGAN MOTION GRAPHIC TENTANG LAYANAN LAZISNU KOTA BATAM: BAGAIMANA PERSEPSI MASYARAKAT?
    (2025-02-19) Rofiki, Muhammad; Suwarno
    LAZISNU Kota Batam telah melakukan berbagai aktivitas untuk memperkenalkan lembaga mereka kepada masyarakat. Meskipun demikian, upaya yang dilakukan belum cukup. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan jangkauan audiens melalui media sosial dengan memanfaatkan teknik motion graphic. Penelitian ini menggunakan metode villamil molina dalam proses pengembangannya dan menggunakan metode pengukuran EPIC Model untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap penggunaan motion graphic sebagai media promosi layanan Lembaga zakat tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa video pendek berbasis motion graphic berhasil membangun persepsi positif di masyarakat, dengan skor rata rata untuk empati, persuasi, dan dampak berada di atas 4,0 pada rentang skala penilaian
  • Item
    PENGEMBANGAN MEDIA INFORMASI DENGAN PENGGUNAAN VIDEO TENTANG GOOD MANUFACTURING PRACTICE
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-12-13) ADE SYAH PUTRA ADE SYAH PUTRA; Siahaan, A.U.
    Penelitian ini mengembangkan media informasi berbasis video untuk meningkatkan pemahaman karyawan terhadap Good Manufacturing Practice (GMP) di PT Infineon Technologies Batam. Video berdurasi 19 menit 48 detik ini dihasilkan melalui metode pengembangan Villamil-Molina yang mencakup dari lima tahap: Development, Pre-Production, Production, Post-Production, dan Delivery. Efektivitas video diuji menggunakan EPIC Model yang mengukur empat dimensi: Empathy, Persuasion, Impact, dan Communication. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video ini mencapai tingkat efektivitas yang tinggi pada semua dimensi, yaitu Empathy (4,8), Persuasion (4,8), Impact (4,8), dan Communication (4,4), dengan skor rata-rata EPIC Rate sebesar 4,7 menunjukkan bahwa video ini merupakan alat yang sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman dan motivasi karyawan baru mengenai GMP. Penelitian ini menunjukkan bahwa media berbasis video dapat menjadi sarana pelatihan yang menarik dan efisien, khususnya untuk karyawan baru di PT Infineon Technologies Batam.
  • Item
    Analysis of the Application of Spatial Audio in VR Tower Defense Game Rise of Majapahit in Improving Better Sound Localization Ability
    (2024-06-04) Sihotang,Timoty Rafles Pondang;
    irtual reality is a technology that is commonly used in games. To enhance its immersiveness, spatial audio plays a very important role as it can allow players to feel very important as it allows the player to feel the depth and direction of sounds in the game environment. The number of players who still find it difficult to localize the presence of enemies that are visually out of visual sight, making it a little difficult for them to complete the game. This research examines application of spatial audio in the VR game Tower Defense: Rise of Majapahit to improve sound localization capabilities. Using comparative quantitative methodology, this study tested respondents in physical and virtual environments, collecting data through t-tests. in physical and virtual environments, collecting data through independent t-test. Results showed a significant difference in ability to identify the direction of sound, easier virtually than physically, particularly sounds from behind, right, and left. This finding confirms the importance of spatial optimization of audio in VR games to create a more immersive gaming experience. VR games to create a more immersive and realistic gaming experience and realistic play experience. This research provides insights for further development of spatial audio technology, supporting the creation of immersive and satisfying virtual environments for the player.
  • Item
    PERANCANGAN GAME “FIND THE LOST BOROBUDUR” MENGGUNAKAN APLIKASI UNITY 3D UNTUK MENGENAL SEJARAH CANDI BOROBUDUR
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-06-21) Fernando, Dwiky; Riyadi, Agung
    Indonesia memiliki banyak peninggalan bersejarah dan memiliki budaya yang beragam. Salah satu yang diakui sebagai warisan budaya dunia adalah candi Borobudur. Namun saat ini masih ada masyarakat Indonesia yang kurang tertarik untuk belajar atau sekedar mengenal tentang candi Borobudur. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan serta melestarikan sejarah candi Borobudur dengan membuat aplikasi game bertema sejarah candi Borobudur menggunakan Unity 3D. Pada proses pembuatan game, peneliti menerapkan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) versi Luther-Sutopo yang mempunyai 6 tahapan yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Peneliti menerapkan blackbox testing guna melakukan pengujian dan mengidentifikasi fungsionalitas pada game agar sesuai dengan yang diinginkan perancang. Hasil pengujian menggunakan blackbox testing adalah semua sistem berhasil dijalankan dengan baik. Dari perancangan game ini, peneliti berhasil membuat game bergenre adventure menggunakan aplikasi game engine Unity 3D yang dapat memberikan informasi seputar sejarah candi Borobudur kepada pengguna. Dengan game ini diharapkan pengguna dapat mengetahui informasi tentang sejarah candi Borobudur dengan pengalaman bermain game yang menyenangkan.
  • Item
    PERANCANGAN GAME “ FIND THE LOST BOROBUDUR ” MENGGUNAKAN APLIKASI UNITY 3D UNTUK MENGENAL SEJARAH CANDI BOROBUDUR
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-06-21) Fernando, Dwiky; Riyadi, Agung
    Indonesia memiliki banyak peninggalan bersejarah dan memiliki budaya yang beragam. Salah satu yang diakui sebagai warisan budaya dunia adalah candi Borobudur. Namun saat ini masih ada masyarakat Indonesia yang kurang tertarik untuk belajar atau sekedar mengenal tentang candi Borobudur. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan serta melestarikan sejarah candi Borobudur dengan membuat aplikasi game bertema sejarah candi Borobudur menggunakan Unity 3D. Pada proses pembuatan game, peneliti menerapkan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) versi Luther-Sutopo yang mempunyai 6 tahapan yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Peneliti menerapkan blackbox testing guna melakukan pengujian dan mengidentifikasi fungsionalitas pada game agar sesuai dengan yang diinginkan perancang. Hasil pengujian menggunakan blackbox testing adalah semua sistem berhasil dijalankan dengan baik. Dari perancangan game ini, peneliti berhasil membuat game bergenre adventure menggunakan aplikasi game engine Unity 3D yang dapat memberikan informasi seputar sejarah candi Borobudur kepada pengguna. Dengan game ini diharapkan pengguna dapat mengetahui informasi tentang sejarah candi Borobudur dengan pengalaman bermain game yang menyenangkan.
  • Item
    Perancangan dan Analisis Kinerja Web Server di Pusat Data Sistem Teknologi Informasi BP Batam
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-05-07) Ramadhan, Haditia; Siahaan, A.U.
    Pusat Data Sistem Teknologi Informasi (PDSI) BP Batam merupakan salah satu bagian dari BP Batam. Pada instansi tersebut terdapat pendataan pengunjung, pendataan ruangan, pendataan anggota, pendataan kegiatan, dan sebagainya. Namun pada pendataan pengunjung memiliki tempat penyimpanan yang berbeda. Pada meja resepsionis masih menggunakan kertas dan pena untuk mendata pengujungnya. Dan pada lantai 2 menggunakan website yang versi lama untuk mendata pengunjung. Sehingga PDSI BP Batam membuat website dashboard yang belum dihosting dan website data pengunjung terbaru untuk menggantikan yang lama. Oleh karena itu, dirancanglah web server dengan metode Network Development Life Cycle (NDLC) dengan tujuan untuk menghosting kedua website. Web server dapat dikonfigurasi atau dilihat datanya oleh pegawai tertentu. Web server tersebut juga dianalisis performanya menggunakan metode Load testing untuk memastikan bahwa web server mampu menangani beban yang diterima.
  • Item
    Analysis of the Application of Spatial Audio in VR Tower Defense Game Rise of Majapahit in Improving Better Sound Localization Ability
    (2024-06-04)
    Virtual reality is a technology that is commonly used in games. To enhance its immersiveness, spatial audio plays a very important role as it can allow players to feel very important as it allows the player to feel the depth and direction of sounds in the game environment. The number of players who still find it difficult to localize the presence of enemies that are visually out of visual sight, making it a little difficult for them to complete the game. This research examines application of spatial audio in the VR game Tower Defense: Rise of Majapahit to improve sound localization capabilities. Using comparative quantitative methodology, this study tested respondents in physical and virtual environments, collecting data through t-tests. in physical and virtual environments, collecting data through independent t-test. Results showed a significant difference in ability to identify the direction of sound, easier virtually than physically, particularly sounds from behind, right, and left. This finding confirms the importance of spatial optimization of audio in VR games to create a more immersive gaming experience. VR games to create a more immersive and realistic gaming experience and realistic play experience. This research provides insights for further development of spatial audio technology, supporting the creation of immersive and satisfying virtual environments for the player.
  • Item
    Analisa Pengaruh Aplikasi Hafalan Al-Quran Terhadap Motivasi Dengan Model Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ)
    (2024-06-02) Hamidah, Dewi Nurul;
    Indonesia is a country that has the largest Muslim population in the world, but the number of Muslims in Indonesia who memorize the Qur'an is still relatively low. One of the main obstacles faced is the lack of motivation to memorize the Qur'an. An effective approach can help increase motivation to memorize the Qur'an, one of which is application media, considering the use of gadgets in Indonesia continues to increase, so the approach with application media is a potential solution. Through the application, the memorization process can be more interactive by utilizing surprising and delightful techniques. This research is limited to Al-Qur'an Juz 30 which is the final part of the Al-Qur'an. In addition to building an iOS-based application for Qur'an memorization, this study also analyzes the impact of the application on user motivation in the process of memorizing the Qur'an. The process of analyzing the level of user motivation in this study was carried out using the Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) model. The measurement results show the influence between the application and the user's motivation to memorize the Qur'an. The Quran memorization application has an influence of 26.2% on user motivation, while other factors outside the study have an influence of 73.8% on the motivation to memorize the Quran. Therefore, it can be concluded that the Quran memorization application has an influence on user motivation to memorize the Quran.
  • Item
    APLIKASI INVENTORI DAN PENGAMBILAN SUKU CADANG MESIN BERBASIS WEBSITE STUDI KASUS TELEMECANIQUE SENSOR
    (2024) Akbar, Feby Rino; Maria; Maria
    Penelitian ini bertujuan untuk membuat web aplikasi inventori untuk PT Telemecanique Sensor menggunakan Next.js, Node.js, dan SQL Server. Aplikasi ini dirancang untuk mengatasi permasalahan dalam proses pencatatan pengambilan barang dan penjagaan stok barang yang saat ini dihadapi perusahaan. Aplikasi ini akan memungkinkan pengguna untuk mencatat permintaan barang secara online dan menyimpan data penggunaan barang secara otomatis. Selain itu, aplikasi ini akan menampilkan jumlah barang yang tersedia secara real-time. Metodologi pengembangan yang diterapkan adalah model pengembangan waterfall, sementara jenis analisis yang diterapkan adalah SUS (System Usability Scale). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi yang dibuat telah diuji menggunakan SUS dan memperoleh skor akhir 76, Aplikasi tersebut masuk dalam kategori "Baik" dengan nilai antara 68 dan 80,3. Ini membuktikan bahwa fitur aplikasi telah berfungsi dengan baik dan sistem telah berjalan sesuai kebutuhan perusahan.