D4 Administrasi Bisnis Terapan I
Permanent URI for this collectionhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1755
Browse
Item ANALISIS HUBUNGAN JOB AUTONOMY, FEEDBACK DAN EMPOWERING LEADERSHIP TERHADAP INNOVATIVE WORK BEHAVIOR: PERAN RESILIENCE SEBAGAI FAKTOR MEDIASI(2024) Yani, Yunita Risma; Hidayat, HajanThis research study analyses the relationship between job autonomy, feedback, and empowering leadership and innovative work behavior, with resilience as a mediating factor. The objective is to understand how these three variables affect the innovative work behavior of employees in the manufacturing and shipyard sectors in Batam. The research method used is quantitative, with data collected through employee surveys. The collected data were analyzed using Structural Equation Modeling (SEM) to identify the relationships between the variables studied. The study's findings indicate that job autonomy and feedback have a positive and significant relationship with innovative work behavior. However, empowering leadership shows a positive but not significant impact on innovative work behavior. Additionally, resilience is proven to mediate the relationship between job autonomy and empowering leadership with innovative work behavior, but not the relationship between feedback and innovative work behavior. The contribution of this study is to provide insights into the importance of resilience as a mediating factor in enhancing innovative work behavior. This research also highlights the crucial role of job autonomy and feedback in fostering innovative behavior in the workplace. The practical implications of these findings are that organizations can enhance employees' innovative behavior by increasing job autonomy, providing effective feedback, implementing empowering leadership, and developing programs to improve employee resilience.Item Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) Pegawai Negeri Sipil (PNS) Menggunakan Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA) di Pemerintah Kota Batam(Politeknik Negeri Batam, 2024-10-03) Nanda, Lidia; Septiana, MaryaniKemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan manfaat di berbagai industri, termasuk pemerintahan. Sistem Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) Pemerintah Kota Batam yang mengelola data kepegawaian secara terintegrasi. SIMPEG memudahkan akses informasi bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) melalui sistem data berbasis informasi yang terkomputerisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan evaluasi kualitas website SIMPEG berdasarkan Webqual 4.0 sebagai kerangka acuan pengembangan kuesioner dan Importance Performance Analysis (IPA) yang menggunakan analisis GAP dan kuadran Kartesius sebagai alat analisis. Populasi penelitian ini ialah pengguna website SIMPEG Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemerintah Kota Batam. Sampel penelitian ini berjumlah 100 responden. Temuan penelitian menunjukkan bahwa hasil dari situs website SIMPEG terdapat kesenjangan antara kenyataan dan harapan pengguna, dengan nilai GAP analysis secara keseluruhan sebesar -0,72. Meskipun demikian, sejumlah indikator belum memenuhi kepentingan dan harapan pengguna. Menurut hasil Importance Performance Analysis (IPA) 3 indikator berada di kuadran pertama yaitu pernyataan P5,P6 dan P20 yang merupakan prioritas tertinggi dan membutuhkan peningkatan. Terdapat 9 indikator berada dikuadran kedua yaitu pernyataan P1, P4, P10, P11, P12,P14, P15, P18 dan P25 yang kualitasnya sudah sesuai dengan kepentingan dan harapan pengguna. Terdapat 11 indikator di kuadran ketiga yaitu pernyataan P2, P8, P9, P13, P16, P17, P19, P21, P22, P23 dan P24 sesuai berdasarkan kepentingan dan harapan pengguna. Terdapat 2 indikator berada di kuadran keempat yaitu pernyataan P7 dan P3 yang kinerjanya cenderung terlalu tinggi.Item Analisis Nilai Intrinsik Saham Dengan Pendekatan DDM Dan PER Sebagai Dasar Keputusan Investasi(Politeknik Negeri Batam, 2024-07-29) Bangun, Sania Christyn Br; Hendrawan, BambangPenelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif, bertujuan menganalisis nilai intrinsik saham serta memberikan saran keputusan investasi, dengan objek penelitian yaitu perusahaan yang masuk daftar indeks LQ45, menggunakan pendekatan DDM dan PER. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Hasil analisa, yaitu 16 perusahaan berada pada kondisi undervalued. Keputusan investasi yang dapat dipertimbangkan yakni membeli saham tersebut. Sedangkan 1 perusahaan berada pada kondisi overvalued. Sehingga keputusan investasi yang disarankan yaitu menjual saham.Item Analisis Pengaruh Influencer Marketing dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Somethinc di Kota Batam)(2024-08-19) Khairunnisa, Shafa; Sinaga, InggridAbstract: The purpose of this study is to analyze the impact of influencer marketing and online customer reviews on purchase decisions. This research used quantitative method with survey as data collection. The data collection technique uses primary data and secondary data. The population in this study is Somethinc consumers in Batam City. The sample in this study was 140 respondents. The sampling technique used is non-probability sampling using purposive sampling as the sampling technique. The data processing technique is carried out using the help of the SPSS 25 program. The data analysis technique is multiple linear regression analysis. The results of this study show that partially, influencer marketing has a positive and significant impact on purchase decisions and online customer review has a positive and significant impact on purchase decisions. As results of this study also show that simultaneously influencer marketing and online customer reviews has positive and significant impact on purchase decisions. Abstraksi: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh influencer marketing dan online customer review terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini berlokasi di Kota Batam. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Somethinc di Kota Batam. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 140 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu non-probability sampling dengan menggunakan purposive sampling sebagai teknik penarikan sampelnya. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS 25. Teknik analisis data yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial influencer marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa secara simultan influencer marketing dan online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.Item Analisis Pengendalian Internal Atas Persediaan Barang Dagang PT Indomarco Prismatama(Politeknik Negeri Batam, 2023-05-09) Perdana, Gilang; Olifia, JessicaPerdagangan yang dilakukan dalam sebuah perusahaan sangat melekat dengan Manajemen Persediaan. Namun kendala yang tidak dapat dihindari atau dihilangkan adalah pemborosan yang bisa dikatakan sebagai beban. Manajemen persediaan dan juga pengendalian internal memegang peran penting dalam keberhasilan suatu bisnis. Tujuan penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk memahami sistem pengendalian internal gudang yang telah dilakukan selama ini. perusahaan yaitu PT Indomarco Prismatama dan mengetahui sistem yang seharusnya dilakukan sesuai dengan yang telah ditetapkan. Jenis penelitian ini menggunakan data kualitatif yang didapatkan dari wawancara dan beberapa dokumen yang diberikan. Dalam penelitian ini sumber data yang digunakan dalam pengumpulan data mencakup data sekunder dan primer. Hasil penelitian menunjukkan pengendalian internal atas persediaan barang dagang belum berjalan dengan efektif dan efisien dan pencatatan yang masih mengunakan basis manual dan dokumen yang bersifat fisik sehingga mempunyai resiko yang sangat besar dalam hal kecurangan dan kerusakan barang.Item Analisis Viral Marketing dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pelanggan Skintific di Kota Batam)(2024-08-21) Widianingtyas, Hana; Sinaga, Inggrid WahyuniPenelitian ini bermaksud untuk menguji seberapa besar dampak dari viral marketing dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian produk Skintific di Kota Batam dengan menganalisa umpan balik dari 140 orang responden yang telah membeli produk Skintific di Kota Batam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis data regresi linear berganda dan diuji dengan menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa Viral marketing berpengaruh keputusan pembelian secara positif dan signifikan; Celebrity endorser tidak berpengaruh keputusan pembelian secara positif dan signifikan; serta Viral marketing dan Celebrity endorser secara bersama-sama berpengaruh keputusan pembelian.Item FORMULASI STRATEGI BERSAING MELALUI SWOT DAN QSPM PADA LAYANAN PJAP MILIK TAX CENTER POLIBATAM(2024) Putra, Bagas Pratama; Ulfah, MutiaTax Center Polibatam akan segera membentuk unit bisnis bernama Layanan Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP). Layanan ini akan menjadi pusat penyedia layanan edukasi perpajakan pertama di Batam. Sebagai sebuah unit bisnis yang akan dikembangkan kedepannya, perlu kiranya untuk melakukan perancangan strategi bersaing yang tepat agar layanan bisa memenangkan target pasar melalui keunggulan kompetitif yang dimiliki. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang formulasi strategi bersaing pada layanan PJAP milik Tax Center Polibatam melalui SWOT dan QSPM. Penelitian ini menggunakan analisa deskriptif melalui pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan analisis SWOT, matriks IFE dan EFE terbentuk dan mendapatkan skor 2,67 dan 3,08, menempatkan layanan di kuadran II dalam matriks IE.Kemudian, matriks SWOT menghasilkan 3 alternatif strategi yang akan dievaluasi menggunakan matriks QSPM untuk menetapkan formulasi strategi bersaing yang tepat. Sehingga diperolah strategi prioritas berdasarkan analisis adalah meningkatkan brand awareness dengan total STAS sebesar 4,15.Item PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING, HARGA DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI PRODUK ERIGO DI KOTA BATAM(Politeknik Negeri Batam, 2024-07-19) Baihaqi, Ryan Rinaldy; Hendrawan, BambangPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing, harga dan brand image terhadap minat beli produk erigo di Kota Batam. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah masyarakat Kota Batam dengan kriteria memiliki sosial media serta yang pernah membeli produk erigo atau yang mengetahui produk erigo dan jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 385 responden. Teknik yang digunakan adalah accidental sampling melalui penyebaran kuesioner yang diukur menggunakan skala likert. Analisis data dilakukan secara kuantitatif serta analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel social media marketing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli, Sama hal nya dengan variabel harga dan brand image juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli. Selanjutnya, secara simultan variabel social media marketing, harga dan brand image berpengaruh secara bersama-sama terhadap minat beli. Adapun hasil analisis regresi linear berganda atas pengaruh social media marketing, harga dan brand image terhadap minat beli secara simultan adalah 68,5% sedangkan sisanya 31,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Item Perancangan Kanvas Bisnis Sudut Pajak Polibatam Sebagai Layanan Edukasi Perpajakan Berbasis Website(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-26) Saskia, Diva; Ulfah, MutiaSudut Pajak merupakan layanan edukasi perpajakan berbasis website yang akan diluncurkan secara komersial. Sudut Pajak belum memiliki model bisnis yang mampu menggambarkan strategi bisnis untuk dijalankan kedepannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang kanvas bisnis Sudut Pajak sehingga mampu menciptakan strategi bisnis kompetitif dan inovatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik purposive sampling. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terhadap informan internal dan informan eksternal dengan 24 target pasar potensial. Perancangan kanvas bisnis ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan Market Outlook, Four Actions Framework, dan Business Model Canvas untuk meninjau strategi bisnis. Hasil rancangan tersebut dapat dipertimbangkan oleh pihak pengembang Sudut Pajak dalam mengembangkan bisnis. Pihak pengembang juga dapat memperhatikan tantangan yang akan dihadapi, sehingga memudahkan mereka untuk melakukan inovasi agar mampu bersaing dalam industri ini. Strategi bisnis yang diusulkan dalam penelitian ini sebaiknya terus dikembangkan berdasarkan situasi dan keadaan bisnis terkini.Item PERANCANGAN MODEL BISNIS STARTUP LAYANAN PENYEDIA JASA APLIKASI PERPAJAKAN (PJAP) POLIBATAM MELALUI BUSINESS MODEL CANVAS(Politeknik Negeri Batam, 2024) Rahmadani, Ana Fadilah; Ulfah, MutiaPenelitian ini berfokus untuk merancang model bisnis bagi start-up Layanan Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) Polibatam. PJAP Polibatam adalah sebuah startup yang berorientasi pada pendidikan perpajakan dan menciptakan aplikasi pelaporan pajak versi edukasi pertama dan satu-satunya di Indonesia. Sebagai bisnis yang baru, PJAP Polibatam perlu beradaptasi agar dapat bersaing dan berjalan dalam jangka panjang. Oleh karena itu, studi ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang model bisnis startup PJAP Polibatam dengan menggunakan pendekatan Business Model Canvas (BMC). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, data yang diperoleh melalui desk research, validasi pasar, dan wawancara. Kemudian dilakukan analisis SWOT, Four Action Framework, dan analisis Five Forces Porter. Startup PJAP Polibatam memiliki potensi besar dalam mendukung pendidikan perpajakan di Indonesia. Dengan visi dan misi yang kuat, serta dukungan dari pihak terkait, Startup ini memiliki peluang untuk menjadi pelopor dan pemimpin dalam penyedia aplikasi perpajakan versi edukasi alat bantu pembelajaran perpajakan yang inovatif dan efektif. Validasi pasar menunjukkan adanya minat dan kebutuhan institusi pendidikan akan aplikasi perpajakan versi edukasi.Item The Effect of Service Quality and Perceived Ease of Use on Customer Loyalty (Study on Generation X Customers at BRILink Agent Giyanto Sungai Harapan)(Politeknik Negeri Batam, 2024-07-15) Pebriyanto, Ganang Riski; Khusniah, RizaThe dynamics of the changing banking world have prompted Bank BRI to create a new transaction service pattern called BRILink Agent. This service is designed to address the challenges faced by customers requiring extended service hours, those needing access to banking facilities, and those looking to avoid long queues. The research aims to understand how service quality and perceived ease of use affect customer loyalty among Generation X customers at BRILink Agent Giyanto Sungai Harapan. The quantitative study inland involves Generation X customers aged 43 to 53 who use the services at BRILink Agent Giyanto Sungai Harapan. Non-probability sampling with purposive sampling was used to collect data through hybrid questionnaires distributed offline using paper and online via Google Forms. The collected data was analyzed using IBM SPSS Version 20. The research findings indicate that service quality (X1) and perceived ease of use (X2) significantly and positively influence customer loyalty (Y).Item The Influence of Customer Experience, Service Quality and Product Variations on Repurchase Intention in Mixue Ice Cream and Tea Products in Batam City(The International Conference on Applied Economics and Social Science (ICAESS), 2024-07-26) Saputri, Tasya Mochicha; Putri, Ancala LarasThis research aims to analyze and explain the influence of Customer Experience, Service Quality and Product Variation on Repurchase Intention for Mixue Ice Cream & Tea products in Batam City. To explain the position of the variables studied and the relationships between these variables, this research uses a quantitative approach. This research utilized primary data collected from 100 respondents selected using the purposive sampling method. Samples were taken from consumers who had purchased Mixue products at least 5 times in the last 3 months. Using the SmartPLS version 4.0 tool, a data analysis approach was applied to evaluate the research instrument by going through the stages of assessing the outer model, inner model and hypothesis testing. The results of this research show that there is a significant relationship between the influence of customer experience on repurchase intention, service quality has a significant influence on repurchase intention, while product variety does not have a significant influence on repurchase intention. The implications of the results of this research indicate that Mixue outlets, especially those located around Batam City, must maintain good service so that consumers continue to have a positive experience and maintain a strong impression when consumers buy the product again. And there is a need to improve the product variety aspect, namely by promoting with clearer visual communication, product descriptions and sample offers that are easy to understand to help customers understand the product better.