D4 Administrasi Bisnis Terapan I

Permanent URI for this collectionhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1755

Browse

Search Results

Now showing 1 - 10 of 109
  • Item
    The Effect of Service Quality and Perceived Ease of Use on Customer Loyalty (Study on Generation X Customers at BRILink Agent Giyanto Sungai Harapan)
    (Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 2024-07-25) Pebriyanto, Ganang Riski; Khusniah, Riza
    The dynamics of the changing banking world have prompted Bank BRI to create a new transaction service pattern called BRILink Agent. This service is designed to address the challenges faced by customers requiring extended service hours, those needing access to banking facilities, and those looking to avoid long queues. The research aims to understand how service quality and perceived ease of use affect customer loyalty among Generation X customers at BRILink Agent Giyanto Sungai Harapan. The quantitative study inland involves Generation X customers aged 43 to 53 who use the services at BRILink Agent Giyanto Sungai Harapan. Non-probability sampling with purposive sampling was used to collect data through hybrid questionnaires distributed offline using paper and online via Google Forms. The collected data was analyzed using IBM SPSS Version 20. The research findings indicate that service quality (X1) and perceived ease of use (X2) significantly and positively influence customer loyalty (Y).
  • Item
    Dampak Hedonic Shopping Motivation dan Diskon terhadap Pembelian Impuslif dengan Emosi Positif sebagai Variabel Intervening pada E-commerce Shopee di Kota Batam
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-07-18) Samosir, Lestari; Sinaga, Inggrid
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung variabel Hedonic Shopping Motivation dan Diskon terhadap Pembelian Impulsif dengan Emosi Positif sebagai Variabel Intervening. Penulis menggunakan jenis penelitian ini untuk menguji hubungan antara variabel melalui pengujian hipotesis yang berbeda. Penelitian ini juga sesuai untuk meneliti masalah yang telah penulis definisikan, melibatkan populasi yang luas, menguji hubungan antar variabel. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 150 responden. Analisis data menggunakan model persamaan struktural atau Structural Equation Model (SEM) dengan analisis Partial Lease Square (PLS) melalui aplikasi SmartPLS 3.0. Analisis ini menunjukkan hasil bahwa Hedonic Shopping Motivation berdampak secara positif dan signifikan terhadap emosi positif, Diskon berdampak secara positif dan signifikan terhadap Emosi Positif, Hedonic Shopping Motivation tidak berdampak positif dan signifikan terhadap Pembelian Impulsif, Diskon berdampak positif dan signifikan terhadap Pembelian Impulsif, Emosi Positif berdampak positif dan signifikan terhadap Pembelian Impulsif, Hedonic Shopping Motivation berdampak positif dan signifikan terhadap Pembelian Impulsif melalui Emosi Positif, dan Diskon berdampak positif dan signifikan terhadap Pembelian Impulsif melalui Emosi Positif
  • Item
    The Effect of Service Quality and Perceived Ease of Use on Customer Loyalty (Study on Generation X Customers at BRILink Agent Giyanto Sungai Harapan)
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-07-15) Pebriyanto, Ganang Riski; Khusniah, Riza
    The dynamics of the changing banking world have prompted Bank BRI to create a new transaction service pattern called BRILink Agent. This service is designed to address the challenges faced by customers requiring extended service hours, those needing access to banking facilities, and those looking to avoid long queues. The research aims to understand how service quality and perceived ease of use affect customer loyalty among Generation X customers at BRILink Agent Giyanto Sungai Harapan. The quantitative study inland involves Generation X customers aged 43 to 53 who use the services at BRILink Agent Giyanto Sungai Harapan. Non-probability sampling with purposive sampling was used to collect data through hybrid questionnaires distributed offline using paper and online via Google Forms. The collected data was analyzed using IBM SPSS Version 20. The research findings indicate that service quality (X1) and perceived ease of use (X2) significantly and positively influence customer loyalty (Y).
  • Item
    Faktor-Faktor Psikologis yang Mempengaruhi Niat Beli Kendaraan Listrik Masyarakat Kota Batam
    (2024-07-25) Lintang,May; Hidayat,Hajan
    Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris peran penting faktor-faktor psikologi yaitu resistensi terhadap perubahan dan kebutuhan akan keunikan terhadap niat membeli kendaraan listrik dan juga peran nilai yang dirasakan atau norma pribadi terhadap niat membeli kendaraan listrik. Penelitian ini juga sesuai untuk meneliti masalah yang telah penulis definisikan, melibatkan populasi yang luas, menguji hubungan antar variabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif untuk mengetahui gambaran umum pendapat atau tanggapan responden, dengan metode kuantitatif dengan melalui survei. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 150 responden. Analisis data menggunakan model persamaan struktural atau Structural Equation Model (SEM) dengan analisis Partial Lease Square (PLS) melalui aplikasi SmartPLS 3.0. Analisis ini menunjukkan hasil bahwa Willingness to Pay secara langsung memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention kendaraan listrik, Resistance to Change secara tidak langsung memiliki pengaruh yang signifikan terhadap willingness to pay kendaraan listrik, Resistance to change secara langsung memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention kendaraan listrik, Need for uniqueness secara langsung memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap willingness to pay kendaraan listrik, Need for uniqueness secara tidak langsung memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention kendaraan listrik, Environmental concern secara tidak langsung memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap willingness to pay kendaraan listrik, Environmental concern secara tidak langsung memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention kendaraan listrik, Perceived trust in ev’s secara tidak langsung memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap willingness to pay, Perceived trust in ev’s secara tidak langsung memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention, Personal norms secara tidak langsung memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention, Perceived value secara langsung memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap willingness to pay, Perceived value secara tidak langsung memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention.
  • Item
    Pengaruh Konflik Peran Ganda (Work Family Conflict) terhadap Kinerja Karyawan Perempuan melalui Stres Kerja sebagai Variabel Intervening pada Section Production dan Quality di PT XYZ
    (2024-07-17) Sharfina, Dini; Puspitasari, Ayu
    Penelitian yang dilaksanakan saat ini mempunyai tujuan untuk menguji apakah ada pengaruh pada variabel stres kerja serta kinerja karyawan apakah stres kerja dapat memediasi konflik peran ganda terhadap kinerja karyawan perempuan. Analisis yang dipakai pada penelitian ini memakai analisis kuantitatif deskriptif. Penelitian ini memakai sampel sebanyak 75 responden karyawan wanita yang berasal dari section production dan quality di PT XYZ. Pengolahan data pada penelitian ini memakai aplikasi analisis data statistik yakni IBM SPSS Statistic Versi 26. Pengujian hipotesis dan pengaruh pada penelitian ini juga memakai path analysis dan variabel intervening. Hasil yang didapatkan ialah konflik peran ganda tidak menyumbang pengaruh significant terhadap kinerja karyawan. Untuk variabel konflik peran ganda terhadap stres kerja serta variabel stres kerja terhadap kinerja karyawan menyumbang pengaruh significant. Diketahui pula bahwa variabel stres kerja memediasi hubungan pada variabel konflik peran ganda pada variabel kinerja karyawan.
  • Item
    Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening di Perum BULOG Kantor Cabang Batam
    (2024-07-29) Haque,Imada; Puspitasari,Ayu
    Di Perum BULOG Kantor Cabang Batam, penelitian ini mencoba mengetahui dampak dari kompensasi dan gaya kepemimpinan transformasional terhadap motivasi sebagai variabel intervening dan kinerja karyawan menggunakan analisis regresi linier berganda secara kuantitatif. Sebanyak 44 respoden ikut serta pada penelitian ini sebagai responden. Kuesioner yang berisikan 23 pernyataan menjadi alat untuk mengumpulkan data. Menurut temuan, kinerja karyawan berkorelasi positif namun tidak signifikan terhadap kompensasi dan gaya kepemimpinan transformasional, tetapi dipengaruhi secara signifikan jika faktor motivasi diperhitungkan. Kinerja karyawan berkorelasi positif serta signifikan kepada motivasi. Motivasi berkorelasi positif serta signifikan pada karakteristik kompensasi dan gaya kepemimpinan tranformasional.
  • Item
    Analisis Pengaruh Budaya Kaizen, Pelatihan Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT Sanipak
    (2024-07-25) Simaremare, chelsea anggi; Olifia, jesicca
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Budaya Kaizen, Pelatihan Kerja, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan di PT Sanipak. Sanipak adalah sebuah perusahaan manufaktur yang bergerak dalam pengolahan sampah plastik dan makanan. Meskipun perusahaan ini memiliki reputasi yang baik dan cakupan bisnis yang luas, masih terdapat permasalahan internal seperti kesalahan kerja yang meningkatkan barang reject, kurangnya pelatihan kerja, dan risiko kecelakaan kerja akibat kelalaian karyawan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik dari masing-masing variabel yang terkait dengan fenomena dalam suatu populasi, serta mencari hubungan antara berbagai variabel yang berbeda. Variabel yang diteliti meliputi Budaya Kaizen (X1), Pelatihan Kerja (X2), Disiplin Kerja (X3), dan Kinerja Karyawan (Y). Penelitian dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada seluruh karyawan PT Sanipak dan analisis dokumen yang diperoleh dari perusahaan. Oleh karena itu, diharapkan bahwa penelitian ini akan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pengaruh variabel Budaya Kaizen, Pelatihan Kerja, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan di PT Sanipak.
  • Item
    Pengaruh Social Media Marketing Campaign pada TikTok dan Instagram terhadap pengambilan keputusan pembelian produk Camille Beauty
    (2024-07-25) Silaban, Lewi Theresia; Sari, Desi Ratna
    Camille Beauty adalah merek kecantikan lokal yang memproduksi Masker Organik (Strawberry, Kopi, Greantea, Lemon, Susu, Coklat) Skincare (Beauty charge facial wash, Me with you toner, Say glowry moisturizer, Happy joy serum, Moon night cream, Sunny day cream dan little pop facemist) dan Body care (Bodyscrub). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh social media marketing campaign TikTok dan Instagram terhadap keputusan pembelian di Camille Beauty. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner kepada 300 responden. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Metode pengolahan data yang digunakan adalah metode Regresi Linier Berganda. Semua hipotesis yang didukung dan signifikan. Hasil dari penelitian ini adalah pengaruh Social media marketing campaign pada TikTok dan Instagram berpengaruh signifikan dan positif terhadap pengambilan keputusan pembelian produk camille beauty.
  • Item
    Analysis of Factors Causing Production Defects using the Six Sigma Method and Statistical Process Control in PT Daiho Indonesia
    (2024-08-02) Ayuni, Fitri; Harlan, Fandy Bestario
    The problem that often occurs in manufacturing companies in Indonesia is product defects. To achieve high-quality standards and meet standards, it is necessary to identify problems that cause defects in a product so that appropriate solutions or actions can be found to overcome these problems. This research is used to analyze production defect factors and how to resolve them using Six Sigma, which consists of the Define, Measure, Analyze, Improve, Control process, which can make it easier to solve problems and determine the sigma level before and after taking corrective action. In this research, researchers also used Statistical Process Control Tools (SPC), which were used to control, analyze, manage, and make improvements. Based on the results of the analysis, production defects are caused by human factors, materials, methods, machines, and molds. The results of research using the Six Sigma method and Statistical Process Control Tools (SPC) can increase the sigma value to 4.68 (5-sigma) and reduce the percentage of defects by 0.47%.