D4 Administrasi Bisnis Terapan I
Permanent URI for this collectionhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1755
Browse
13 results
Search Results
Item The Effect of Service Quality and Perceived Ease of Use on Customer Loyalty (Study on Generation X Customers at BRILink Agent Giyanto Sungai Harapan)(Politeknik Negeri Batam, 2024-07-15) Pebriyanto, Ganang Riski; Khusniah, RizaThe dynamics of the changing banking world have prompted Bank BRI to create a new transaction service pattern called BRILink Agent. This service is designed to address the challenges faced by customers requiring extended service hours, those needing access to banking facilities, and those looking to avoid long queues. The research aims to understand how service quality and perceived ease of use affect customer loyalty among Generation X customers at BRILink Agent Giyanto Sungai Harapan. The quantitative study inland involves Generation X customers aged 43 to 53 who use the services at BRILink Agent Giyanto Sungai Harapan. Non-probability sampling with purposive sampling was used to collect data through hybrid questionnaires distributed offline using paper and online via Google Forms. The collected data was analyzed using IBM SPSS Version 20. The research findings indicate that service quality (X1) and perceived ease of use (X2) significantly and positively influence customer loyalty (Y).Item PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING, HARGA DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI PRODUK ERIGO DI KOTA BATAM(Politeknik Negeri Batam, 2024-07-19) Baihaqi, Ryan Rinaldy; Hendrawan, BambangPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing, harga dan brand image terhadap minat beli produk erigo di Kota Batam. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah masyarakat Kota Batam dengan kriteria memiliki sosial media serta yang pernah membeli produk erigo atau yang mengetahui produk erigo dan jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 385 responden. Teknik yang digunakan adalah accidental sampling melalui penyebaran kuesioner yang diukur menggunakan skala likert. Analisis data dilakukan secara kuantitatif serta analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel social media marketing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli, Sama hal nya dengan variabel harga dan brand image juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli. Selanjutnya, secara simultan variabel social media marketing, harga dan brand image berpengaruh secara bersama-sama terhadap minat beli. Adapun hasil analisis regresi linear berganda atas pengaruh social media marketing, harga dan brand image terhadap minat beli secara simultan adalah 68,5% sedangkan sisanya 31,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Item Analisis Pengendalian Internal Atas Persediaan Barang Dagang PT Indomarco Prismatama(Politeknik Negeri Batam, 2023-05-09) Perdana, Gilang; Olifia, JessicaPerdagangan yang dilakukan dalam sebuah perusahaan sangat melekat dengan Manajemen Persediaan. Namun kendala yang tidak dapat dihindari atau dihilangkan adalah pemborosan yang bisa dikatakan sebagai beban. Manajemen persediaan dan juga pengendalian internal memegang peran penting dalam keberhasilan suatu bisnis. Tujuan penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk memahami sistem pengendalian internal gudang yang telah dilakukan selama ini. perusahaan yaitu PT Indomarco Prismatama dan mengetahui sistem yang seharusnya dilakukan sesuai dengan yang telah ditetapkan. Jenis penelitian ini menggunakan data kualitatif yang didapatkan dari wawancara dan beberapa dokumen yang diberikan. Dalam penelitian ini sumber data yang digunakan dalam pengumpulan data mencakup data sekunder dan primer. Hasil penelitian menunjukkan pengendalian internal atas persediaan barang dagang belum berjalan dengan efektif dan efisien dan pencatatan yang masih mengunakan basis manual dan dokumen yang bersifat fisik sehingga mempunyai resiko yang sangat besar dalam hal kecurangan dan kerusakan barang.Item Perancangan Kanvas Bisnis Sudut Pajak Polibatam Sebagai Layanan Edukasi Perpajakan Berbasis Website(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-26) Saskia, Diva; Ulfah, MutiaSudut Pajak merupakan layanan edukasi perpajakan berbasis website yang akan diluncurkan secara komersial. Sudut Pajak belum memiliki model bisnis yang mampu menggambarkan strategi bisnis untuk dijalankan kedepannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang kanvas bisnis Sudut Pajak sehingga mampu menciptakan strategi bisnis kompetitif dan inovatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik purposive sampling. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terhadap informan internal dan informan eksternal dengan 24 target pasar potensial. Perancangan kanvas bisnis ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan Market Outlook, Four Actions Framework, dan Business Model Canvas untuk meninjau strategi bisnis. Hasil rancangan tersebut dapat dipertimbangkan oleh pihak pengembang Sudut Pajak dalam mengembangkan bisnis. Pihak pengembang juga dapat memperhatikan tantangan yang akan dihadapi, sehingga memudahkan mereka untuk melakukan inovasi agar mampu bersaing dalam industri ini. Strategi bisnis yang diusulkan dalam penelitian ini sebaiknya terus dikembangkan berdasarkan situasi dan keadaan bisnis terkini.Item Analisis Viral Marketing dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pelanggan Skintific di Kota Batam)(2024-08-21) Widianingtyas, Hana; Sinaga, Inggrid WahyuniPenelitian ini bermaksud untuk menguji seberapa besar dampak dari viral marketing dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian produk Skintific di Kota Batam dengan menganalisa umpan balik dari 140 orang responden yang telah membeli produk Skintific di Kota Batam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis data regresi linear berganda dan diuji dengan menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa Viral marketing berpengaruh keputusan pembelian secara positif dan signifikan; Celebrity endorser tidak berpengaruh keputusan pembelian secara positif dan signifikan; serta Viral marketing dan Celebrity endorser secara bersama-sama berpengaruh keputusan pembelian.Item PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP GREEN BRAND IMAGE DAN PURCHASE DECISION PELANGGAN PADA FORE COFFEE DI KOTA BATAM(2024-07-29) Yemima, Gracy; Puspitasari, AyuSampah plastik yang ada di lingkungan menyebabkan kerusakan yang serius terhadap lingkungan. Keadaan ini meningkatkan preferensi pembeli dengan produk yang ramah lingkungan. Oleh karena itu, dunia bisnis perlu mengadopsi green marketing yang merupakan strategi pemasaran baru. Green Marketing memberikan keunggulan kompetitif bagi pelaku bisnis untuk meningkatkan citra positifnya di mata konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Green Marketing, Green Brand Image, dan Purchase Decision pelanggan pada Fore Coffee di Kota Batam. Penelitian ini melibatkan 130 konsumen yang pernah membeli produk Fore Coffee di Kota Batam. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur dengan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Green Marketing berpengaruh langsung terhadap Green Brand Image, Green Marketing berpengaruh langsung terhadap Purchase Decision, Green Brand Image berpengaruh langsung terhadap Purchase Decision, dan Green Marketing berpengaruh langsung terhadap Purchase Decision pengaruh tidak langsung terhadap keputusan pembelian Melalui Green Brand Image.Item Analisis Pengaruh Influencer Marketing dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Somethinc di Kota Batam)(2024-08-19) Khairunnisa, Shafa; Sinaga, InggridAbstract: The purpose of this study is to analyze the impact of influencer marketing and online customer reviews on purchase decisions. This research used quantitative method with survey as data collection. The data collection technique uses primary data and secondary data. The population in this study is Somethinc consumers in Batam City. The sample in this study was 140 respondents. The sampling technique used is non-probability sampling using purposive sampling as the sampling technique. The data processing technique is carried out using the help of the SPSS 25 program. The data analysis technique is multiple linear regression analysis. The results of this study show that partially, influencer marketing has a positive and significant impact on purchase decisions and online customer review has a positive and significant impact on purchase decisions. As results of this study also show that simultaneously influencer marketing and online customer reviews has positive and significant impact on purchase decisions. Abstraksi: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh influencer marketing dan online customer review terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini berlokasi di Kota Batam. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Somethinc di Kota Batam. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 140 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu non-probability sampling dengan menggunakan purposive sampling sebagai teknik penarikan sampelnya. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS 25. Teknik analisis data yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial influencer marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa secara simultan influencer marketing dan online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.Item ANALISIS HUBUNGAN JOB AUTONOMY, FEEDBACK DAN EMPOWERING LEADERSHIP TERHADAP INNOVATIVE WORK BEHAVIOR: PERAN RESILIENCE SEBAGAI FAKTOR MEDIASI(2024) Yani, Yunita Risma; Hidayat, HajanThis research study analyses the relationship between job autonomy, feedback, and empowering leadership and innovative work behavior, with resilience as a mediating factor. The objective is to understand how these three variables affect the innovative work behavior of employees in the manufacturing and shipyard sectors in Batam. The research method used is quantitative, with data collected through employee surveys. The collected data were analyzed using Structural Equation Modeling (SEM) to identify the relationships between the variables studied. The study's findings indicate that job autonomy and feedback have a positive and significant relationship with innovative work behavior. However, empowering leadership shows a positive but not significant impact on innovative work behavior. Additionally, resilience is proven to mediate the relationship between job autonomy and empowering leadership with innovative work behavior, but not the relationship between feedback and innovative work behavior. The contribution of this study is to provide insights into the importance of resilience as a mediating factor in enhancing innovative work behavior. This research also highlights the crucial role of job autonomy and feedback in fostering innovative behavior in the workplace. The practical implications of these findings are that organizations can enhance employees' innovative behavior by increasing job autonomy, providing effective feedback, implementing empowering leadership, and developing programs to improve employee resilience.Item FORMULASI STRATEGI BERSAING MELALUI SWOT DAN QSPM PADA LAYANAN PJAP MILIK TAX CENTER POLIBATAM(2024) Putra, Bagas Pratama; Ulfah, MutiaTax Center Polibatam akan segera membentuk unit bisnis bernama Layanan Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP). Layanan ini akan menjadi pusat penyedia layanan edukasi perpajakan pertama di Batam. Sebagai sebuah unit bisnis yang akan dikembangkan kedepannya, perlu kiranya untuk melakukan perancangan strategi bersaing yang tepat agar layanan bisa memenangkan target pasar melalui keunggulan kompetitif yang dimiliki. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang formulasi strategi bersaing pada layanan PJAP milik Tax Center Polibatam melalui SWOT dan QSPM. Penelitian ini menggunakan analisa deskriptif melalui pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan analisis SWOT, matriks IFE dan EFE terbentuk dan mendapatkan skor 2,67 dan 3,08, menempatkan layanan di kuadran II dalam matriks IE.Kemudian, matriks SWOT menghasilkan 3 alternatif strategi yang akan dievaluasi menggunakan matriks QSPM untuk menetapkan formulasi strategi bersaing yang tepat. Sehingga diperolah strategi prioritas berdasarkan analisis adalah meningkatkan brand awareness dengan total STAS sebesar 4,15.Item Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) Pegawai Negeri Sipil (PNS) Menggunakan Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA) di Pemerintah Kota Batam(Politeknik Negeri Batam, 2024-10-03) Nanda, Lidia; Septiana, MaryaniKemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan manfaat di berbagai industri, termasuk pemerintahan. Sistem Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) Pemerintah Kota Batam yang mengelola data kepegawaian secara terintegrasi. SIMPEG memudahkan akses informasi bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) melalui sistem data berbasis informasi yang terkomputerisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan evaluasi kualitas website SIMPEG berdasarkan Webqual 4.0 sebagai kerangka acuan pengembangan kuesioner dan Importance Performance Analysis (IPA) yang menggunakan analisis GAP dan kuadran Kartesius sebagai alat analisis. Populasi penelitian ini ialah pengguna website SIMPEG Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemerintah Kota Batam. Sampel penelitian ini berjumlah 100 responden. Temuan penelitian menunjukkan bahwa hasil dari situs website SIMPEG terdapat kesenjangan antara kenyataan dan harapan pengguna, dengan nilai GAP analysis secara keseluruhan sebesar -0,72. Meskipun demikian, sejumlah indikator belum memenuhi kepentingan dan harapan pengguna. Menurut hasil Importance Performance Analysis (IPA) 3 indikator berada di kuadran pertama yaitu pernyataan P5,P6 dan P20 yang merupakan prioritas tertinggi dan membutuhkan peningkatan. Terdapat 9 indikator berada dikuadran kedua yaitu pernyataan P1, P4, P10, P11, P12,P14, P15, P18 dan P25 yang kualitasnya sudah sesuai dengan kepentingan dan harapan pengguna. Terdapat 11 indikator di kuadran ketiga yaitu pernyataan P2, P8, P9, P13, P16, P17, P19, P21, P22, P23 dan P24 sesuai berdasarkan kepentingan dan harapan pengguna. Terdapat 2 indikator berada di kuadran keempat yaitu pernyataan P7 dan P3 yang kinerjanya cenderung terlalu tinggi.