D4 Akuntansi Manajerial
Permanent URI for this collectionhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1754
Browse
Item EVALUASI APLIKASI PENCATATAN DAN PEMBUKUAN PADA UMKM MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE(Journal of Applied Business Administration, 2024-03-28) Dewi, Citra; Anggraini, Ria; Darmawan, ArifUsability is an important factor in an application. Currently, Business Management Department of Batam State Polytechnic has developed Bizpos application as a solution to meet the technological needs of recording and bookkeeping of MSMEs through Project Based Learning (PBL) program. This research aims to evaluate the usability level of the Bizpos application using the System Usability Scale technique to assess the feasibility of using the application. The research method used is descriptive qualitative. The research data was collected through a survey to active users of the Bizpos application who came from MSMEs. Data analysis was carried out using descriptive analysis. The evaluation results show that most respondents are able to utilize the application well, as seen from the average value of each statement which is more than 3. In addition, the Bizpos application is also considered acceptable with the "acceptable" category based on the grade scale "B" and reaches an "excellent" rating with a final value of 82.3.Item EVALUASI APLIKASI PENCATATAN DAN PEMBUKUAN PADA UMKM MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE(Journal of Applied Business Administration, 2024-03-28) Awaliya, Qori Afifah Nur; Anggraini, RiaThis study employs a descriptive qualitative approach to evaluate the usability of the Bizpos application, developed by the Business Management Department of Batam State Polytechnic to address the technological needs of Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs). Conducted as part of the Project Based Learning (PBL) program from November 2022 to June 2023, the research targeted active Bizpos users from micro and small businesses in Batam City. Data collection involved a survey technique utilizing the System Usability Scale (SUS) instrument, supplemented with suggestion items, with 10 selected respondents. Analysis was carried out descriptively, aided by descriptive and narrative techniques. Findings indicate proficient application utilization among respondents, with average scores exceeding 3 for each statement. The Bizpos application attained an "acceptable" rating on the "B" grade scale, with a final rating of 82.25, denoting "excellent" usability. These results underscore the Bizpos application's effectiveness in addressing MSMEs' technological requirements and highlight avenues for refinement and broader deployment.Item Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Sikap Mahasiswa terhadap Niat Menggunakan ChatGPT dalam Menunjang Proses Pembelajaran: Teori TAM (Studi Kasus Mahasiswa Politeknik Negeri Batam)(Politeknik Negeri Batam, 2024-07-09) Nuraeni, Ika; Slamet, Muhammad RamadhanPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-fakor yang mempengaruhi sikap mahasiswa terhadap niat menggunakan ChatGPT untuk menunjang proses pembelajaran pada studi kasus mahasiswa Politeknik Negeri Batam berdasarkan teori TAM. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 126 responden yang merupakan mahasiswa prodi Akuntansi Manajerial angkatan 2020 yang masih aktif pada tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Analisis data dilakukan menggunakan PLS-SEM dengan bantuan program akuntansi SmartPLS Versi 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua faktor yang dihipotesiskan berpengaruh signifikan terhadap sikap dan niat mahasiswa menggunakan ChatGPT dalam menunjang proses pembelajaran. Dari keenam hipotesis yang diajukan, terdapat 3 (tiga) hipotesis yang diterima yaitu H2, H5, dan H6, serta 3 (tiga) hipotesis yang ditolak yaitu H1, H3, dan H4. Meskipun demikian, kemudahan dan motivasi hedonis memiliki pengaruh positif yang dominan. Hal ini konsisten dengan teori TAM yang menekankan pentingnya kemudahan dan motivasi dalam adopsi teknologi.Item Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Sikap Mahasiswa terhadap Niat Menggunakan ChatGPT dalam Menunjang Proses Pembelajaran: Teori TAM (Studi Kasus Mahasiswa Politeknik Negeri Batam)(Politeknik Negeri Batam, 2024-07-09) Nuraeni, Ika; Slamet, Muhammad RamadhanPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-fakor yang mempengaruhi sikap mahasiswa terhadap niat menggunakan ChatGPT untuk menunjang proses pembelajaran pada studi kasus mahasiswa Politeknik Negeri Batam berdasarkan teori TAM. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 126 responden yang merupakan mahasiswa prodi Akuntansi Manajerial angkatan 2020 yang masih aktif pada tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Analisis data dilakukan menggunakan PLS-SEM dengan bantuan program akuntansi SmartPLS Versi 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua faktor yang dihipotesiskan berpengaruh signifikan terhadap sikap dan niat mahasiswa menggunakan ChatGPT dalam menunjang proses pembelajaran. Dari keenam hipotesis yang diajukan, terdapat 3 (tiga) hipotesis yang diterima yaitu H2, H5, dan H6, serta 3 (tiga) hipotesis yang ditolak yaitu H1, H3, dan H4. Meskipun demikian, kemudahan dan motivasi hedonis memiliki pengaruh positif yang dominan. Hal ini konsisten dengan teori TAM yang menekankan pentingnya kemudahan dan motivasi dalam adopsi teknologi.Item PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR, KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN AUDITING(2024-07-02) IRIANTO, DANAR; IRSUTAMI; PUTRI, FRESHTY NOZA ANGRAINI; Irianto, DanarTujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model Project Based Learning guna meningkatkan kreativitas, motivasi belajar, serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran Auditing. Subyek penelitian terdiri dari 66 mahasiswa Program Studi Akuntansi dan Akuntansi Manajerial. Metode penelitian eksperimen menggunakan desain nonequivalent control group digunakan untuk eksperimen ini. Data dikumpulkan melalui post-test, pre-test, dan kuesioner. Hasil penelitian menjelaskan: (1) Adanya perbedaan kreativitas siswa antara kelompok kontrol serta kelompok eksperimen menurut analisis Mann-Whitney U; (2) Adanya perbedaan motivasi belajar siswa antara kelompok kontrol serta kelompok eksperimen menurut analisis Mann-Whitney U; (3) Efektifitas model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan analisis Paired Sample T-Test; (4) Model pembelajaran Project Based Learning terbukti lebih efektif untuk meningkatkan kreativitas, motivasi belajar, serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran Auditing berdasarkan analisis Independent Sample T-Test.Item Pengaruh Keamanan, Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Nasabah.(2024-07-30) Muhammad, Zaidi; Sabrina, NovaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Keamanan, Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Nasabah. Untuk mendapatkan sampel yang mewakili penelitian ini dilakukan dengan metode convenience sampling dengan jumlah responden sebanyak 15 orang yang merupakan para pegawai serta nasabah Bank Syariah Indonesia itu sendiri. Pengumpulan data primer diperoleh melalui proses observasi dan wawancara dengan mengajukan beberapa pertanyaan secara langsung terhadap informan. Data dianalisis dengan dibagi menjadi pemilihan dan peneyederhanaan, Triangulasi, analisis, dan penarikan kesimpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasannya kepuasan nasabah terhadap keamanan, kualitas produk dan kualitas pelayanan sangat berpengaruh terhadapa loyalitas nasabah pada Bank Syariah Indonesia.Item Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Properti dan Real Estate(2024-07-02) Sari, Dewi Atika; Irianto, DanarPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh dari perputaran kas, perputaran piutang dan perputaran persediaan terhadap profitabilitas pada perusahaan properti dan real estate periode 2015-2019. Variabel pada penelitian ini meliputi variabel independen yaitu perputaran kas, perputaran piutang, perputaran persediaan dan variabel dependennya seperti profitabilitas (return on asset). Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif serta kajian literatur. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 39 perusahaan selama periode 5 tahun makanya dihasilkan sampel sebanyak 195.Item Pengaruh Tingkat Suku Bunga Deposito Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Nasabah(Politeknik Negeri Batam, 2024-09-17) Samuel, Kelvin; Nova, SabrinaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat suku bunga deposito dan kualitas pelayanan terhadap kepuasaan nasabah di PT BPR Dana Nusantara Kepulauan Riau. Penelitian ini menggunakan data primer dengan pengumpulan datanya menggunakan kuesioner. Populasi yang digunakan adalah nasabah BPR Dana Nusantara yang berjumlah 80 nasabah. Hasil dari ujit t dan uji f menunjukkan bahwa tingkat suku bunga deposito dan kualitas pelayanan berpengaruh secara signifkan terhadap kepuasaan nasabah.Item Persepsi Kepuasan Mahasiswa Dalam Pembelajaran Mempersiapkan Uji Sertifikasi Kompetensi ERP(Politeknik Negeri Batam, 2024) Amanatullah, Affira Afri; Slamet, Muhammad RamadhanTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh student, motivation, perceived instructor support, dan system quality terhadap student satisfaction dalam pembelajaran mempersiapkan uji kompetensi di Politeknik Negeri Batam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Akuntansi Manajerial Politeknik Negeri Batam angkatan 2020 yang telah mendapatkan mata kuliah SAP Fundamental dan ditangani oleh asisten dosen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan alat uji statistik SPSS versi 26. Hasil penelitian pada seluruh variabel independen yaitu student motivation dan system quality menunjukkan bahwa hasil tersebut mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap student satisfaction sebagai variabel dependen, namun untuk variabel perceived instructor support yang menunjukkan bahwa hasilnya tidak memberikan pengaruh yang signifikan. Berdasarkan temuan dari penelitian ini, saran untuk penelitian selanjutnya adalah menambahkan variabel yang tidak dijelaskan pada penelitian ini dan memperluas sampel penelitian.