D3 Akuntansi
Permanent URI for this collectionhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1753
Browse
Item Evaluasi Efektivitas Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Samsat Batam Centre(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-10) Siregar, Nurhayati; Darmawan, ArifProgram pemutihan pajak kendaraan bermotor merupakan salah satu inisiatif pemerintah untuk mendorong kepatuhan pajak masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas program pemutihan pajak kendaraan bermotor yang dilaksanakan di Kantor SAMSAT Batam Centre pada tahun 2022-2023. Data yang diperoleh didapatkan dari staf bagian UPTD PPD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pemutihan pajak kendaraan bermotor di Kantor SAMSAT Batam Centre sudah efektif dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Tingkat partisipasi masyarakat cukup tinggi dalam memanfaatkan program pemutihan, namun perlu dilakukan evaluasi kembali apakah di tahun 2024 masih efektif jika dilaksanakan kembali program pemutihan tersebut.Item EVALUASI PENERAPAN PROSEDUR PEMELIHARAAN AIR BAKU KOTA BATAM(POLITEKNIK NEGERI BATAM, 2024-06-26) BR Situmorang, Ruth Tasya; Amalia, DiahBerdasarkan standar operasional prosedur, pemeliharaan rutin harus dilakukan setiap minggu dan sebulan sekali, termasuk pemeriksaan bak katup, bangunan, dan alat ukur aliran. Namun, informasi yang diperoleh menunjukkan bahwa kegiatan pemeliharaan air baku tidak dilakukan sesuai prosedur yang ditetapkan, seperti yang tercermin dalam laporan pemeliharaan bulanan. Ketidakpatuhan terhadap prosedur ini berdampak negatif pada kualitas air baku, administrasi, dan pelayanan masyarakat. Oleh karena itu, evaluasi terhadap prosedur pemeliharaan air baku menjadi krusial untuk memastikan efektivitas dan keberlanjutan sistem pengelolaan air. Evaluasi Penerapan Prosedur Pemeliharaan Air Baku Kota Batam bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan prosedur pemeliharaan air baku, mengidentifikasi penyimpangan dari standar operasional prosedur, dan memberikan rekomendasi untuk perbaikan guna memastikan kualitas air baku yang optimal dan pelayanan yang berkelanjutan.Item Evaluasi Prosedur Alur Pelayanan Kesehatan di Klinik PT Mcdermott(2024-06-28) Suryandari, Shinta; Hasanah, AfriyantiBerdasarkan observasi yang telah penulis lakukan terkait kepatuhan pelayanan Perusahaan terhadap peraturan atau SOP mengenai pelayanan kesehatan yang berlaku di klinik PT Mcdermott yang bertujuan untuk menilai tingkat kepatuhan prosedur pelayanan di klinik PT Mcdermott menyimpulkan bahwa petugas perusahaan klinik PT Mcdermott telah melaksanakan prosedur pelayanan klinik dengan patuh dan sesuai, terbukti dalam observasi dan bukti observasi. Namun dalam observasi terdapat beberapa permasalahan yaitu waktu tunggu pelayanan lebih dari 2 jam, hilangnya/tercecernya form pendaftaran(medical report), jadwal dokter yang bertabrakan dan dokter yang praktek hanya sedikit sehingga proses pelayanan kesehatan di klinik PT Mcdermott di hari-hari tertentu menjadi terhambat. Sehingga menurut penulis perlu adanya evaluasi dan peningkatan kepatuhan unit dalam menjalankan pelayanan di klinik PT Mcdermott yaitu dengan mengubah nomor antrian manual menjadi online, mendahuluan pasien karyawan dikarenakan memiliki gatepass permitt hanya maximal 2 jam serta membuat jadwal dokter secara rotasi dengan lebih terstruktur.Item EVALUASI PROSEDUR PENERIMAAN BARANG MASUK DAN PENGELUARAN STOCK BARANG UNTUK PERSELISIHAN JUMLAH STOCK(POLITEKNIK NEGERI BATAM, 2024-07-01) Aritonang Yohana; TIARAProsedur yang baik sangat penting dalam menjaga aset perusahaan dari risiko penipuan, pemborosan, dan kecurangan baik dari pihak internal maupun eksternal. Khususnya dalam pengelolaan persediaan, pemisahan fungsi antara penerimaan dan pengeluaran barang sangat krusial. Penerimaan barang adalah proses memeriksa dan mengakui barang yang dikirim oleh vendor sesuai dengan Purchase Order (PO), sedangkan pengeluaran barang melibatkan pemotongan jumlah stok fisik dari gudang untuk kebutuhan operasional. Permasalahan ini terjadi karena SOP yang tidak diikuti dengan benar, seperti ketidakcocokan pencatatan penerimaan dan pengeluaran barang, serta kegagalan dalam memeriksa kesalahan sistem. Masalah ini memperburuk kondisi, menyebabkan kesulitan dalam mencari barang, kemungkinan kehilangan barang, dan dampak negatif pada profit perusahaan. Berdasarkan informasi yang diterima, permasalahan utama meliputi: tidak adanya cek ulang stok barang di gudang, perselisihan jumlah stok antara fisik dan sistem pada saat stock opname, serta kurangnya kepatuhan terhadap frekuensi stock opname yang seharusnya dilakukan setiap bulan. Evaluasi prosedur penerimaan dan pengeluaran barang menjadi langkah penting untuk mengatasi perselisihan jumlah stok dan meningkatkan akurasi pengelolaan persediaan.Item Manual Book Proses Klaim Upah Lembur Karyawan Pada Website PISI Submission(2024-04-25) Khairani, Aisyah Rahmita; Setiyanto, Adi IrawanAdanya perubahan dalam proses penginputan dan pengeklaiman jam lembur yang akan berpengaruh untuk upah karyawan dari manual berubah menjadi komputerisasi berbasis website. Panduan ini tentang proses mengeklaim upah lembur karyawan menggunakan website PISI Submission. Guna panduan diperuntukkan untuk user dan karyawan ataupun calon karyawan baru yang akan bekerja yang berhubungan dengan proses klaim upah lembur karyawan di perusahaan itu sendiri.Item Panduan Penginputan atas Bukti Transaksi pada Laporan Keuangan Menggunakan Aplikasi GF(Politeknik Negeri Batam, 2024-03-25) Enjelia, Stefany; Lawita, Nadia FathurrahmiSuatu perusahaan harus memiliki laporan keuangan yang baik dan benar untuk pengambilan keputusan usaha atau sebagai bahan evaluasi kinerja. Perusahaan dapat menggunakan aplikasi akuntansi, contohnya seperti GF Akuntansi yang dapat memudahkan perusahaan dalam membuat laporan keuangan. Hadirnya aplikasi GF Akuntansi yang bergerak dibidang software dan jasa yang dapat membantu dalam hal penjurnalan, pembukuan dan kegiatan transaksi lainnya. Aplikasi Gf Akuntansi dapat digunakan oleh divisi keuangan yang bertugas mengerjakan penginputan bukti transaksi. Penginputan bukti transaksi membutuhkan pengetahuan tentang penggunaan aplikasi GF Akuntansi agar tidak terjadi kesalahan penginputan bukti transaksi tersebut.Item Pedoman Implementasi Validasi Digital Buku Tanah dan Surat Ukur Menggunakan Aplikasi SITATA dan Web KKP di Kantor Pertanahan Kota Batam(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-12) Agustina, Ivory Raffel; Amalia, DiahPenelitian ini bertujuan untuk memberikan panduan validasi buku tanah dan surat ukur di Kantor Pertanahan Nasional Kota Batam dengan menggunakan aplikasi SITATA dan web KKP. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus melalui observasi dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses validasi buku tanah dan surat ukur di Kantor Pertanahan menggunakan dua aplikasi utama, yaitu SITATA dan web KKP. SITATA digunakan untuk memeriksa ulang dan memvalidasi data digital bidang tanah, sedangkan web KKP digunakan untuk memperbaiki kesalahan penginputan data digital bidang tanah. Panduan validasi mencakup langkah-langkah penggunaan kedua aplikasi, mulai dari pemeriksaan cetakan fisik buku tanah dan surat ukur, mengkoreksi ulang data digital, hingga memvalidasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah panduan validasi ini dapat membantu petugas pertanahan dalam melakukan validasi buku tanah dan surat ukur secara efektif dan efisien, serta meningkatkan kualitas layanan di kantor pertanahan. Kata kunci: validasi, buku tanah, surat ukur, SITATA, web KKP.Item Penyusunan Standar Operasional Prosedur Pengelolaan Piutang Usaha(Politeknik Negeri Batam, 2024-04-20) Ryanti, Athifah; Ansori, MuslimStandar Operasi Prosedur (SOP) untuk pengelolaan piutang usaha merupakan langkah-langkah yang sistematis dan terstruktur dalam mengelola piutang dari pelanggan atau klien. SOP ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, mengurangi risiko, dan memastikan bahwa piutang dapat dikelola dengan baik sesuai dengan kebijakan perusahaan. Dokumen ini mencakup prosedur mulai dari timbulnya piutang usaha hingga pelunasan piutang usaha.Item Perancangan Standar Operasional Prosedur (SOP) Penjualan Kredit dalam Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) pada PT Bandara Internasional Batam(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-04) Anisya, Zelikha Nur; Slamet, Muhammad RamadhanPenelitian ini bertujuan merancang Standar Operasional Prosedur (SOP) Penjualan Kredit dalam Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) di PT Bandara Internasional Batam, yang sebelumnya belum ada. Ketiadaan SOP ini menjadi permasalahan yang harus segera diatasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses penjualan kredit PJP2U. Metode yang digunakan adalah wawancara, yang menggambarkan proses penyusunan SOP secara mendetail, melibatkan berbagai pihak terkait seperti maskapai, staf marketing aviation, senior manager airport marketing, vice president marketing, direktur marketing, staf treasury, staf accounting, corporate specialist, dan vice president treasury & finance. Penelitian ini juga mengkaji dokumen-dokumen penting seperti data manifest, berita acara, nota dinas, dan invoice PJP2U. Proses perancangan SOP diawali dengan wawancara mendalam untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan, yang kemudian ditranskripsikan untuk mendapatkan gambaran komprehensif mengenai kebutuhan dan langkah-langkah yang harus diambil. Berdasarkan temuan wawancara, disusun draft SOP yang mencakup semua aspek penting dalam penjualan kredit PJP2U. Draft ini ditinjau oleh pihak berkompeten untuk memastikan kesesuaiannya dengan kebutuhan di lapangan. Setelah tinjauan, draft SOP direvisi sesuai masukan yang diterima. Namun, proses ini belum mencapai tahap persetujuan akhir dari pihak terkait, yang merupakan langkah krusial sebelum SOP diimplementasikan resmi. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan manajemen penjualan kredit di PT Bandara Internasional Batam.Item PERANCANGAN STANDAR OPERASIONAL PROSUDER (SOP) STOCK OPNAME DI TM PINGPONG INDONESIA(2024-06-03) Prayoga, Miko Sandi; Slamet, Muhammad RamadhanItem Proses Maintenance dalam Penggantian Spare Part Mesin di Produksi Capacitor(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-03) Rachmawati, Nanda Ayu Nur; Lestari, NanikPanasonic Industrial Devices Batam (PIDSG-BT), bagian dari Panasonic yang didirikan pada tahun 1995 sebagai SINCOM-BT, berfokus pada produksi komponen elektronik berkualitas tinggi. Dalam proses produksinya, manajemen pengelolaan spare part menjadi aspek krusial untuk menjaga operasional yang optimal serta menghindari gangguan produksi. Dalam penelitian ini, sebagai bagian dari upaya memastikan operasional yang optimal dan menghindari gangguan produksi, Penulis mengembangkan dan menyempurnakan Standard Operating Procedure (SOP) untuk menyelaraskan setiap langkah dalam proses pergantian spare part dengan aktual terkini, sedangkan OI memberikan panduan rinci tentang pencatatan inventaris spare part. Hasilnya diharapkan dapat meningkatkan efisiensi, akurasi, dan konsisten dalam mendukung operasional perusahaan yang lancar dan efektif.Item Proses Penerimaan Baranag pada Asialink Hotel Batam(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-04) Damayanti, Yolanda Ruth; Lestari, NanikAsialink Hotel Batam adalah suatu bangunan yang menyediakan akomodasi dan berbagai fasilitas untuk umum, terutama bagi mereka yang sedang dalam perjalanan. Untuk menunjang keberhasilan sebuah hotel maka departemen saling bekerja sama untuk kelancaran kebutuhan operasional dan menjaga kualitas pelayanan hotel. Departemen yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melakukan pengelolaan keuangan hotel dengan baik dan pengadaan barang pada bahan bahan makanan adalah accounting department. Accounting departemen terdiri atas beberapa bagian yang saling terkait salah satunya adalah bagian receiving atau penerimaan barang di Asialink hotel. Penerimaan barang harus memiliki sebuah prosedur agar proses nya berjalan dengan baik. Dalam hal ini Penulis membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) Penerimaan Barang yang bertujuan untuk meminimalisir kesalahan yang terjadi.Item Standar Operasional Prosedur (SOP) khusus Penyimpanan Arsip di Kantor Pertanahan Kota Batam(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-13) Prasetia, Aguilera Agnes; ANJELINAPengelolaan arsip di Kantor Pertanahan Kota Batam diatur dalam SOP khusus. Dalam hal penyimpanan arsip, arsip dikelompokkan berdasarkan jenisnya, kemudian disimpan di rak atau lemari arsip yang telah ditata dengan rapi dan teratur. Untuk pemeliharaan arsip, arsip dibersihkan secara berkala, suhu dan kelembaban ruang penyimpanan dijaga pada kondisi optimal, serta arsip dilindungi dari paparan sinar matahari, air, dan serangga. Penemuan kembali arsip dilakukan dengan menyusun arsip sesuai sistem klasifikasi, menyediakan indeks atau inventaris arsip, dan mencatat informasi peminjaman. Keamanan arsip dijaga dengan membatasi akses penyimpanan hanya untuk petugas berwenang, menyimpan arsip di ruang yang terjaga keamanannya. Penerapan SOP ini bertujuan untuk menjaga keutuhan, keamanan, dan ketersediaan arsip sebagai bukti pertanggungjawaban kegiatan di Kantor Pertanahan Kota Batam.Item Supply Chain Digitalization Strategy For Coconut Shell Charcoal To Reduce The Risk Of Loss In International Trade(Journal of Applied Business Administration, 2024-03-26) Rahardjo, Stephanie Audrey; Harahap, Nafisah Rahmadani; Olifia, Jessica; Olifia, JessicaInternational business involves trade activities conducted between countries. To ensure the production of the best products, a company must have effective supply chain management. Digitalization is being widely adopted as a solution to address the challenges in international trade, keeping pace with technological advancements. This research aims to analyze the financial risks arising from the effectiveness of supply chain management in a company that produces coconut shell charcoal, utilizing digitalization. The research methodology includes a literature review, drawing data from various expert sources and readings. The findings of this research identify the challenges faced by coconut shell charcoal companies in their international supply chains and propose digitalization strategies to minimize financial risks. The results demonstrate that leveraging digital technology can enhance operational efficiency, reduce logistical barriers, and improve responsiveness to market demands. Implementing digitalization strategies offers significant benefits by enhancing overall company performance and customer satisfaction levels.