Jurusan Teknik Informatika

Permanent URI for this communityhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1744

Browse

Search Results

Now showing 1 - 5 of 5
  • Item
    PERANCANGAN GAME “FIND THE LOST BOROBUDUR” MENGGUNAKAN APLIKASI UNITY 3D UNTUK MENGENAL SEJARAH CANDI BOROBUDUR
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-06-21) Fernando, Dwiky; Riyadi, Agung
    Indonesia memiliki banyak peninggalan bersejarah dan memiliki budaya yang beragam. Salah satu yang diakui sebagai warisan budaya dunia adalah candi Borobudur. Namun saat ini masih ada masyarakat Indonesia yang kurang tertarik untuk belajar atau sekedar mengenal tentang candi Borobudur. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan serta melestarikan sejarah candi Borobudur dengan membuat aplikasi game bertema sejarah candi Borobudur menggunakan Unity 3D. Pada proses pembuatan game, peneliti menerapkan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) versi Luther-Sutopo yang mempunyai 6 tahapan yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Peneliti menerapkan blackbox testing guna melakukan pengujian dan mengidentifikasi fungsionalitas pada game agar sesuai dengan yang diinginkan perancang. Hasil pengujian menggunakan blackbox testing adalah semua sistem berhasil dijalankan dengan baik. Dari perancangan game ini, peneliti berhasil membuat game bergenre adventure menggunakan aplikasi game engine Unity 3D yang dapat memberikan informasi seputar sejarah candi Borobudur kepada pengguna. Dengan game ini diharapkan pengguna dapat mengetahui informasi tentang sejarah candi Borobudur dengan pengalaman bermain game yang menyenangkan.
  • Item
    Analisis Efektivitas Game Virtual Reality 'Battle of Riau' Dalam Menyampaikan Pengetahuan Sejarah Kepada Pengguna
    (2024-06-21) Wayoga, Andre; riwinoto, riwinoto; riwinoto, riwinoto
    ABSTRACT - Penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi topik yang semakin menarik dalam konteks pendidikan, dengan minat penelitian dan pengembangan yang berkembang pesat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi potensi penggunaan game VR "Battle of Riau" sebagai alat pembelajaran dalam menyampaikan materi sejarah kepada pengguna. Melalui pendekatan kuantitatif dengan desain Uji-T 2 sampel (Independen), penelitian ini membandingkan efektivitas penggunaan game VR dengan metode pembelajaran konvensional dalam meningkatkan pemahaman materi sejarah. Responden dari kedua kelompok tersebut telah disamakan dalam hal kesetaraan melalui pengukuran homogenitas. Dan berdasarkan hasil dari uji t independent penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran game VR (kelompok eksperimen) memberikan indikasi dampak yang signifikan dan lebih baik dalam meningkatkan pemahaman dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional (kelompok kontrol).
  • Item
    Analisis Efektivitas Game VR Tower Defense the Rise of Majapahit Kingdom sebagai Media Edukasi Sejarah
    (2024) Nafisah, Adilah Putri; riwinoto, riwinoto
    Penelitian ini menganalisis efektivitas penggunaan game VR Tower Defense the Rise of Majapahit Kingdom sebagai media edukasi sejarah. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan observasional. Dengan hasil yang menunjukkan bahwa penggunaan game VR Tower Defense the Rise of Majapahit Kingdom efektif dalam meningkatkan pemahaman sejarah. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan game VR Tower Defense the Rise of Majapahit Kingdom merupakan solusi yang efektif dalam meningkatkan pengetahuan sejarah. Temuan ini memberikan implikasi penting dalam pengembangan teknologi VR dalam pembelajaran sejarah dan menawarkan prospek penggunaan game VR dalam konteks pendidikan yang lebih luas.
  • Item
    Pemetaan Akuifer Guna Mendeteksi Intrusi Air Laut Di Sebagian Kelurahan Tanjung Pinggir Kecamatan Sekupang Kota Batam Menggunakan Metode Schlumberger 1D
    (2024-06-25) Purba, Ricko Manupak Arrivaldo; Sari, Luthfiya Ratna
    Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi intrusi air laut dibawah permukaan tanah pada lapisan akuifer dengan memetakan potensi air tanah menggunakan metode resistivitas listrik Schlumberger 1D, serta pengukuran pH dan salinitas pada air laut dan sumur. Lapisan akuifer air tanah di Kelurahan Tanjung Pinggir diperkirakan terdiri dari sedimen yang tidak terkonsolidasi hingga terkonsolidasi, dengan nilai resistivitas listrik berkisar antara 23,08 hingga 134,60 Ohm.m dan 0,57 hingga 189,90 Ohm.m. Akuifer air tanah di Kelurahan Tanjung Pinggir dapat ditemukan pada kedalaman >3 hingga 100 meter. Lapisannya terdiri dari tanah liat, batupasir, air tanah, lanau dan lapisan lempung air, dengan produktivitas akuifer berkisar dari rendah hingga sedang.
  • Item
    Sistem Informasi Pengelolaan Kegiatan dan Layanan Gereja Katolik Paroki Santo Petrus Batam Berbasis Web
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-07-09) Siringo Ringo, Sindy Margaretta; Sibagariang, Swono
    Santo Petrus Parish Catholic Church which was established in 1990 in Lubuk Baja District, Batam City, Riau Islands, is the first parish in Batam Island. However, the system of delivering information and managing important data in this parish is still done manually by delivering it directly during worship. This causes a limited reach because the information delivered is only obtained by parishioners who are present at the time of worship. Data management of parishioners, communities, and donations is also still manual, causing limitations in collecting donations and prayer requests, as well as obstacles for people who want to register as members or join the church community. To overcome this, an information system is needed that is able to manage announcements, parishioner data, community data, donation data, and prayer requests online. This system aims to assist parishioners in accessing information online, making donations, joining the community, and submitting prayer requests, as well as assisting church administrators in managing various important aspects that require parishioner involvement. the system was built using the laravel framework using the php programming language, as well as MySQL as a database.