Artikel Ilmiah

Permanent URI for this communityhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1742

Browse

Search Results

Now showing 1 - 10 of 1562
  • Item
    The Implementation of Digital Payment and Its Impact on User Decision in Batam City
    (Politeknik Negeri Batam, 2025-08-11) Naim, Abdun; Puspitasari, Ayu
    The digital transformation within the financial system has facilitated the widespread adoption of digital payments across society. This study aims to examine the influence of motivation, perception, and consumer behavior on user decision-making in the context of digital payment usage in Batam City. This study applied a quantitative research design through a survey approach, involving 101 participants chosen via purposive sampling technique. The data were analyzed using Structural Equation Modeling with the Partial Least Squares (SEM-PLS) technique. The findings reveal that consumer motivation and behavior have a statistically significant effect on user decisions, whereas perception does not exhibit a significant impact. This study contributes empirical evidence that may enrich theoretical perspectives in the field of digital payment and offers practical implications for digital financial service providers in developing strategies that enhance user motivation, perception, and behavior in relation to decision-making.
  • Item
    Perancangan Standard Operating Procedure pada Proses Overhaul Motor Induksi 3 Fasa dengan Metode PDCA di PT. Batam Cyclect
    (Politeknik Negeri Batam, 2025-08-06) Putri, Nerry Nanda Dwi; Satoto, Sapto Wiratno
    Motor induksi tiga fasa memainkan peran penting dalam sistem kelistrikan kapal, dengan fungsi vital sebagai penggerak utama dalam sistem propulsi serta berbagai aplikasi penting lainnya, seperti penggerak pompa dan kompresor. Mengingat fungsinya yang sangat krusial, performa motor induksi ini harus dijaga dengan baik untuk menghindari downtime dan memastikan kelancaran operasional kapal. PT. Batam Cyclect, sebagai perusahaan yang bergerak di sektor kelistrikan industri perkapalan, bertanggung jawab atas proses perawatan dan perbaikan motor induksi tiga fasa, yang mencakup prosedur overhaul yang sistematis dan terstruktur. Namun, meskipun perusahaan memiliki prosedur yang ada, implementasi SOP yang diterapkan masih perlu penyempurnaan untuk meningkatkan konsistensi dan efektivitas hasil perbaikan motor. Penelitian ini bertujuan untuk merancang Standar Operating Procedure (SOP) untuk proses overhaul motor induksi tiga fasa di PT. Batam Cyclect menggunakan metode PDCA (Plan-Do-Check-Act). Metode PDCA dipilih karena mendukung perbaikan berkelanjutan dan membantu memperbaiki kualitas serta konsistensi prosedur overhaul motor. Data dikumpulkan melalui observasi lapangan, wawancara dengan engineer dan teknisi, serta dokumentasi hasil pengujian motor sebelum dan sesudah perbaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode PDCA pada tahapan SOP overhaul motor induksi dapat meningkatkan kualitas perbaikan, memperpanjang umur pakai motor, dan memastikan bahwa motor berfungsi dengan optimal sesuai spesifikasi yang diinginkan.
  • Item
    PENERAPAN ARSITEKTUR MICROSERVICES DENGAN APACHE KAFKA UNTUK MENINGKATKAN KAPABILITAS PEMROSESAN DATA REAL TIME
    (Politeknik Negeri Batam, 2025-07-10) Mustofa Husein Mustofa Husein; Kurniawan, Dwi Ely
    Penelitian ini membahas penerapan arsitektur microservices berbasis Apache Kafka untuk pemrosesan data real-time dan membandingkannya dengan arsitektur monolitik. Sistem dikembangkan menggunakan Node.js dan MongoDB, dengan Kafka sebagai message broker. Pengujian dilakukan menggunakan Apache JMeter pada endpoint /orders dengan 1000 pengguna aktif. Hasil menunjukkan bahwa sistem monolitik unggul dari sisi performa dengan response time 634,7 ms dan throughput 816,99 req/detik, sementara microservices menunjukkan keunggulan dalam kestabilan dengan error rate lebih rendah (27,2%) meskipun response time lebih tinggi (2930 ms). Microservices juga memerlukan sumber daya lebih besar (CPU 100%, memori 27,5 GB) dibandingkan monolitik (CPU 24%, memori 18,1 GB). Kesimpulannya, arsitektur microservices cocok untuk skenario pemrosesan data real-time berskala besar yang membutuhkan ketahanan dan fleksibilitas sistem.
  • Item
    Analisa Kekedapan Pengelasan pada Tangki Kapal Tugboat 23 Meter dengan Metode Air Pressure Test
    (Politeknik Negeri Batam, 2025-08-07) Lani, Rahim; Cahyagi,Danang; Fadilah, Nurul
    Galangan kapal memiliki peran krusial dalam mengembangkan transportasi laut. Salah satu aspek penting yang harus diperhatikan adalah kualitas pengelasan pada tangki kapal merupakan faktor penting yang menentukan tingkat keamanan dan keandalan kapal selama beroperasi. Penelitian ini bertujuan menganalisis kekedapan sambungan pengelasan pada tangki kapal tugboat 23 meter dengan menggunakan metode Air Pressure Test (uji tekanan udara). Uji dilakukan pada tangki air bersih dan tangki bahan bakar di kapal Tugboat Jonny 02 yang dibangun di PT Baloi Shipyard, Batam. Proses pengujian meliputi pemberian tekanan udara sebesar 0,15—0,2 bar ke dalam tangki, kemudian deteksi kebocoran dilakukan dengan larutan sabun yang dioleskan pada sambungan las. Hasil uji menunjukkan sebagian besar tangki memenuhi standar kekedapan, namun terdapat beberapa titik kebocoran yang memerlukan perbaikan pada sambungan las. Analisa penyebab kebocoran menggunakan diagram fishbone menunjukkan faktor utama adalah kurangnya pengalaman operator, ketidakpatuhan prosedur kerja, kualitas material yang tidak sesuai, mesin pengelasan yang tidak optimal, dan kondisi lingkungan kerja yang kurang mendukung. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan untuk operator, penyempurnaan SOP, serta perawatan alat untuk meminimalkan cacat las yang berpotensi menimbulkan kebocoran.
  • Item
    IMPLEMENTASI ARSITEKTUR MICROSERVICES DENGAN SPRING BOOT UNTUK MENINGKATKAN SKALABILITAS APLIKASI WEB
    (Politeknik Negeri Batam, 2025-07-22) Jihan Datuslan Ibrahim Jihan Datuslan Ibrahim; Kurniawan, Dwi Ely
    Penelitian ini berfokus pada implementasi arsitektur microservices menggunakan Spring Boot untuk meningkatkan skalabilitas sistem aplikasi web. Studi dilakukan melalui pengembangan sistem simulasi berbasis e-commerce sederhana yang terdiri dari tiga layanan terpisah: Customer Service, Product Service, dan Order Service. Setiap layanan dikembangkan secara independen dan saling terhubung melalui REST API, serta didukung oleh komponen Spring Cloud seperti API Gateway dan Service Discovery. Pengujian dilakukan menggunakan Apache JMeter dengan variasi jumlah pengguna dari 10 hingga 1500, untuk mengukur performa sistem berdasarkan response time, Throughput, dan error rate. Hasil menunjukkan bahwa sistem mampu merespons secara konsisten di bawah 1 detik, dengan peningkatan Throughput seiring beban bertambah. Meski dua layanan mencatat error rate rendah, Customer Service mengalami konflik data akibat permintaan paralel. Pengujian ini menunjukkan bahwa pendekatan microservices dengan Spring Boot mendukung skalabilitas sistem, namun tetap membutuhkan optimalisasi lebih lanjut. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengeksplorasi penerapan Docker atau Kubernetes dalam konteks pengujian skala besar.
  • Item
    Perancangan Logo Sebagai Corporate Identity Dan Grafis Standar Manual Pada Manajemen Lokasuara Batam
    (2025-07-24) Borizky Jeviardika, Muhammad; Supardianto, Supardianto
    Lokasuara Batam adalah sebuah manajemen seni yang berdiri sejak 2016 dan berfokus menyediakan ruang yang layak untuk pertunjukan seni rupa dan seni kontemporer, serta mendukung berbagai kegiatan seniman di Batam, khususnya pertunjukan musik yang menjadi favorit masyarakat. Meskipun sudah memiliki logo sebagai identitas visual, penerapannya pada media promosi belum optimal sehingga citra perusahaan kurang terangkat. Untuk itu, dilakukan perancangan ulang corporate identity yang lebih berkarakter dengan tujuan memperkuat citra manajemen Lokasuara Batam. Proses perancangan ini menggunakan lima tahapan Design Thinking, yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Hasil akhir berupa corporate identity baru beserta Graphic Standard Manual sebagai panduan penerapannya di berbagai media promosi.
  • Item
    MENGIDENTIFIKASI RATA-RATA SEBARAN CURAH HUJAN MENGGUNAKAN METODE ISOHYET (STUDI KASUS : PULAU BATAM)
    (2025-07-22) Septyana, Ruth Diva; Gustin, Oktavianto
    Pulau Batam, salah satu pulau yang memiliki wilayah terluas di Provinsi Kepulauan Riau, memiliki peran strategis dalam perekonomian nasional berkat letaknya di jalur pelayaran internasional serta karakteristik iklim tropis dengan suhu rata-rata 26,5°C–28,8°C dan kelembapan tinggi 81,3% 86,8%. Topografi yang terdiri dari wilayah pesisir dan daratan menyebabkan distribusi curah hujan di Pulau Batam menjadi tidak merata. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan distribusi spasial rata-rata curah hujan di Pulau Batam selama periode 2022–2024, penelitian ini menggunakan data sekunder curah hujan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), yang didapatkan dari 10 stasiun Automatic Weather Station (AWS) yang tersebar di wilayah Pulau Batam. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah interpolasi Inverse Distance Weighting (IDW) dan teknik pemetaan isohyet berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk menggambarkan garis-garis penghubung area dengan jumlah curah hujan seragam. Data curah hujan bulanan diolah menjadi rata-rata tahunan per stasiun, kemudian diklasifikasikan berdasarkan standar BMKG: rendah (0–1500mm), menengah (1500–3000mm), tinggi (3000–4500mm), dan sangat tinggi (>4500mm). Hasil analisis memperlihatkan sebaran curah hujan yang sangat bervariasi. Area dengan intensitas tertinggi ditemukan di sekitar Stasiun Sei Harapan, Hang Nadim, dan Sei Ladi, sedangkan area Piayu dan Maritim mencatatkan curah hujan terendah
  • Item
    Analisis Penerapan K3 dalam Meningkatkan Keselamatan Pekerja pada Project Repair dengan Metode Failure Mode and Effects Analysis (FMEA) Di PT X
    (2025-07-25) Iflayli Syur, Rona Dinda; Pamungkas, Nurman; Gustria Ningsih, Tiwi
    Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan aspek krusial dalam industri galangan kapal, terutama pada aktivitas perbaikan kapal Project Repair yang melibatkan potensi risiko tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan K3 dalam meningkatkan keselamatan pekerja di PT X dengan menggunakan pendekatan Failure Mode and Effects Analysis (FMEA). Fokus utama diarahkan pada aktivitas Load Testing Davit Crane yang memiliki risiko operasional signifikan. Meskipun PT X telah memiliki dokumen Hazard Identification dan Risk Assessment (HIRA), hasil observasi menunjukkan masih adanya celah dalam implementasi K3 di lapangan. Metode FMEA diterapkan untuk mengidentifikasi mode kegagalan potensial, menganalisis dampak, serta mengevaluasi tingkat keparahan, kemungkinan, dan kemampuan deteksi dari setiap risiko. Berdasarkan perhitungan Risk Priority Number (RPN), ditemukan beberapa risiko prioritas, seperti pekerjaan tidak termonitor, kegagalan peralatan, serta pengaruh cuaca ekstrem. Rekomendasi pengendalian risiko meliputi peningkatan pelatihan, perbaikan sistem komunikasi, penyusunan prosedur kerja yang jelas, dan pemeliharaan alat secara berkala.Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam meningkatkan sistem manajemen K3 di lingkungan perbaikan kapal serta memberikan kontribusi nyata dalam menciptakan tempat kerja yang aman, efisien, dan produktif di industri maritim.
  • Item
    DETEKSI KEGAGALAN KOMPONEN POMPA SENTRIFUGAL MENGGUNAKAN METODE ANALISIS GETARAN
    (Politeknik Negeri Batam, 2025-07-29) Nurmansyah, Oxa; Hanifah, Widiastuti
    Kerusakan pada komponen pompa mengakibatkan gangguan operasional yang signifikan. Pengukuran getaran dilakukan pada beberapa titik pompa untuk memperoleh data kondisi mesin. Data getaran kemudian dianalisis dalam domain frekuensi untuk menghasilkan spektrum getaran yang mencerminkan kondisi aktual dari komponen-komponen pompa. Hasil analisis menunjukkan adanya frekuensi-frekuensi abnormal yang mengindikasikan permasalahan pada komponen bearing dan ketidaksesuaian pada rumah bearing (bearing housing) yang mengalami kehausan. Sebagai tindak lanjut, dilakukan pembokaran pada pompa. Ditemukan bahwa rumah bearing mengalami keausan yang menyebabkan bearing bergetar. Tindakan perbaikan yang dilakukan meliputi proses bushing pada rumah bearing untuk mengembalikan dimensi aslinya dan penggantian bearing baru agar pompa kembali bekerja optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi kegagalan komponen pompa sentrifugal menggunakan metode spektrum getaran, dengan memanfaatkan alat Vibration analyzer sebagai instrumen utama pengambilan data vibrasi. Metode spektrum getaran terbukti efektif dalam mendeteksi dan mengidentifikasi kerusakan komponen secara dini, serta menjadi dasar dalam pengambilan keputusan pemeliharaan yang tepat. Disarankan agar penelitian selanjutnya dilengkapi dengan implementasi sistem monitoring getaran secara real-time menggunakan sensor accelerometer permanen yang dipasang di housing bantalan pada arah radial dan aksial. Data RMS atau getaran velocity yang diperoleh kemudian ditrack secara terus-menerus, dan dihubungkan dengan ambang batas alarm berdasarkan zone B, C, D sebagaimana diatur dalam ISO 10816 7.
  • Item
    PENGARUH PENGENDALIAN DIRI, OPTIMISME, PEMIKIRAN DELIBERATIF TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI DENGAN MEKANISME PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI EMPIRIS PADA PEGAWAI TETAP BP BATAM)
    (2025-07-30) AURELIA ANDIMA NURFITRIANI AURELIA ANDIMA NURFITRIANI; Amalia, Diah
    Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pengendalian diri, optimisme, dan pemikiran deliberatif terhadap keputusan investasi pada pegawai tetap BP Batam, dengan perilaku pengelolaan keuangan sebagai mediator. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survei dan analisis jalur, studi ini mengumpulkan data melalui kuesioner untuk variabel independen, mediasi, dan dependen. Penelitian yang dilakukan di BP Batam, melibatkan 100 pegawai dan memanfaatkan data dari sumber primer yang dikumpulkan melalui kuesioner menggunakan Google Form. Analisis dilakukan dengan menggunakan program SmartPLS versi 3.0 yang meliputi uji validitas, reliabilitas, dan regresi, serta uji asumsi klasik. Metode kuantitatif dipilih dikarenakan terdapat hipotesis yang ingin peneliti uji. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan objek penelitian adalah pegawai tetap BP Batam tahun 2023-2024. Sampel penelitian menggunakan metode probability sampling dengan 100 sampel. Penelitian menggunakan analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pengendalian diri dan optimisme tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan dan keputusan investasi, bahkan saat dimediasi oleh perilaku keuangan. Sebaliknya, pemikiran deliberatif dan perilaku pengelolaan keuangan terbukti menjadi faktor kunci yang signifikan. Pemikiran deliberatif memiliki pengaruh langsung dan positif pada perilaku pengelolaan keuangan serta keputusan investasi. Demikian pula, perilaku pengelolaan keuangan juga memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap keputusan investasi. Lebih lanjut, pemikiran deliberatif juga memberikan pengaruh tidak langsung dan signifikan terhadap keputusan investasi melalui perilaku pengelolaan keuangan. Temuan yang kontras untuk pengendalian diri dan optimisme dibandingkan literatur lain dijelaskan melalui preferensi waktu dan bias overconfidence dalam kerangka Behavioral Life-Cycle Theory.