Jurusan Manajemen dan Bisnis
Permanent URI for this communityhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1745
Browse
455 results
Search Results
Item PENGARUH TAX BURDEN, TUNNELING INCENTIVES, FOREIGN OWNERSHIP DAN BONUS MECHANISM TERHADAP TRANSFER PRICING(Politeknik Negeri Batam, 2025-05-05) Ananda, Silvia; Sumarna, Alfonsa DianTransfer pricing merujuk pada penetapan harga barang, jasa dan aset tidak berwujud yang diperdagangkan antara entitas terkait seperti antar perusahaan afiliasi atau anak perusahaan dalam suatu perusahaan multinasional. Pada implementasinya, transfer pricing perlu dilakukan dengan mengindahkan prinsip harga wajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh tax burden, tunneling incentives, foreign ownership dan bonus mechanism terhadap keputusan penetapan transfer pricing pada perusahaan sub sektor minyak, gas & batu bara dan pendukungnya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada rentang tahun 2021 - 2023. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dipilih menggunakan metode purposive sampling dari perusahaan sub sektor minyak, gas & batu bara dan pendukungnya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada rentang tahun 2021 - 2023 sebanyak 31 perusahaan dengan jumlah data observasi sebanyak 93. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari situs web Bursa Efek Indonesia, database OSIRIS maupun situs web perusahaan itu sendiri. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel, yang mencakup uji T dan uji F, dan diolah menggunakan program Eviews v12. Hasil pengujian menunjukkan varibel tax burden dan tunneling incentives berpengaruh signifikan terhadap transfer pricing sedangkan variabel foreign ownership dan bonus mechanism tidak berpengaruh signifikan terhadap transfer pricing. Namun hasil uji simultan yakni tax burden, tunneling incentives, foreign ownership dan bonus mechanism secara bersama-sama berpengaruh terhadap transfer pricing.Item PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI TATA USAHA di SMA NEGERI 19 BATAM(2025-01-21) Fajrina, Nadhilah Nur; Syafrina, MiaPenelitian ini bermaksud untuk mengetahui peningkatan kualitas pelayanan administrasi di SMA Negeri 19 Batam. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dan memperoleh sumber data primer dengan menggunakan strategi purposive sampling. Strategi pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara terhadap anak-anak yang pernah mendapat layanan administrasi. Sampel penelitian adalah mahasiswa yang mendapat pelayanan dari tenaga administrasi berupa surat dan jasa dalam melakukan pembayaran SPP. Pendekatan analisis data meliputi pengumpulan data, penyederhanaan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pendekatan pengumpulan data menggunakan angket tertutup dengan jumlah siswa sebanyak 4 orang sebagai responden. Temuan penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa elemen yang berkontribusi terhadap kualitas pelayanan administrasi staf administrasi di SMA Negeri 19 Batam. Pertimbangan tersebut antara lain sebagai berikut: keramahan, kecepatan, keandalan, dan bukti nyata.Item MINAT BERKARIR MAHASISWI DI BIDANG ENGINEERING(2025-02-07) Junitri, Fira; Wahyu Hati, ShintaPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi, pengetahuan, dan persepsi terhadap minat berkarir dibidang engineering dengan fokus terhadap mahasiswi Politeknik Negeri Batam jurusan Teknik Elektro dan Teknik Mesin. Studi ini menerapkan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Penelitian ini berfokus pada variabel motivasi, pengetahuan, persepsi dan minat berkarir mahasiswi di bidang Engineering. Populasi penelitian terdiri dari mahasiswi program teknik di politeknik negeri batam, dengan metode Quota Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 207 mahasiswi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa motivasi, pengetahuan, dan persepsi masing-masing memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap minat berkarir mahasiswi jurusan teknik elektro dan teknik mesin di Politeknik Negeri Batam. Secara keseluruhan, hasil yang serupa juga diperoleh ketika ketiga variabel tersebut dianalisis secara simultan, yang menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkarir mahasiswi di kedua jurusan tersebut.Item The Effect Of User Satisfaction Of The Custom Excise Information System & Automation (CEISA) System On User Trust At KPPBC Marunda North Jakarta(2025-02-07) MAHARANI MAHARANI; Zuliarni, SriCEISA can facilitate services and supervision by Customs officers in terms of customs and excise, but there are still DGCE offices that develop applications independently, which means they are not integrated with CEISA. The aim of this study is to apply the EUCS technique at KPPBC TMP A Marunda, North Jakarta, to analyse the degree of user trust in the CEISA system. This study uses the End User Satisfaction (EUCS) technique to gauge user trust in the CEISA system. By distributing surveys, this research employs quantitative approaches to 100 respondents, namely KPPBC TMP A Marunda North Jakarta office employees who use the CEISA system. The SPSS software was used to analyse the data using multiple linear regression. The findings demonstrated that Content, Format, Ease of use and Timeliness in the CEISA system have a significant influence on user trust. While Accuracy in the CEISA system does not have a significant influence on user trust.Item ADAPTATION AND CULTURE SHOCK TO SOCIAL LIFE IN PARTICIPANTS OF THE INDEPENDENT STUDENT EXCHANGE PROGRAM (PMM) AT POLITEKNIK NEGERI BATAM(Politeknik Negeri Batam, 2025-01-20) Zalzabillah, Jasmine Alviana; Mochtoha, HimawanThis study investigates the influence of adaptation and culture shock on the social life of participants in the Independent Student Exchange Program at Politeknik Negeri Batam. Using a quantitative approach, data were collected from 100 respondents, selected via purposive sampling from a population of 123 students. Questionnaires served as the primary data collection tool, and the analysis employed descriptive statistics and multiple linear regression. Results show that adaptation significantly enhances students' ability to build social interactions, while effective management of culture shock mitigates adjustment challenges. Institutional support, such as cultural orientation programs, plays a critical role in facilitating students’ social integration and improving their overall exchange experience. This research highlights the need for structured support systems to maximize the benefits of student exchange program.Item Pengaruh Budaya Organisasi dan Kompetensi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Harapan Jaya Sentosa(2025-01-23) Br Sianturi, Clara Rita Monica; Mochtoha, HimawanTujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh budaya organisasi dan kompetensi kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Harapan Jaya Sentosa. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada 90 responden yang dipilih secara acak dari populasi karyawan. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan uji t dan uji F untuk menguji pengaruh masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil analisis menunjukkan bahwa budaya organisasi dan kompetensi kerja secara simultan memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai F-hitung sebesar 14,753 > F-tabel 3,10. Secara parsial, budaya organisasi memiliki t-hitung 5,304 > t-tabel 1.987 dan signifikansi 0,000 < 0,05, kompetensi kerja memiliki t-hitung sebesar 3,959 > 1.987 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kinerja karyawan PT Harapan Jaya Sentosa berpengaruh secara positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan oleh budaya organisasi dan kompetensi kerja, dengan kontribusi sebesar 23,6% selebihnya 76,4% berhubungan dengan variabel lain yang tidak termasuk kedalam penelitian ini.Item Implementasi Technology Acceptance Model (TAM) Dalam Menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Sebagai Teknologi Pembayaran Pada UMKM Kota Batam(STI, 2025-12-23) DION ZUENDA DION ZUENDA; Septiana, MaryaniPenelitian aini abertujuan auntuk amenganalisis apengaruh apersepsi akemudahan persepsi amanfaat, dan asikap aterhadap apenggunaan, terhadap apenerimaan QRIS sebagai aalat apembayaran adigital apada aUMKM akuliner adi aKota aBatam dengan metode TAM. aPopulasi apenelitian aini aadalah apelaku aUMKM akuliner adi aBatam ayang amenggunakan aQRIS. aSampel apenelitian aberjumlah a100 aresponden, ayang aditentukan amelalui ateknik apurposive a sampling aberdasarkanakriteria atertentu, ayaituapelakuaUMKMakuliner ayangatelahamenggunakanaQRIS aminimal asatuabulan. aMetode penelitian yang digunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan analisis menggunakan SEM-PLS (Structural Equation Modeling-Partial Least Squares). Validitas data diuji dengan validitas konvergen, validitas diskriminan, serta reliabilitas komposit untuk memastikan konsistensi instrumen. Pengujian model dilakukan dengan R-Square, F-Square, dan analisis t-statistik, untuk mengidentifikasi pengaruh signifikan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kemudahan dan persepsi manfaat berpengaruh signifikan terhadap penerimaan QRIS, dengan persepsi manfaat memiliki pengaruh yang paling dominan. Sikap terhadap penggunaan juga memiliki pengaruh positif, namun tidak sekuat pengaruh persepsi manfaat. Temuan ini mengindikasikan bahwa manfaat yang dirasakan oleh pelaku UMKM kuliner menjadi faktor utama dalam mendorong penerimaan teknologi QRIS sebagai alat pembayaran digital. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami faktor yang memengaruhi adopsi teknologi pembayaran digital, khususnya pada sektor UMKM kuliner di Kota Batam.Item ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE SHOPEE(AULIA FARDHANY, 2025-02-14) AULIA FARDANI AULIA FARDANI; Sari, Desi RatnaTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara empiris bagaimana pengaruh kepercayaan konsumen dan kualitas informasi baik parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian produk atau jasa di marketplace Shopee Teknik pengumpulan data menggunakan instrument kuisioner dengan jumlah sampel 96 orang masyarakat kota Palopo, Sulawesi Selatan sedangkan analisis dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan terdapat pengaruh yang signifikan Kepercayaan Konsumen (X1) dan pengaruh Kualitas Informasi (X2) terhadap Keputusan Pembelian (X3).Item Analisis Penerapan Model UTAUT2 (Unified Theory of Acceptance and use of Technology2) Terhadap Perilaku Pengguna Mobile Banking(2025-02) WIDYA WAHYUNI WIDYA WAHYUNI; Wulandari, FebrinaPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model UTAUT2 terhadap perilaku pengguna mobile banking. Data yang digunakan adalah data nominal dan ordinal, dan sumber data adalah data primer dari mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Sampel penelitian sebanyak 131 mahasiswa dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner menggunakan Google Form. Pengolahan data dilakukan dengan program SPSS, termasuk uji validitas, reliabilitas, dan analisis regresi. Penelitian ini juga melibatkan uji asumsi klasik, termasuk uji normalitas. Hasil penelitian menemukan bahwa harapan kinerja, harapan usaha, pengaruh sosial, kondisi yang memfasilitas, motivasi hedonis, nilai harga, dan kebiasaan memiliki pengaruh positif terhadap pengguna mobile banking.Item The Effect of Total Quality Management (TQM) on Company Performance (Case Study of Wholesale and Retail Business at UD NKC Rupat Karyasindo)(2025-02) FATIHAH AULIANI FATIHAH AULIANI; Tarigan, YulindaThis study aims to determine the influence of Total Quality Management practices on the Performance of Wholesale and Retail Business Companies at UD NKC Rupat Karyasindo, in this study there are five independent variables, namely, Focus on Customers, Teamwork, Training, Leadership, and Communication. The population in this study is employees of UD NKC Rupat Karyasindo with a sample of 43 respondents in this study obtained using the slovin formula. This study uses SEM (Structural Equation Modeling) and Path Coefficient analysis using the Partial Least Square (PLS) method. The results of this study found that four of the five independent variables, namely Focus on customers, Training, Leadership, and Communication, had a positive and significant influence on company performance. Meanwhile, the Teamwork variable does not have a positive and significant effect on the company's performance. The findings of this study are when the practice of Total Quality Management is applied as improving the quality of distributing goods that can improve company performance.