D4 Animasi

Browse

Recent Submissions

Now showing 1 - 3 of 3
  • Item
    Pengaruh Animasi 2D Dalam Meningkatkan Pemahaman Budaya Nusantara di Bali Pada Peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-06-25) Rohadi, Alifia Diwi Maulidya; Prasetyaningsih, Sandi
    Saat ini, pulau Bali menjadi destinasi wisata utama bagi wisatawan dalam negeri maupun mancanegara, serta menarik minat mahasiswa untuk mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) untuk mempelajari budayanya. Program PMM merupakan suatu program yang dibangun untuk memberikan kesempatan dan pengalaman bagi mahasiswa di berbagai Perguruan Tinggi (PT) terkemuka di seluruh Indonesia untuk Belajar selama satu semester. Untuk meningkatkan pemahaman tentang kebudayaan nusantara di Bali terhadap para peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka diperlukan animasi 2D yang menarik dan mudah di pahami. Melalui penelitian ini, diharapkan dapat memperoleh pemahaman lebih dalam seberapa efektivitas pembuatan animasi 2D dalam meningkatkan pemahaman kebudayaan nusantara di Bali pada peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka di Bali. Metode kuantitatif dipilih dalam penelitian ini dengan desain quasi-eksperiment menggunakan dua kelas yaitu, kelas kontrol dan kelas eksperimen. Untuk model pengujian, menggunakan uji T-test dengan hasil two-sided p = 0.156 < 0.05, selain itu, didapatkan hasil Asymp. Sig. (2-tailed) = 0.002 < 0,05 pada Test Mann-whitney. Kesimpulan yang didapat dari hasil 2 metode uji adalah kels eksperimen yang pemahamannya menggunakan video animasi 2D lebih besar dibandingkan kelas kontrol yang pemahamannya tanpa melihat video animasi 2D.
  • Item
    Perancangan dan Analisis Naskah Komik One Shot Bertema Pelecehan Seksual: "Aku Harus Apa" Menggunakan Theory The Three Act Structure
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-05-20) Hardiyanti, Astri; Dwi Harlyan, Gendhy
    Penelitian ini menganalisis penerapan Three act structure pada naskah komik "Aku Harus Apa" dengan metode kuantitatif deskriptif. Hasil menunjukkan komik ini secara umum sudah menerapkan struktur 3 babak meski perlu penyempurnaan. Tanggapan positif dari responden dengan rata-rata skor 3,88 untuk naskah dan 3,95 untuk Three act structure. Namun, terdapat aspek yang dinilai masih perlu diperkuat, terutama pengenalan tokoh dan permasalahan pada babak pembukaan cerita. Masukan ahli dan tanggapan responden sejalan dalam perlunya penguatan babak pengenalan untuk mencapai kualitas cerita terbaik. Kesimpulannya, komik ini telah menerapkan Three act structure namun beberapa aspek masih harus diperkuat.
  • Item
    Analisis 3D Lighting Workflow: Animasi 3D "Laut Kite"
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-06-04) Alfayyadh, Muhammad Asaduddin; Zega, Selly Artaty
    Dalam proses produksi animasi 3D, waktu menjadi salah satu faktor tantangan yang perlu dihadapi. Salah satu tahapan produksi yang membutuhkan banyak waktu adalah tahapan lighting. Maka dari itu, dibutuhkan sebuah lighting workflow yang terdefinisi dengan baik untuk menyederhanakan produksi dan memastikan konsistensi di seluruh proyek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa lighting workflow yang telah dirancang untuk proyek animasi 3D “Laut Kite”. Untuk memahami kelayakan lighting workflow yang telah dirancang, diterapkan metode penelitian kualitatif dengan wawancara terstruktur sebagai metode pengumpulan data. Penelitian ini akan membahas hasil analisis dan evaluasi lighting workflow yang digunakan pada proses produksi animasi 3D “Laut Kite”. Hasil dari penelitian ini adalah lighting workflow yang dioptimalkan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi berdasarkan standar lighting workflow pada industri.