Jurusan Manajemen dan Bisnis
Permanent URI for this community
Browse
Browsing Jurusan Manajemen dan Bisnis by Subject "SOCIAL SCIENCES::Business and economics"
Now showing 1 - 20 of 23
Results Per Page
Sort Options
- ItemAnalisis Kepuasan Pengguna Sistem Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) Pegawai Negeri Sipil (PNS) Menggunakan Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA) di Pemerintah Kota Batam(Politeknik Negeri Batam, 2024-10-03) Nanda, Lidia; Septiana, MaryaniKemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan manfaat di berbagai industri, termasuk pemerintahan. Sistem Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) Pemerintah Kota Batam yang mengelola data kepegawaian secara terintegrasi. SIMPEG memudahkan akses informasi bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) melalui sistem data berbasis informasi yang terkomputerisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan evaluasi kualitas website SIMPEG berdasarkan Webqual 4.0 sebagai kerangka acuan pengembangan kuesioner dan Importance Performance Analysis (IPA) yang menggunakan analisis GAP dan kuadran Kartesius sebagai alat analisis. Populasi penelitian ini ialah pengguna website SIMPEG Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemerintah Kota Batam. Sampel penelitian ini berjumlah 100 responden. Temuan penelitian menunjukkan bahwa hasil dari situs website SIMPEG terdapat kesenjangan antara kenyataan dan harapan pengguna, dengan nilai GAP analysis secara keseluruhan sebesar -0,72. Meskipun demikian, sejumlah indikator belum memenuhi kepentingan dan harapan pengguna. Menurut hasil Importance Performance Analysis (IPA) 3 indikator berada di kuadran pertama yaitu pernyataan P5,P6 dan P20 yang merupakan prioritas tertinggi dan membutuhkan peningkatan. Terdapat 9 indikator berada dikuadran kedua yaitu pernyataan P1, P4, P10, P11, P12,P14, P15, P18 dan P25 yang kualitasnya sudah sesuai dengan kepentingan dan harapan pengguna. Terdapat 11 indikator di kuadran ketiga yaitu pernyataan P2, P8, P9, P13, P16, P17, P19, P21, P22, P23 dan P24 sesuai berdasarkan kepentingan dan harapan pengguna. Terdapat 2 indikator berada di kuadran keempat yaitu pernyataan P7 dan P3 yang kinerjanya cenderung terlalu tinggi.
- ItemAnalisis Nilai Intrinsik Saham Dengan Pendekatan DDM Dan PER Sebagai Dasar Keputusan Investasi(Politeknik Negeri Batam, 2024-07-29) Bangun, Sania Christyn Br; Hendrawan, BambangPenelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif, bertujuan menganalisis nilai intrinsik saham serta memberikan saran keputusan investasi, dengan objek penelitian yaitu perusahaan yang masuk daftar indeks LQ45, menggunakan pendekatan DDM dan PER. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Hasil analisa, yaitu 16 perusahaan berada pada kondisi undervalued. Keputusan investasi yang dapat dipertimbangkan yakni membeli saham tersebut. Sedangkan 1 perusahaan berada pada kondisi overvalued. Sehingga keputusan investasi yang disarankan yaitu menjual saham.
- ItemAnalisis Pengendalian Kualitas Produksi B31 Series Menggunakan Pendekatan Fault Tree Analysis (FTA) dan Failure Mode Effect Analysis (FMEA)(Politeknik Negeri Batam, 2024-07-07) Sari, Dania; Devano, Alrido MarthaPT. EX Batam merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang berlokasi di Batamindo Industrial Park Muka Kuning, Batam perusahaan ini memproduksi komponen elektronik. Pelaksanaan pengendalian kualitas yang dilakukan oleh PT. EX Batam belum cukup baik dikarenakan masih banyak ditemukan produk cacat pada proses produksinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis defect produksi yang banyak ditemukan, mengetahui apa saja penyebab produk cacat pada produksi, memberikan usulan perbaikan yang tepat. Metode yang diusulkan pada penelitian ini adalah Fault Tree Analysis (FTA) and Failure Modes and Effects Analysis (FMEA) adalah dua metode pengendalian kualitas yang dapat diterapkan. Penelitian ini diawali dengan pengumpulan data defect perusahaan kemudian diolah untuk diidentifikasi penyebab defect dapat terjadi menggunakan pemetaan fault tree untuk mendeteksi mode kegagalan sehingga dapat diperoleh nilai Risk Priority Number paling tinggi untuk menentukan prioritas defect yang harus dilakukan perbaikan. Analisis penyebab defect pada penelitian ini disebabkan oleh faktor manusia, mesin dan material sehingga perlunya usulan perbaikan untuk pelatihan pada karyawan, peningkatan fasilitas mesin dan handling material. Usulan perbaikan pada penelitian ini diharapkan dapat membantu perusahaan dalam menurunkan terjadinya produk cacat yang sesuai dengan standar perusahaan tidak lebih dari 1% sehingga dengan metode ini dapat membantu penelitian dimasa yang akan datang pada industri manufaktur.
- ItemAnalisis Peralihan Pembayaran Digital: Pendekatan Push-Pull-Mooring pada Generasi Z dalam Penggunaan QRIS(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-26) Juniarti, Viera; Dalam, WWWPerkembangan teknologi telah mendorong adopsi sistem pembayaran seluler didukung oleh upaya pemerintah Indonesia melalui Gerakan Nasional Non Tunai (GNTT). QRIS sebagai standar transaksi digital diperkenalkan untuk memberikan keamanan dan kemudahan. Program GNTT dan QRIS berperan penting dalam mendorong pembayaran non-tunai, terutama di kota Batam yang telah melihat pertumbuhan pesat dalam penggunaan QRIS. Generasi Z, yang memiliki tingkat literasi digital yang tinggi dan penggunaan internet yang intensif menjadi sasaran utama dalam adopsi QRIS. Penelitian ini menggunakan kerangka push pull mooring untuk memahami niat peralihan Generasi Z di Kota Batam ke QRIS. Data dari 411 responden dianalisis menggunakan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dissatisfaction (push factor) tidak membuat pengguna untuk beralih, Perceived usefulness dan perceived ease of use sebagai faktor penarik (pull factor) memiliki dampak positif terhadap switching intention. Namun, Faktor tambatan (mooring factor) yaitu Perceived technical compatibility tidak berpengaruh positif dan perceived risk memiliki pengaruh negatif terhadap switching intention.
- ItemApakah Pemahaman Wajib Pajak dan Penggunaan E-Filing Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak? (Relawan Pajak Sebagai Variabel Moderasi)(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-27) Nuzba, Afdah Oktari; Mayasari, MegaPenelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pemahaman wajib pajak dan penggunaan e-filing terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (WPOP) dengan relawan pajak sebagai variabel moderasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui dua opsi survei, yaitu offline dan online menggunakan kuesioner tertutup. Sampel penelitian ini terdiri dari 126 Wajib Pajak Orang Pribadi (WPOP) yang dipilih menggunakan teknik pusposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman wajib pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan WPOP, penggunaan e-filing berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan WPOP, relawan pajak tidak memoderasi pengaruh antara pemahaman perpajakan dan penggunaan e-filing terhadap kepatuhan WPOP. Penelitian ini memberikan implikasi dalam bidang perpajakan, yaitu pemerintah perlu memperkuat upaya untuk mendorong penggunaan e-filing dalam pelaporan pajak sebagai salah satu cara efektif untuk meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak (WPOP).
- ItemBUKU PANDUAN KELENGKAPAN DOKUMEN PENGAWASAN PADA KOPERASI WILAYAH KOTA SURABAYA DI DINAS KOPERASI USAHA KECIL DAN MENENGAH DAN PERDAGANGAN KOTA SURABAYA.(2024-07-08) Rizqi, Anggraini Cahyaning; Aprayuda, RiyadiBuku panduan ini disusun untuk menyediakan pedoman lengkap mengenai kelengkapan dokumen yang diperlukan dalam proses pengawasan koperasi di wilayah Kota Surabaya. Pengawasan ini dilaksanakan oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan Kota Surabaya sebagai upaya untuk memastikan tata kelola koperasi yang baik dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
- ItemEVALUASI APLIKASI PENCATATAN DAN PEMBUKUAN PADA UMKM MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE(Journal of Applied Business Administration, 2024-03-28) Dewi, Citra; Anggraini, Ria; Darmawan, ArifUsability is an important factor in an application. Currently, Business Management Department of Batam State Polytechnic has developed Bizpos application as a solution to meet the technological needs of recording and bookkeeping of MSMEs through Project Based Learning (PBL) program. This research aims to evaluate the usability level of the Bizpos application using the System Usability Scale technique to assess the feasibility of using the application. The research method used is descriptive qualitative. The research data was collected through a survey to active users of the Bizpos application who came from MSMEs. Data analysis was carried out using descriptive analysis. The evaluation results show that most respondents are able to utilize the application well, as seen from the average value of each statement which is more than 3. In addition, the Bizpos application is also considered acceptable with the "acceptable" category based on the grade scale "B" and reaches an "excellent" rating with a final value of 82.3.
- ItemEVALUASI APLIKASI PENCATATAN DAN PEMBUKUAN PADA UMKM MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE(Journal of Applied Business Administration, 2024-03-28) Awaliya, Qori Afifah Nur; Anggraini, RiaThis study employs a descriptive qualitative approach to evaluate the usability of the Bizpos application, developed by the Business Management Department of Batam State Polytechnic to address the technological needs of Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs). Conducted as part of the Project Based Learning (PBL) program from November 2022 to June 2023, the research targeted active Bizpos users from micro and small businesses in Batam City. Data collection involved a survey technique utilizing the System Usability Scale (SUS) instrument, supplemented with suggestion items, with 10 selected respondents. Analysis was carried out descriptively, aided by descriptive and narrative techniques. Findings indicate proficient application utilization among respondents, with average scores exceeding 3 for each statement. The Bizpos application attained an "acceptable" rating on the "B" grade scale, with a final rating of 82.25, denoting "excellent" usability. These results underscore the Bizpos application's effectiveness in addressing MSMEs' technological requirements and highlight avenues for refinement and broader deployment.
- ItemEVALUASI KINERJA SUPPLIER BAHAN BAKU KOPI MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) PADA COFFEE SHOP BADBEAR(Politeknik Negeri Batam, 2024-07-30) Hutagalung, Nuzuly Fikri Haichal; Hendrawan , BambangPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja supplier bahan baku kopi di Coffee Shop BadBear. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Analytical Hierachy Process (AHP) dengan melibatkan expert judgement yang merupakan manager operasional, barista dan seorang karyawan bagian purchasing di Coffee Shop BadBear. Kemudian pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh expert judge yang ada di Coffee Shop BadBear. Kemudian didapatkan hasil penilaian terhadap kriteria kualitas dengan bobot prioritas 45%, kriteria Pelayanan 26%. Rasa 17% , harga 7% dan terakhir pengiriman dengan bobot prioritas 5% dari hasil penilaian. Dan urutan penilaian terhadap supplier yaitu Tatido dengan nilai 8,077, Hear dengan nilai 6,631, Sreg dengan nilai 1,791 dan terakhir Coffee Moi dengan nilai 1,501. Disimpulkan Hear dan Tatido berada di posisi teratas dalam penelitian ini, harus terus mempertahankan dan mengoptimalkan kinerja mereka pada setiap kriteria dan subkriteria, terutama dalam beberapa kriteria dan subkriteria yang kurang maksimal. Coffee Moi dan Sreg, sebagai dua pemasok dengan penilaian terendah diharapkan dapat meningkatkan kinerja mereka berdasarkan semua kriteria dan subkriteria yang dievaluasi agar dapat bersaing sebagai pemasok bahan baku kopi.
- ItemPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR, KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN AUDITING(2024-07-02) IRIANTO, DANAR; IRSUTAMI; PUTRI, FRESHTY NOZA ANGRAINI; Irianto, DanarTujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model Project Based Learning guna meningkatkan kreativitas, motivasi belajar, serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran Auditing. Subyek penelitian terdiri dari 66 mahasiswa Program Studi Akuntansi dan Akuntansi Manajerial. Metode penelitian eksperimen menggunakan desain nonequivalent control group digunakan untuk eksperimen ini. Data dikumpulkan melalui post-test, pre-test, dan kuesioner. Hasil penelitian menjelaskan: (1) Adanya perbedaan kreativitas siswa antara kelompok kontrol serta kelompok eksperimen menurut analisis Mann-Whitney U; (2) Adanya perbedaan motivasi belajar siswa antara kelompok kontrol serta kelompok eksperimen menurut analisis Mann-Whitney U; (3) Efektifitas model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan analisis Paired Sample T-Test; (4) Model pembelajaran Project Based Learning terbukti lebih efektif untuk meningkatkan kreativitas, motivasi belajar, serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran Auditing berdasarkan analisis Independent Sample T-Test.
- ItemPENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP ENTERPRISE RISK MANAGEMENT PADA PERUSAHAAN PERBANKAN(Politeknik Negeri Batam, 2024-07-05) Br Perangin Angin, Lisa Amoria; Sumarna, Alfonsa DianPerbankan merupakan lembaga keuangan yang rentan terhadap risiko atau masalah tak terduga yang dapat timbul akibat kinerja perusahaan yang buruk, faktor eksternal, atau faktor internal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran yang dimiliki oleh good corporate governance atau tata kelola perusahaan dan ukuran perusahaan perbankan terhadap kondisi atau nilai manajemen risiko perusahaan perbankan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan sampel yang terpilih sebanyak 132 sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda yang diolah menggunakan aplikasi Eviews 12. Hasil penelitian menunjukkan good corporate governance yang terdiri dari dewan direksi, komite audit, kepemilikan institusional, konsentrasi kepemilikan tidak mempengaruhi enterprise risk management, begitu juga untuk ukuran perusahaan yang dilihat dari total aset perusahaan.
- ItemPengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shop Tokopedia(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-27) Simanjuntak, Ramos Ernesto; Sabrina, NovaTujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi serta menganalisa Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shop Tokopedia dengan menggunakan analisis regresi berganda, Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kepercayaan, keamanan, dan kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan dan semua variabel independen memberikan dampak positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian untuk membeli di Tokopedia.
- ItemPengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Properti dan Real Estate(2024-07-02) Sari, Dewi Atika; Irianto, DanarPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh dari perputaran kas, perputaran piutang dan perputaran persediaan terhadap profitabilitas pada perusahaan properti dan real estate periode 2015-2019. Variabel pada penelitian ini meliputi variabel independen yaitu perputaran kas, perputaran piutang, perputaran persediaan dan variabel dependennya seperti profitabilitas (return on asset). Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif serta kajian literatur. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 39 perusahaan selama periode 5 tahun makanya dihasilkan sampel sebanyak 195.
- ItemPENGARUH PERSEPSI RISIKO DAN KEPERCAYAAN PADA ADOPSI LAYANAN FINTECH (STUDI KASUS PADA LAYANAN PEMBAYARAN DIGITAL SHOPPEPAY)(Politeknik Negeri Batam, 2024-07-01) Wangi, Harum Sekar; AnjelinaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi risiko dan faktor kepercayaan mempengaruhi niat pelanggan untuk menggunakan layanan fintech seperti shopeepay. Data dikumpulkan melalui survey online dengan mengisi kuesioner menggunakan Google Form terhadap Jurusan Manajemen Bisnis dengan 366 Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Pengolahan data dilakukan dengan aplikasi smartPLS. Hasil penelitian menemukan bahwa variabel kepercayaan berbasis institusi berpengaruh positif terhadap niat adopsi layanan fintech shopeepay, variabel kepercayaan berbasis karakteristik berpengaruh positif terhadap niat adopsi layanan fintech shopeepay, variabel kepercayaan berbasis proses berpengaruh positif terhadap niat adopsi layanan fintech shopeepay dan variabel kepercayaan berbasis (institusi, karakteristik, dan proses) memediasi persepsi risiko berpengaruh positif terhadap niat adopsi layanan fintech shopeepay, sedangkan variabel persepsi risiko tidak berpengaruh signifikan terhadap niat adopsi layanan fintech shopeepay
- ItemPengaruh Profitability, Leverage Dan Firm Size Terhadap Sustainability Report Disclosure Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI)(Politeknik Negeri Batam, 2024-07-03) Manullang, Corry; Sinarti, SinartiPenelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data empiris mengenai pengaruh profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan laporan keberlanjutan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2020 hingga 2022. Dalam penelitian ini, rasio laba kotor terhadap penjualan digunakan sebagai ukuran profitabilitas, sementara leverage dihitung menggunakan rasio utang dibagi aset. Ukuran perusahaan diukur menggunakan logaritma natural (Ln) dari total aset perusahaan. Untuk mengukur pengungkapan laporan keberlanjutan, digunakan indeks poin yang diungkapkan dibandingkan dengan poin yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling untuk pengambilan sampel, dan data yang dikumpulkan mencakup 14 perusahaan yang berbeda. Analisis data dilakukan menggunakan uji hipotesis dengan metode analisis regresi linier berganda yang diolah melalui perangkat lunak SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan memiliki pengaruh positif terhadap pengungkapan laporan keberlanjutan. Sebaliknya, profitabilitas dan leverage tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap pengungkapan laporan keberlanjutan.
- ItemPengaruh Sistem Pengendalian Internal, Whistleblowing dan Audit Internal Terhadap Fraud Prevention(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-25) Anggraini, Lusi; Dian Sumarna, AlfonsaPenelitian ini bertujuan untuk mencapai beberapa tujuan yang relevan dengan pengaruh persepsi mahasiswa kelas karyawan mengenai sistem pengendalian internal, whistleblowing, dan audit internal terhadap fraud prevention. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan penyebaran kuesioner secara online melalui google formulir untuk mengumpulkan data, yang kemudian dianalisis menggunakan Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS). Pengujian Path Coefficient dengan Bootstrapping PLS SEM Direct Effects digunakan dalam pengujian hipotesis. Hasil menunjukkan bahwa sistem pengendalian internal dan whistleblowing berpengaruh terhadap fraud prevention dan audit internal tidak berpengaruh terhadap fraud prevention. Pegawai yang bekerja di perusahaan berstatus sebagai mahasiswa kelas karyawan Politeknik Negeri Batam prodi AM (2020) dan AK (2021) merupakan sampel penelitian.
- ItemPENGARUH STRATEGI PROSPECTOR DAN DEFENDER DAN KOMPENSASI DIREKSI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DI BIDANG KESEHATAN(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-24) Hatwin, Okta Dwi Putra; Halim, Muhammad IrsyadTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kompensasi direksi, strategi prospector dan defender, dan nilai perusahaan di perusahaan kesehatan berpengaruh. Penelitian kuantitatif digunakan. Dalam penelitian ini, 30 perusahaan sektor kesehatan yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (idx) dimasukkan. Untuk memahami hubungan antara kompensasi direksi, data keuangan, dan data nilai perusahaan, penelitian ini akan menggunakannya. Program komputer yang dikenal sebagai Statistical Package for the Social Sciences, atau SPSS, akan digunakan untuk memproses data. Selanjutnya, uji hipotesis, asumsi klasik, dan statistik deskriptif akan digunakan untuk menganalisis data yang dikumpulkan. Penelitian menunjukkan bahwa kompensasi direksi tidak mempengaruhi nilai perusahaan; sebaliknya, strategi prospector dan defender mempengaruhi nilai perusahaan. kompensasi direksi dan Strategi perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
- ItemPengaruh Tingkat Suku Bunga Deposito Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Nasabah(Politeknik Negeri Batam, 2024-09-17) Samuel, Kelvin; Nova, SabrinaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat suku bunga deposito dan kualitas pelayanan terhadap kepuasaan nasabah di PT BPR Dana Nusantara Kepulauan Riau. Penelitian ini menggunakan data primer dengan pengumpulan datanya menggunakan kuesioner. Populasi yang digunakan adalah nasabah BPR Dana Nusantara yang berjumlah 80 nasabah. Hasil dari ujit t dan uji f menunjukkan bahwa tingkat suku bunga deposito dan kualitas pelayanan berpengaruh secara signifkan terhadap kepuasaan nasabah.
- ItemPENGGUNAAN E-WALLET DI E-COMMERCE(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-13) Rahman, Winda Gustianur; Darmawan, ArifRiset ini bertujuan menganalisis pengaruh e-service quality dan e-trust terhadap customer satisfaction dan loyalty dalam penggunaan e-wallet ShopeePay di e-commerce. Riset ini berfokus pada ShopeePay sebagai dompet digital yang paling banyak digunakan dan mengalami peningkatan di tahun 2022 dan 2023 sebesar 31.3% dalam melakukan pembayaran di e-commerce. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang penarikan sampelnya menggunakan cluster sampling. Penelitian ini menggunakan kuisioner yang objek penelitiannya adalah masyarakat Kota Batam yang telah menggunakan aplikasi e-commerce Shopee dengan e-wallet ShopeePay sebagai media transaksi non tunai setidaknya 2 kali dalam 6 bulan terakhir. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji regresi berganda serta uji t dengan bantuan software SPSS 25. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa e-service quality berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction dalam penggunaan e-wallet pada e-commerce, e-trust berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction dalam penggunaan e-wallet pada e-commerce, e-service quality berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty dalam penggunaan e-wallet pada e-commerce, e-trust berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty dalam penggunaan e-wallet pada e-commerce.
- ItemPeran Minat Investasi dalam Memediasi Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengetahuan Investasi Terhadap Keputusan Investasi (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Manajerial Politeknik Negeri Batam)(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-19) Nababan, Riris Safetyana; Zaenuddin, MuhammadPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah literasi keuangan dan pengetahuan investasi yang diperoleh mahasiswa melalui mata kuliah dan program mengenai investasi berpengaruh pada keputusan berinvestasi dan apakah minat investasi dapat memediasi pengaruh antara literasi keuangan dan pengetahuan investasi terhadap keputusan investasi mahasiswa Akuntansi Manajerial Politeknik Negeri Batam. Pendekatan kuantitatif digunakan pada penelitian ini dengan merumuskan pertanyaan penelitian melalui hipotesis sebagai jawaban sementara. Data primer berupa pernyataan-pernyataan diisi dengan kuesioner tertutup. Analisis data dilakukan dengan teknik Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) yang berfokus pada komponen atau varian dengan menggunakan uji measurement (outer model) dan uji structural (inner model) menggunakan aplikasi Smart PLS 4. Hasil penelitian yang diperoleh literasi keuangan dan pengetahuan investasi tidak berpengaruh terhadap keputusan investasi, minat investasi berpengaruh terhadap keputusan investasi, dan minat investasi dapat memediasi pengaruh antara literasi keuangan dan pengetahuan investasi terhadap keputusan investasi.