D4 Administrasi Bisnis Terapan I
Permanent URI for this collectionhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1755
Browse
4 results
Search Results
Item Development of a Training Information System Using MS. Access (Case Study of PT XYZ)(2024-07-25) Deviani, Pipin; Harlan, Fandy BestarioThis research aims to develop a training information system using Microsoft Access at PT XYZ to overcome the problem of managing employee training data faced by trainers. The research was conducted during the internship period from 7 August 2023 to 8 April 2024, with qualitative methods that focused on system development. The research results show that the training information system developed has succeeded in increasing the efficiency of training planning, tracking and management, as well as ensuring the availability of employee competency gaps and compliance with regulations. System feasibility testing shows that this system is suitable for use. This system allows companies to ensure each employee receives training as needed, while increasing the effectiveness of management operational training. Suggestions for further research include analyzing the effectiveness of the system in increasing employee competency and productivity as well as reviewing data security aspects to protect employee information and training.Item Implementasi Technology Acceptance Model (TAM) terhadap sistem MyHR pada PT Infineon Technologies(2024-07-29) Zakaria, Mochamat Farizal Firmasah; Handayani, Nur RahmahThe purpose of this study is to investigate the application of the Technology Acceptance Model (TAM) to the MyHR system at PT Infineon Technologies Batam. Through the analysis of Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness, and Attitude Toward Using, this study aims to understand how these factors influence the acceptance and adoption of the system by employees. The population in this study includes all individuals who use the MyHR system in submitting work certificates. The sample of this study was 100 people who were determined using the Slovin formula. Quantitative methods were used to collect data through questionnaires distributed to employees. The results showed that perceived ease and usefulness had a positive impact on the acceptance of the MyHR system, while user attitude did not significantly affect acceptance.Item DAMPAK PERCEIVED EASE OF USE,SECURITY, PERCEIVED USEFULNESS, DAN TRUST TERHADAP MINAT PENGGUNAAN E-WALLET “DANA” PADA PELANGGAN FORE COFFEE MEGA MALL BATAM(2024-10-03) Budiman Dinda Vebriana; Septiana MaryaniE-wallet memberi pengguna kemudahan dan kecepatan untuk melakukan transaksi digital yang tidak dapat dicapai dengan membayar tunai atau menggunakan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat pengguna e-walet dana. Sampel penelitian ini adalah pelanggan fore coffe mega mall Batam sebanyak 100 responden yang ditentukan menggunakan Teknik nonprobality sampling dengan pendekatan purposive sampling. Sedangkan instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner yang dilakukan uji validitas dan reliabilitas sebelum analisis data. Metode analisis regresi linier berganda digunakan untuk melakukan pengujian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perceived usefulness, security , dan trust berpengaruh signifikan dan positif terhadap intention to use – e-wallet. Sedangkan perceived ease of use tidak memiliki pengaruh signifikansi.Item Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) Pegawai Negeri Sipil (PNS) Menggunakan Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA) di Pemerintah Kota Batam(Politeknik Negeri Batam, 2024-10-03) Nanda, Lidia; Septiana, MaryaniKemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan manfaat di berbagai industri, termasuk pemerintahan. Sistem Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) Pemerintah Kota Batam yang mengelola data kepegawaian secara terintegrasi. SIMPEG memudahkan akses informasi bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) melalui sistem data berbasis informasi yang terkomputerisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan evaluasi kualitas website SIMPEG berdasarkan Webqual 4.0 sebagai kerangka acuan pengembangan kuesioner dan Importance Performance Analysis (IPA) yang menggunakan analisis GAP dan kuadran Kartesius sebagai alat analisis. Populasi penelitian ini ialah pengguna website SIMPEG Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemerintah Kota Batam. Sampel penelitian ini berjumlah 100 responden. Temuan penelitian menunjukkan bahwa hasil dari situs website SIMPEG terdapat kesenjangan antara kenyataan dan harapan pengguna, dengan nilai GAP analysis secara keseluruhan sebesar -0,72. Meskipun demikian, sejumlah indikator belum memenuhi kepentingan dan harapan pengguna. Menurut hasil Importance Performance Analysis (IPA) 3 indikator berada di kuadran pertama yaitu pernyataan P5,P6 dan P20 yang merupakan prioritas tertinggi dan membutuhkan peningkatan. Terdapat 9 indikator berada dikuadran kedua yaitu pernyataan P1, P4, P10, P11, P12,P14, P15, P18 dan P25 yang kualitasnya sudah sesuai dengan kepentingan dan harapan pengguna. Terdapat 11 indikator di kuadran ketiga yaitu pernyataan P2, P8, P9, P13, P16, P17, P19, P21, P22, P23 dan P24 sesuai berdasarkan kepentingan dan harapan pengguna. Terdapat 2 indikator berada di kuadran keempat yaitu pernyataan P7 dan P3 yang kinerjanya cenderung terlalu tinggi.