D3 Teknik Informatika
Permanent URI for this collectionhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1748
Browse
Item AbsenKita Sistem Absensi Menggunakan Wifi Berbasis Web Mobile(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-12) Tirta Chandra, Surya; Kurniawan, Dwi ElyPenilitian ini berfokus pada pengembangan system absensi “AbsenKita”, yang menggunakan jaringan Wifi sebagai koneksi utama dan arsitektur mikroservis untuk aplikasi berbasis web mobile. Tujuan utama penelitian ini adalah merancang proses manajamen absensi, termasuk rekapitulasi absensi dan pengajuan cuti. Selain itu, penelitian juga menguji keterjangkaun system memlaui jaringan WIFI dan mengevalusi kinerjanya menggunakan alat Google Lighthouse dan model pengujian Web Vitals. Metrik Utama yang dievaluasi meliputi First Contentful Paint (FCP), First Input Delay (FID), Speed Index, Total Blocking Time (TBT), Largest Contentful Paint (LCP), dan Cumulative Layout Shift (CLS). Evaluasi ini bertujuan untuk menunjukkan efisiensi dan kehandalan sistem dalam kondisi nyata, sehingga menjadi landasan untuk pengembangan teknologi serupa di masa depan.Item Aplikasi Augmented Reality pada Evaporator Air Cooled , Forced Air dalam Pengembangan Modul Training System di PT. Labtech Penta International(2024-06-24) Sayla, Mutiara;Modul Training System pada PT. Labtech Penta International selalu mengalami pengembangan dan memanfaatkan keterampilan era abad (21st century skills) untuk memberikan solusi teknikal dan engineering dalam menyelenggarakan pendidikan. Pemanfaatan teknologi Augmented Reality kini menjadi efesiensi dalam menyajikan modul secara interaktif dan memberikan pengalaman lebih baik. Dalam pengembangan aplikasi ini digunakannya metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang mana cocok diterapkan untuk pengembangan aplikasi berbasis multimedia dikarenakan metode ini terdiri dari beberapa tahapan yang saling terkait dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan proyek. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi augmented reality pada modul Evaporator Air Cooled, Forced Air dalam sistem HVAC (Heating, Ventilation, and Air Conditioning) berbasis perangkat mobile dengan fitur 3D pada komponen yang dapat di rotate dan di zoom agar memperjelas komponen tersebut. Berdasarkan hasil pengujian yang sudah dilakukan, aplikasi ini dapat berhasil berjalan sesuai dengan fungsionalitas yang diberikan.Item Aplikasi Data Entry Store Document Berbasis Website di BUP Batam(2024-06-21) Winarno, Akmal Virgiawan; SupardiantoThis research aims to develop an archive management system application at the Badan Usaha Pelabuhan Batam via a website platform. This application helps staff in inputting, compiling and managing records. By leveraging technology, this research contributes to improving staff comfort. The application offers an effective archive management system. The archive input feature ensures fast and secure archive storage, increasing work efficiency. The role of technology underlines its potential as a tool to provide comfort and efficiency in the work of Badan Usaha Pelabuhan Batam staff.Item Aplikasi Deteksi Wajah Untuk Mencatat Kehadiran Mahasiswa Magang Menggunakan Algoritma CNN (Convolutional Neural Network)(2024-06-19) Jimi Hendri, Muhamad; Sibagariang, Swono; Sibagariang, SwonoDeteksi wajah adalah teknologi pengolahan citra untuk mengidentifikasi wajah Manusia dalam sebuah gambar atau video. Tujuan utama dari penelitian ini adalah agar mendeteksi wajah manusia untuk presensi mahasiswa magang di Dinas Perhubungan. Penelitian ini menggunakan Algoritma CNN ( Convolutional Neural Network ) melalui citra yang dihasilkan oleh webcam. Aplikasi ini adalah solusi inovatif yang bertujuan untuk mengatasi tantangan dalam manajemen kehadiran di Dinas Perhubungan Kota Batam Dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi deteksi wajah, aplikasi ini memberikan kemudahan bagi Dinas Perhubungan Kota Batam dalam memantau kehadiran mahasiswa magang secara real-time. Penggunaan Algoritma CNN memungkinkan aplikasi untuk dijalankan langsung di browser tanpa memerlukan infrastruktur server yang rumit, sehingga mempercepat proses pengembangan dan implementasi. Dengan fitur-fitur seperti pencatatan kehadiran otomatis dan antarmuka pengguna yang intuitif, aplikasi ini tidak hanya meningkatkan efisiensi administratif, tetapi juga memberikan kemudahan bagi para mahasiswa magang dalam melakukan presensi kehadiran mereka. Dengan demikian, aplikasi ini menjadi solusi yang efektif dan efisien dalam manajemen kehadiran mahasiswa magang, serta memberikan landasan untuk pengembangan lebih lanjut dalam bidang teknologi pendukung pendidikan. Aplikasi perancangan interface yang digunakan adalah VSCODE dan Xampp Mysql sebagai DBMS. Penulis berharap dengan adanya aplikasi ini dapat membantu Dinas Perhubungan untuk melakukan presensi kepada Mahasiswa yang melaksanakan Magang di Dinas Perhubungan.Item APLIKASI EDUKASI DAN PELAPORAN KASUS BULLYING DI SMAN 8 BATAM BERBASIS WEBSITE(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-25) Aryansyah, Muhammad Akbar; SupardiantoThis research aims to develop an educational application and bullying reporting system at SMAN 8 Batam through a website platform. This app educates students about bullying, its consequences, and prevention, with additional articles to increase understanding and provide a safe platform to report bullying incidents. Reporting features ensure quick and confidential resolution of incidents, encouraging accountability and intervention. Empowering students with the knowledge and tools to overcome bullying will foster a culture of respect and inclusivity. the development of this system meets the expectations of its proponents. Comprehensive features and enhancements in various processes significantly aid in the education and reporting of bullying. Additionally, the admin interface for checking report data and user data is very helpful in data verification.Item APLIKASI GATE PORTABLE PADA TERMINAL PETI KEMAS PELABUHAN BATU AMPAR PT PERSERO BATAM BERBASIS MOBILE(Politeknik Negeri Batam, 2024-05-13) Wahyuni, Anggun Dini; Nasrullah, Muchammad Fajri AmirulThe development of a mobile-based Portable Gate application to facilitate the Staff in process of receiving and delivery at the Batu Ampar Port Container Terminal PT Persero Batam. This application is designed to assist and simplify the process of verifying and recording container data automatically at the work site at gate in and gate out activities during receiving and delivery which is built using the Dart programming language and Flutter framework, and integrates the REST API from the BCTOS system. With the mobile-based application, field officers can verify container data by scanning the QR code through a camera and recording activity data directly at the work site using a mobile device. The system development method used is a prototyping method that involves users and system owners in the application development and evaluation process. The test results show that all application features can run as their functions.Item Aplikasi Gudang Tempat Penimbunan Sementara Berbasis Website(Politeknik Negeri Batam, 2024-07-08) Andriansyah, Agung; Kurniawan, Dwi ElyPenilitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi gudang tempat penimbunan sementara berbasis website. Gudang tempat penimbunan sementara adalah tempat persinggahan sementara untuk barang yang berfungsi sebagai layanan kegiatan jasa impor & ekspor atau penerimaan barang dan pengeluaran barang ke tujuan. Salah satu yang menunjang kegiatan pergudangan untuk memaksimalkan proses kinerja gudang yaitu dengan menggunakan sistem aplikasi gudang berbasis website. Untuk itu dibutuhkan suatu aplikasi berbasis website yang bisa melakukan pengelolaan penerimaan barang dengan dipindai & ditimbang barang secara langsung dan pengeluaraan barang setelah pembuatan surat jalan agar mempermudah gudang tempat penimbunan sementara melakukan penerimaan dan pengeluaran barang. Pada penelitian ini dibuatlah sebuah Aplikasi Gudang Tempat Penimbunan Sementara Berbasis Website, yang dapat diakses melalui browser pada komputer. Website ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework CodeIgniter dan metode waterfall. Hasil dari pengujian menunjukkan fungsionalitas website berjalan dengan baik dan dapat membantu operasional kerja gudang tempat penimbunan sementara.Item APLIKASI INVENTORY SUKU CADANG PT TELEMECANIQUE MENGGUNAKAN FREMEWORK LARAVEL(2024) Hapsari, Elsa; ;PT Telemecanique a subsidiary of PT Schneider Manufacturing Batam, still uses manual spreadsheets for stock management, causing inefficiency and data errors. This research develops a web-based inventory application with Laravel to simplify inventory management, including item data management, receipt processing, request handling, and reporting. Alpha testing showed the application functioned well, while beta testing involving 25 respondents from PT Telemecanique employees showed positive feedback. Descriptive analysis revealed user satisfaction in ease of use 87.6%, security 76.4%, functionality 82.4%, and real-time monitoring 82.4%, overall respondents' views of the inventory application get a good level of satisfaction with an average of 82.2%.Item APLIKASI LAPORAN DRIVER MOBIL DAN MOTOR DI PERUSAHAAN PALM SPRINGS GOLF AND COUNTRY CLUB BERBASIS WEB MENGGUNAKAN CODEIGNITER(POLITEKNIK NEGERI BATAM, 2024-12-16) Indra, Muhammad; Arif, HamdaniThe Palm Springs Golf dan Country Club Batam faces significant challenges in managing vehicle and driver reports. The current system relies heavily on Microsoft Excel, which involves manual processes and hampers efficiency. Managing vehicle loans is particularly impractical due to the manual nature of the process, which is time-consuming and prone to delays. Additionally, data updates in Excel cannot be performed simultaneously by multiple users, slowing down the process of loan approvals as information is often unavailable or not updated in real- time. To address these issues, a web-based reporting application was developed using the PHP programming language with the CodeIgniter framework. This solution aims to enhance control and monitoring of vehicles, offering web-based reporting features accessible via computer or smartphone, thereby improving operational efficiency. The application accommodates three user roles: admin, section head, and driver. Admins manage driver registrations, vehicle records, reports, and dashboard monitoring. Drivers use the application to submit daily activity reports, manage vehicle usage, and request loans. The section head oversees loan approvals by verifying the completeness and accuracy of submissions before granting or rejecting requests. Developed using the waterfall method, the application integrates an application server that ensures secure data storage and facilitates information exchange between users and the database. This web-based system is expected to resolve monitoring challenges, expedite loan approvals, and improve management control, significantly enhancing the company’s operational effectiveness.Item APLIKASI LAYANAN DAN INFORMASI JASA SEWA KENDARAAN BERBASIS WEBSITE(2024-07-13) Rindy Pratama,Mohammad Widya; Resda, Dodi PrimaKota Batam, sebagai pusat industri dan pariwisata yang berkembang pesat di Indonesia, mengalami peningkatan permintaan akan layanan transportasi yang efisien dan andal. Pertumbuhan ekonomi yang cepat telah menciptakan tantangan signifikan bagi perusahaan rental kendaraan dan pelanggannya, seperti keterbatasan akses informasi, kompleksitas proses penyewaan, ketidakpastian ketersediaan armada, dan kurangnya transparansi harga dan kondisi kendaraan. Dalam upaya mengatasi tantangan-tantangan tersebut, pengembangan aplikasi jasa sewa kendaraan berbasis website menjadi solusi yang krusial. Aplikasi ini dirancang untuk menyediakan platform yang terintegrasi, user-friendly, dan informatif, sehingga meningkatkan visibilitas perusahaan rental, mengoptimalkan pengelolaan armada, dan meningkatkan efisiensi operasional secara keseluruhan. Setelah melalui tahapan penelitian, perancangan, implementasi, dan pengujian, penulis berhasil membangun aplikasi layanan dan informasi jasa sewa kendaraan berbasis website. Aplikasi ini memungkinkan masyarakat untuk mengakses informasi dan memesan kendaraan dengan mudah dari mana saja, sementara pemilik kendaraan bisa membagikan jasa yang optimal untuk pemakainya, aplikasi ini diharapkan menjadi solusi komprehensif yang meningkatkan konektivitas dan mobilitas di kota Batam.Item APLIKASI LELANG BARANG BERBASIS WEBSITE DI PT SCHNEIDER ELECTRIC MANUFACTURING BATAM(Politeknik Negeri Batam, 2024-05-13) Putri, Friska Mei Lisa; Rokhayati, YeniPT Schneider Electric Manufacturing Batam memiliki asset yang sudah tidak terpakai. Maka dari itu, department Human Resource (HR) dan Indirect Procurement menginginkan asset yang sudah tidak terpakai tersebut dapat dimanfaatkan oleh karyawan, Perusahaan ingin memperjual – belikan asset tersebut dengan cara mengadakan lelang. Department Human Resource (HR) dan Indirect Procurement ingin membuat lelang secara online, oleh karena itu membutuhkan sebuah aplikasi berbasis website yang nantinya akan berfungsi untuk melelang asset. Dalam pengembangannya digunakan metode Waterfall yang merupakan salah satu pendekatan atau model pengembangan perangkat lunak yang mengikuti alur yang terstruktur dan berurutan. Adapun teknologi yang digunakan antara lain Sql Server sebagai database, C# sebagai Bahasa pemrograman, Bootstrap sebagai framework yang digunakan untuk bagian Front- End, ASP. Net Core MVC sebagai framework untuk bagian Back -End. Sistem ini dapat menghasilkan aplikasi berbasis website yang dapat memfasilitasi untuk melakukan lelang barang kapan saja, melihat pergerakan lelang barang melalui website.Item Aplikasi Manajemen Keuangan Berbasis Web di Salon Mudi Suwarno(2024-06-25) Pribadi, Devi Puspita; Yeni RokhayatiSalon Mudi Suwarno merupakan usaha kecil menengah (UMKM) yang memberikan jasa di bidang kecantikan dan perawatan rambut serta wajah. Usaha ini didirikan pada tahun 2007 dan kini memiliki beberapa cabang. Dengan pertumbuhan ini, jumlah karyawan juga semakin bertambah dan pengelolaan keuangan bisnis juga semakin kompleks. Saat ini pengelolaan keuangan antar cabang masih dilakukan secara manual menggunakan buku, hal ini menimbulkan permasalahan terkait pencatatan transaksi maupun pembukuan seperti jumlah uang yang telah didapat tidak sesuai dengan data penjualan yang telah tercatat di buku dan perhitungan komisi per karyawan yang masih manual. Setiap harinya karyawan akan melakukan pelaporan transaksi melalui foto yang dikirimkan kepada pemilik melalui aplikasi whatsapp dan dari laporan tersebut pemilik akan menghitung jumlah komisi yang di dapat karyawan perbulannya. Dalam pembuatan aplikasi digunakan metode waterfall sebagai model pembuatan aplikasi secara terstruktur dan berurutan. Perancangan aplikasi manajemen keuangan ini dapat membantu karyawan dan pemilik dalam melakukan transaksi pembayaran dan manajemen pengelolaan komisi lebih akurat dan efisien.Item APLIKASI MANPOWER PLANNING & OVERTIME DATA ENTRY PT SUMITOMO WIRING SYSTEMS BATAM INDONESIA(2024-05-29) Hizam, Tirta Abdul; Purnamasari, Dwi AmaliaDalam lingkungan bisnis yang kompetitif, manajemen sumber daya manusia menjadi sangat penting bagi keberhasilan suatu organisasi. Salah satu aspek yang memerlukan perhatian khusus adalah perencanaan tenaga kerja dan manajemen lembur. Dalam proyek ini, penulis mengembangkan aplikasi desktop yang bertujuan untuk memfasilitasi perencanaan tenaga kerja dan pengelolaan data lembur. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur, antara lain kemampuan untuk mendapatkan ringkasan jumlah pekerja per kelompok, mencatat jumlah pekerja setiap bagian, dan mencatat jam lembur setiap bagian. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur penghitungan kebutuhan tenaga kerja ideal. Pendekatan pengembangan yang diadopsi adalah metode prototipe, yang dipilih untuk memastikan kemampuan beradaptasi dan tanggap aplikasi terhadap kebutuhan pengguna yang terus berkembang. Metode ini melibatkan pembuatan versi aplikasi yang berulang, memungkinkan adanya umpan balik dan penyempurnaan yang berkelanjutan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat membantu perusahaan merencanakan tenaga kerjanya dengan lebih efektif, mengurangi biaya lembur yang tidak perlu, dan meningkatkan produktivitas pengelola data tenaga kerja. Kesimpulannya, aplikasi Manpower Planning dan Overtime Data Entry mempunyai potensi besar dalam meningkatkan efisiensi dan kinerja organisasi dalam pengelolaan sumber daya manusia. Kata Kunci: Sumber Daya Manusia, Perencanaan Tenaga Kerja, Aplikasi DesktopItem APLIKASI MANPOWER PLANNING & OVERTIME DATA ENTRY PT SUMITOMO WIRING SYSTEMS BATAM INDONESIA(2024) Hizam, Abdul Tirta; Purnamasari, Dwi AmaliaIn a competitive business environment, human resource management becomes crucial to the success of an organization. One aspect that requires special attention is manpower planning and overtime management. In this project, writer’s developed a desktop application that aims to facilitate manpower planning and overtime data management.This application provides various features, including the ability to get a summary of the number of workers per group, record the number of workers for each section, and record overtime hours for each section. Apart from that, this application is also equipped with a feature for calculating ideal manpower requirements. The development approach adopted is the prototype method, chosen to ensure the application's adaptability and responsiveness to evolving user requirements. This method involves creating iterative versions of the application, allowing for continuous feedback and refinement. Test results show that this application can help companies plan their manpower more effectively, reduce unnecessary overtime costs, and increasing the productivity of manpower data managers. In conclusion, the Manpower Planning and Overtime Data Entry application has great potential to increase organizational efficiency and performance in managing human resources.Item Aplikasi Mobile Pembelajaran Astronomi Tentang Planet – Planet Tata Surya Di Sekolah Dasar(2024-06-06) Rusadi, Rizky Putra; Nasrullah, Muchamad Fajri AmirulThe astronomy learning mobile application is a learning medium about the planets in the solar system and is designed for elementary school students, especially at SDN 002 Sekupang. This application was created to overcome the problem of the lack of learning media used, therefore this research produces an interactive and interesting astronomy learning mobile application. Through the waterfall research method, this application was successfully built by involving users such as teachers and students, and has features that allow teachers to create quizzes and manage material, while students can access the material, take quizzes. With this application, teachers will get new learning medium that is interesting for students. The results of testing this application using the blackbox method also show that this application functions and can be used well by users, both teachers and students.Item Aplikasi Patrol System Berbasis Web Dengan Akses QR Code Menggunakan Android Pada PT Schneider Electric(2024-06-26) Utami, Indah Fauziyyah; Resda, Dodi PrimaPT Schneider Electric Manufacturing Batam adalah salah satu perusahaan yang sudah menerapkan industri 4.0, dengan begitu semua yang dilakukan secara manual akan diusahakan berubah menggunakan proses digitalisasi. Tetapi hingga saat ini masih banyak pencatatan data yang dilakukan secara manual. Contohnya pada satuan pengamanan (security) yang harus melaporkan hasil patroli mereka ke atasan melalui aplikasi Whatsapp. Maka dari itu, diusulkan pembangunan Aplikasi Patrol System Berbasis Web Dengan Akses QR Code Menggunakan Android Pada PT Schneider Electric Manufacturing Batam yang bertujuan untuk memudahkan para security yang akan melaporkan hasil patroli pada satu tempat secara langsung. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode Prototype. Tahapan pengembangan sistem meliputi pengumpulan kebutuhan, membangun prototyping, mengevaluasi prototyping, mengkodekan sistem, menguji sistem, mengevaluasi sistem, dan penggunaan sistem. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu monitoring keamanan PT Schneider Electric Manufacturing Batam sehingga menghasilkan pengelolaan data yang lebih efektif dan dapat merekap semua hasil laporan patroli secara real time.Item APLIKASI PEMESANAN CETAK DIGITAL BERBASIS TEKNOLOGI MEAN STACK PADA PT MITRA INTEGRITAS INDONESIA(2024-05-03) Setiawan, Muhammad Faishal Nur; Sibagariang, SwonoPenerapan percetakan pada saat ini di masyarakat saat ini masih dilakukan secara manual. Pelanggan harus datang langsung ke sebuah toko percetakan. Namun, bagi sebagian pelanggan tidak memiliki waktu atau sedang tidak dapat ke toko percetakan. Bagi pelaku bisnis percetakan, laporan penjualan secara manual dan hanya menggunakan alat tulis, nota kertas untuk transaksi, sehingga menimbulkan permasalahan seperti kesalahan pencatatan dan kesulitan dalam melakukan perhitungan keuangan. Penelitian ini mengulas implementasi aplikasi pemesanan cetak digital berbasis teknologi Mean Stack yang dikembangkan oleh PT Mitra Integritas Indonesia. Aplikasi ini didesain untuk memfasilitasi klien internal perusahaan dalam melakukan pemesanan layanan cetak secara digital. Dengan fitur-fitur seperti verifikasi pesanan, manajemen pembayaran, dan penyimpanan file daring, aplikasi ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kemudahan proses pemesanan. Melalui penerapan teknologi Mean Stack, pengembangan aplikasi web menjadi lebih terjangkau dan interaksi antara klien dan perusahaan menjadi lebih lancar. Secara keseluruhan aplikasi ini dapat mengatasi kendala-kendala dalam proses pemesanan cetak tradisional dan memberikan dukungan dalam pengelolaan pesanan yang lebih sistematis.Item Aplikasi Pemesanan dan Pengelolaan Gelanggang Olahraga Berbasis Web (Studi Kasus: GOR ABC Batam)(Politeknik Negeri Batam, 2024-07-09) Hang, Bryant Axell; Santiputri, MettaOlahraga adalah kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh setiap orang untuk memelihara dan meningkatkan imun tubuh. Pemesanan lapangan gelanggang olahraga (GOR) ABC yang dilakukan secara manual dapat memungkinkan terjadinya kesalahan input, manipulasi data, serta perlu melakukan konfirmasi ulang kepada admin ketika akan memesan lapangan atau datang langsung ke tempat untuk mencari informasi lapangan yang tersedia. Oleh karena itu, diperlukan suatu sistem Aplikasi Pemesanan dan Pengelolaan Gelanggang Olahraga berbasis Web yang akan membantu admin dalam meningkatkan efisiensi administrasi untuk mengelola laporan data terhadap pemesanan lapangan dengan tersistematis dan memudahkan pelanggan untuk memesan aplikasi secara online. Metode penelitian yang digunakan dalam membangun Aplikasi adalah metode waterfall dikarenakan implementasi dari metode ini cukup sederhana dan mudah dipahami banyak orang. Hasil pengujian dari aplikasi ini menggunakan metode black box dengan teknik equivalence partitions. Dari hasil pengujian juga menunjukkan bahwa fungsionalitas yang terdapat pada sistem dapat berjalan sesuai dengan rancangan yang telah dibuat sebelumnya.Item Aplikasi Pemesanan Pemotretan Wedding dan Pre-wedding Berbasis Web Pada RX Image(2024-12-24) Rihan, Muhammad; Santiputri, MettaSeiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi, sistem berbasis web kini menjadi solusi yang efektif dalam mendukung operasional bisnis di berbagai bidang, termasuk dalam industri jasa fotografi. RX Image, sebuah usaha di bidang jasa fotografi yang berfokus pada layanan foto wedding dan pre-wedding, menghadapi tantangan dalam hal komunikasi dengan klien, manajemen jadwal, serta pencatatan pemesanan dan pembayaran yang masih dilakukan secara manual. Masalah ini menghambat kelancaran operasional dan menurunkan efisiensi dalam memberikan layanan kepada klien. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun Sistem Informasi Pemesanan Jasa Fotografi Berbasis Web yang dapat memberikan kemudahan dalam pengelolaan informasi, pemesanan, pembayaran, dan jadwal sesi foto. Sistem ini dikembangkan menggunakan framework CodeIgniter 4 dan menggunakan metode pengembangan perangkat lunak Waterfall, yang terdiri dari tahapan analisis kebutuhan, desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. diharapkan sistem informasi ini dapat meningkatkan efisiensi dalam proses pemesanan, mempercepat pengelolaan jadwal, mengurangi potensi kesalahan dalam pengelolaan data, dan mempermudah transaksi pembayaran secara online, serta memberikan pengalaman yang lebih baik bagi klien dan fotografer. Sistem informasi ini telah dilakukan pengujian menggunakan metode black box. Tahap pengujian dilakukan melalui semua fitur dan beberapa browser pendukung untuk kelancaran sistem informasi ini dengan 3 aktor yang berbeda.Item Aplikasi Peminjaman Aset Berbasis Web di Yayasan Ulil Albab Batam(Politeknik Negeri Batam, 2024-11-15) Zain, Farhan Abdurrahman; Thohari, Ahmad HamimAsset lending is an important aspect of asset management, through this process, the organization can maximize the use of resources and increase flexibility in meeting its operational needs. Currently, the internal asset lending process at Yayasan Ulil Albab Batam still relies on personal direct permission without implementing systematic asset management. It causes difficulties in identifying the responsible of the landed assets, which can potentially cause financial losses for Yayasan Ulil Albab Batam, especially in handling the loss or damage of lent assets. To solve the existing issues, a web-based asset lending application has been developed to assist Yayasan Ulil Albab Batam in the internal asset lending process and also monitor the condition of lent assets. Implementating this application is expected to make asset management more systematic, facilitate the identification of responsibilities, and minimize losses due to the loss or damage of landed assets.